Sukses

Top 3: Poin Penting Revisi Aturan Kebijakan Barang Impor Bikin Penasaran

Headline yang mengupas mengenai poin penting mengenai perubahan aturan barang impor ini menjadi berita yang paling banyak dibaca.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan akhirnya melakukan perubahan terhadap Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tersebut. Aturan baru yang diubah menjadi Permendag Nomor 7 tahun 2024.

Revisi tersebut mengubah tiga poin utama pada peraturan sebelumnya yakni barang kiriman pekerja migran Indonesia (PMI), aturan larangan dan pembatasan (lartas) impor barang serta barang bawaan penumpang dari luar negeri.

Headline yang mengupas mengenai poin penting mengenai perubahan aturan barang impor ini menjadi berita yang paling banyak dibaca.

Berikut daftar berita yang banyak di baca di kanal Bisnis Liputan6.com, Rabu (8/5/2024):

1. HEADLINE: Mendag Revisi Aturan Kebijakan Impor Termasuk Barang Kiriman PMI, Poin Pentingnya?

Aturan mengenai barang impor dalam sebulan terakhir menjadi perhatian publik, bahkan hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini berawal dari protes dari Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani.

Sebulan lalu, Benny menemukan banyaknya barang impor hasil pembelian pekerja migran Indonesia tertahan di gudang di Semarang. Ternyata, hal ini sebagai dampak dari Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Ramai hal ini, Kementerian Perdagangan akhirnya melakukan perubahan terhadap Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tersebut. Aturan baru yang diubah menjadi Permendag Nomor 7 tahun 2024.

Selengkapnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pabrik Bata Tutup hingga PHK 233 Pekerja, Jokowi Bongkar Biang Keroknya

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai tutupnya pabrik sepatu Bata di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, karena pertimbangan perusahaan yang harus melakukan efisiensi atau kalah bersaing dengan produk baru.

"Kalau masalah ada pabrik yang tutup, sebuah usaha itu naik turun karena kondisi, karena mungkin efisiensi, karena kalah bersaing dengan barang-barang baru. Banyak hal," kata Jokowi saat ditemui usai meresmikan IDTH di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, dikutip[ dari Antara, Selasa (7/5/2024).

Di sisi lain, Presiden menekankan bahwa tutupnya pabrik perusahaan dalam negeri bernama PT Sepatu Bata Tbk itu tidak menggambarkan kondisi perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Selengkapnya

3 dari 3 halaman

3. Kemenkes Buka 23.200 Formasi CPNS 2024 dan PPPK, Cek Jadwal Daftarnya

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka pendaftaran rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada Juli 2024 mendatang. Pada rekrutmen CPNS 2024 maupun PPPK tahap awal ini tersedia sebanyak 1,28 juta formasi.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyatakan, telah menyetujui 100 persen usulan kebutuhan formasi ASN Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2024, yakni sebesar 23.200 formasi.

"Formasi tersebut terdiri atas 8.607 calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 14.593 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)," ujar Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/5).

Selengkapnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.