Sukses

Pertamina EP Papua Tajak Sumur Eksplorasi Buah Merah di Sorong

Sumur migas BMR-001 memulai operasi pengeboran pada minggu ke-4 bulan April 2024 dengan target kedalaman dangkal.

Liputan6.com, Jakarta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas) dan Zona 14 Papua Field (PEP Papua) bagian dari Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina melakukan eksplorasi cadangan minyak dan gas bumi (migas) di Kabupaten Sorong.

Pengeboran sumur eksplorasi Buah Merah (BMR)-001 berlokasi di Distrik Klasafet, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, sekitar 42 km dari Aimas. Upaya ini merupakan bagian dari drilling campaign di wilayah timur Indonesia untuk mendukung target produksi nasional.

Sumur BMR-001 memulai operasi pengeboran pada minggu ke-4 bulan April 2024 dengan target kedalaman dangkal. Sumur ini dibor menggunakan land rig. Pengeboran ini dilakukan untuk membuktikan keberadaan cadangan migas.

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua dan Maluku Subagyo dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada para pemangku kepentingan di daerah Pj. Gubernur Papua Barat Daya dan Pj. Bupati Sorong, serta masyarakat pemilik hak ulayat yang selalu mendukung aktivitas hulu migas.

“Sejak 15 September 2021, telah dilakukan proses pengadaan tanah dan upacara adat sumur ekplorasi BMR-001 bersama pemilik hak ulayat marga Idik. Tentu tidak terlepas dari dukungan dan sinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi PBD dan Kabupaten Sorong bersama Forkompinda, yang pada hari ini kita dapat melakukan syukuran pengeboran sumur BMR-001,” jelas dia.

Dia mengatakan, SKK Migas terus mendorong program pengeboran sumur eksplorasi di kawasan timur Indonesia, karena potensi cadangan migas besar saat ini berada di kawasan tersebut.

"Pengeboran sumur BMR-001 di Kepala Burung dalam rangka mengoptimalkan potensi migas di Papua Barat Daya dalam menemukan sumber cadangan migas untuk menambah produksi dan mendukung pemenuhan kebutuhan nasional,” kata Subagyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesiapan Hulu Migas

Subagyo menambahkan kesiapan industri hulu migas untuk mendukung peningkatan cadangan migas nasional melalui pengeboran sumur eksplorasi yang lebih masif dan agresif di tahun ini. Target pengeboran sumur eksplorasi di wilayah Pamalu tahun 2024 sebanyak 8 sumur.

Selanjutnya Subagyo juga mengingatkan agar dalam menjalankan persiapan dan menerapkan strategi pelaksanaan kegiatan pengeboran sumur senantiasa mengedepankan aspek kesehatan, keselamatan kerja, dan lingkungan (K3L), agar operasional berjalan dengan lancar dan pengeboran sumur BMR-001 dapat membuahkan hasil yang baik.

“Dengan demikian dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan migas secara nasional serta mendukung pencapaian target produksi minyak 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD) di tahun 2030,” kata Subagyo.

Vice President Exploration Regional Indonesia Timur Dedi Yusmen mengatakan pengeboran eksplorasi ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan cadangan dan upaya memenuhi kebutuhan migas yang semakin tinggi, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri di Papua Barat Daya, serta mendukung pencapaian target produksi migas nasional.

“Pertamina Regional Indonesia Timur akan terus menjalankan operasi migas yang selamat dan unggul sehingga dapat memberikan kontribusi secara signifikan dan berkelanjutan,” ujar Dedi.

3 dari 3 halaman

Tantangan Tidak Mudah

Dedi berharap upaya pengeboran sumur eksplorasi BMR-1 yang merupakan bagian dari program kerja Pertamina untuk mencapai target perusahaan khususnya Pertamina Sub Holding Upstream Regional Indonesia Timur untuk terus berupaya menemukan cadangan-cadangan migas baru.

Dia mengapresiasi dukungan yang diberikan para pemangku kepentingan. “Dengan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, baik forkompimda maupun hak ulayat, aktivitas operasi perusahaan dalam mencari dan memproduksi migas berjalan lancar dan selamat, serta kebutuhan energi di Indonesia dapat terpenuhi,” ujar Dedi.

General Manager Zona 14 Zulfikar Akbar mengatakan meskipun operasi hulu migas Pertamina di wilayah ujung timur ini menghadapi tantangan yang tidak mudah dimana lokasinya jauh dari infrastruktur, pendekatan dengan pemangku kepentingan dan keekonomian operasi, Pertamina tetap memberikan upaya terbaik untuk mendukung pencapaian produksi migas nasional.

“Kami juga berharap keberadaan kami menimbulkan multiplier effect yang dapat meningkatkan perekonomian lokal," tutur Zulfikar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.