Sukses

Buruan Daftar, Gelombang 67 Program Kartu Prakerja Ditutup Hari Ini 6 Mei 2024

Bagi calon peserta yang belum mendaftar pada Kartu Prakerja gelombang 67 bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya yakni gelombang 68.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja Gelombang 67 akan segera ditutup malam ini 6 Mei 2024 pukul 23.59 WIB. Hal ini disampaikan manajemen Kartu Prakerja melalui akun resmi media sosial instagram miliknya.

"HARI INI, hanya tinggal beberapa jam lagi kesempatan kamu buat klik "Gabung Gelombang" untuk ikut seleksi di Gelombang 67 Prakerja. Segara klik tombolnya di dashboard akun Prakerja kamu!," tulis @prakerja.go.id, Senin (6/5/2024).

Sementara, bagi calon peserta yang belum memiliki akun Prakerja, bisa segera membuat akunnya melalui www.prakerja.go.id. "Buat yang belum punya akun, segera buat di www.prakerja.go.id ya! Ajak teman dan keluargamu untuk ikut juga dan #JadiBisa bareng Prakerja!," tulis @prakerja.go.id.

Kendati sudah ditutup, bagi calon peserta yang belum mendaftar pada Kartu Prakerja gelombang 67 bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya yakni gelombang 68. Apabila kamu belum memiliki akun Kartu Prakerja, calon peserta dapat mendaftar dan membuat akun dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Langkah pertama, buka situs https://dashboard. prakerja.go. id/daftar.

2. Kemudian, masukkan alamat email dan password dan klik Daftar.

3. Setelah itu, buka email notifikasi yang dikirim dan lanjutkan ke tahap verifikasi.

4. Setelah daftar akun dan login berhasil dilakukan, peserta akan diarahkan ke laman verifikasi KTP.

5. Isi kolom NIK, nomor Kartu Keluarga, dan tanggal lahir kemudian klik Lanjut.

6. Lengkapi data diri, pastikan data Anda masukkan sudah sesuai.

7. Selain itu, pastikan nama lengkap dan nama ibu kandung yang dimasukkan sudah sesuai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah Lainnya

8. Kemudian, peserta akan masuk ke tahap verifikasi dengan memasukkan foto e-KTP yang dapat diakses melalui browser HP.

9. Pastikan peserta memperhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar.

10. Jika foto KTP sudah sesuai, klik Kirim Foto e-KTP.

11. Tunggu hingga sistem selesai memverifikasi foto e-KTP yang diunggah.

12. Selanjutnya verifikasi foto wajah.

13. Seperti verifikasi e-KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi berjalan lancar.

14. Ambil swafoto (selfie) dengan kamera HP kamu.

15. Sesuaikan swafoto (selfie) yang Anda ambil dengan memperhatikan ketentuan.

16. Kemudian akan muncul tampilan foto yang sudah disesuaikan lalu klik Gunakan Foto.Jika swafoto (selfie) sudah sesuai, klik Kirim Foto untuk langkah berikutnya.

 

3 dari 4 halaman

ASN Kini Bisa Ikut Pelatihan Program Kartu Prakerja, Simak Caranya

Sebelumnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) kini bisa mengikuti pelatihan dalam program Kartu Prakerja. Hal itu diumumkan langsung melalui laman instagram resmi @prakerja.go.id, Jumat (3/5/2024).

Berdasarkan peraturan, ASN memang tidak bisa menjadi peserta Prakerja. Namun, sejak tahun 2023 lalu, Prakerja menghadirkan festival pelatihan dua bulanan Indonesia Skills Week yang bisa diikuti oleh umum, termasuk ASN.

"Dengan skema #IndonesiaSkillsWeek, Prakerja kini bisa diakses oleh umum termasuk ASN setiap 2 bulan sekali dengan waktu yang terbatas untuk mendukung semangat #lifelonglearning kamu! Tersedia ribuan voucher pelatihan GRATIS dan berbiaya rendah untuk 12 kategori pelatihan," tulis @prakerja.go.id.

Adapun perbedaan Indonesia Skills Week dengan program reguler Prakerja. Untuk program reguler Prakerja terdapat batas usia peserta yakni 18-64 tahun, terbuka untu mereka yang tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Kemudian, bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPR, ASN, TNI, Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi atau Komisaris atau Dewan Pengawas pada BUMN atay BUMN.

Lalu pada program reguler Prakerja ini terbatas maksimal dua NIK dalam satu Kartu Keluarga yang menjadi peserta, dan calon peserta harus mengikuti gelombang seleksi.

 

4 dari 4 halaman

Indonesia Skills Week

Sementara, untuk Indonesia Skills Week yang dapat diikuti oleh ASN, terdapat batas usia peserta 18-64 tahun. Namun, bedanya program ini terbuka untuk semua orang termasuk yang sedang menempuh pendidikan formal, terbuka untuk umum termasuk ASN, tidak ada batas peserta dalam satu Kartu Keluarga (KK), dan calon peserta tinggal membeli pelatihan tanpa seleksi melalui skillsweek.prakerja.go.id.

Tetapi bagi yang ingin mengikuti Indonesia Skills Week, peserta tetap memiliki akun Prakerja. Setelah mendaftar dan memiliki akun, maka peserta bisa membeli ratusan pelatihan secara gratis dengan batas penyelesaian pada 7 Juni 2024. Kemudian diskon 50 persen ke atas untuk batas penyelesaian 7 Agustus 2024, dan berbiaya Rp 20.000 untuk batas penyelesaian 7 Agustus 2024.

"Kapan lagi dapat kesempatan belajar berbiaya rendah dengan pelatihan berkualitas yang terkurasi dan bersertifikat? Segera manfaatkan kesempatan terbatas ini dengan buat akun dan beli pelatihan di skillsweek.prakerja.go.id sekarang juga untuk #JadiBisa lebih baik bersama Prakerja!," tutup @prakerja.go.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.