Sukses

Capital A Umumkan Kontrak Baru Tony Fernandes sebagai CEO

Kontrak baru ini memungkinkan Tony untuk melanjutkan peran pentingnya di Capital A, dengan fokus untuk mendorong pertumbuhan di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Capital A Berhad, Grup layanan penerbangan Capital A Berhad, mengumumkan penandatanganan kontrak baru Chief Executive Officer, Tony Fernandes

Kontrak baru ini memungkinkan Tony Fernandes untuk melanjutkan peran pentingnya di Capital A, dengan fokus untuk mendorong pertumbuhan di masa depan dan keuntungan finansial Grup.

Dengan kontrak baru untuk lima tahun ke depan, Dewan Direksi Capital A menyetujui paket insentif untuk Tony fernandes, yang dirancang untuk menyelaraskan kepentingan CEO dengan kepentingan pemegang saham, dan memastikan komitmen bersama untuk mendorong kesuksesan jangka panjang dan keberlanjutan Capital A.

Peran Tony sendiri mencakup arahan strategis untuk Capital A dalam meraih peningkatan nilai bagi pemegang saham melalui pelaksanaan transaksi yang menguntungkan di seluruh entitas Capital A.

Detail paket insentif akan disampaikan langsung kepada pemegang saham untuk persetujuan pada rapat umum luar biasa mendatang, demikian keterangan resmi perusahaan di Kuala Lumpur, Malaysia, dikutip Senin (29/4/2024).

Independent Non-Executive Director of Capital A Berhad, Dato Fam Lee Ee menuturkan, Tony  Fernandes berkali-kali telah menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam mendorong pertumbuhan dan memberikan keuntungan finansial bagi Capital A, sehingga membuatnya mendapatkan reputasi sebagai salah satu CEO terkemuka di dunia.

"Tony telah mengarahkan Capital A pada jalur strategis yang tepat untuk terus meningkatkan nilai yang berkelanjutan. Dewan Direksi memutuskan bahwa demi kepentingan terbaik para pemegang saham, perpanjangan masa jabatannya hingga lima tahun ke depan merupakan hal yang terbaik. Kami yakin, di bawah bimbingannya, kami akan mencapai pencapaian yang lebih besar di tahun-tahun mendatang," kata Independent Non-Executive Director of Capital A Berhad, Dato Fam Lee Ee.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat Tony Fernandes di Dewan Capital A: Perjalanan Menuju Transformasi

"Saya sangat bersemangat untuk memulai perjalanan menuju transformasi menyeluruh Capital A, dengan komitmen untuk memberikan nilai yang luar biasa kepada para pemegang saham setelah selesainya fase pemulihan bisnis penerbangan kami, uja  CEO of Capital A Tony Fernandes.

Ia menambahkan, selama dua tahun mendatang, investor dan pemegang saham akan menyaksikan bangkitnya empat pilar bisnis yang kuat, yang berasal dari Grup AirAsia.

"Saya sangat antusias dengan potensi masing-masing bisnis ini untuk berkembang menjadi entitas yang mandiri, didukung oleh struktur modal yang kokoh, termasuk Teleport, MOVE Digital, Capital A Aviation Services Group (CAPAS), dan Capital A International," tutur dia.

Ia menuturkan, pihaknya berkomitmen untuk menjadikan perseroan menjadi entitas publik yang terdaftar secara independen, sambil tetap mempertahankan esensi fundamental AirAsia, yang dikenal dengan biaya bertarif rendah, efisiensi tinggi,dan semangat yang tak kenal lelah untuk menciptakan gejolak di pasar.

Sosok Tony Fernandes secara luas dikenal  sebagai salah satu pemimpin industri yang paling transformatif, memperluas cakrawala Capital A dan Grup AirAsia dengan visi kepemimpinannya yang luar biasa.

Capaian itu diraihnya dengan mengadopsi disrupsi, inovasi, dan akuisisi strategis, Tony telah membimbing perusahaan ke arah ranah kesuksesan baru.

Dimulai dari membuka akses perjalanan udara di Asia, hingga menjadikan perusahaan sebagai salah satu grup penerbangan dan layanan perjalanan terdepan secara global. Pengusaha berusia59 tahun ini telah memainkan peran kunci dalam membentuk perusahaan dan industri di kawasan ASEAN.

3 dari 4 halaman

Sekilas Tentang Capital A

Sebagai informasi, Capital A (sebelumnya dikenal sebagai AirAsia Group) merupakan perusahaan induk investasi dengan portofolio bisnis penerbangan dan perjalanan sinergis yang memanfaatkan data dan teknologi, termasuk maskapai penerbangan bertarif rendah terkemuka di dunia AirAsia, Capital A Aviation Services Group, MOVE Digital (termasuk fintech BigPay) serta perusahaan logistik Teleport.

Visi Capital A adalah menciptakan dan memberikan produk dan layanan yang berfokus pada penawaran nilai terbaik dengan biaya terendah, didukung oleh akumulasi data kuat selama 20 tahun beroperasi dan salah satu merek terkemuka di Asia yang tetap berkomitmen untuk melayani masyarakat yang kurang terlayani di ASEAN dan sekitarnya.

4 dari 4 halaman

Tony Fernandes Tunjuk Nadia Omer Jadi CEO Airasia MOVE

Sebelumnya, Airasia MOVE yang sebelumnya bernama airasia Superapp mengumumkan Chief Executive Officer (CEO) baru. Nadia Omer ditunjuk menjadi menjadi CEO efektif per 26 Oktober 2023 menggantikan Mohamad Hafidz Mohd Fadzil yang sebelumnya menjabat sebagai Acting CEO airasia MOVE sejak April.

CEO Capital A dan Executive Chairman MOVE Digital, Tony Fernandes menuturkan, Capital A sangat bersemangat untuk masa depan airasia MOVE. Menyambut Nadia ke dalam momen transisi yang signifikan bagi organisasi.

"Saya telah banyak berdiskusi dengan Nadia sejak publikasi awal penunjukannya pada bulan September lalu. Saya yakin bahwa ia akan mulai bergerak cepat begitu resmi bertugas," kata Tony Fernandes. 

"Seperti diumumkan pada bulan lalu, kami tengah memasuki era baru inovasi perjalanan. Saya percaya bahwa latar belakang Nadia yang beragam menjadi nilai lebih dirinya untuk memimpin airasia MOVE kedepannya. Menuju platform perjalanan satu atap terdepan di Asia Tenggara.” tambah dia. 

Tony Fernandes melanjutkan, Nadia Omer akan berkolaborasi erat dengan BigPay, yang dipimpin oleh Zubin Rada Krishnan untuk menghadirkan akses layanan perjalanan dan finansial yang praktis juga terintegrasi di dalam satu platform.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Mohamad Hafidz atas kontribusinya sebagai Acting CEO airasia MOVE selama enam bulan terakhir. Ia akan berpindah peran ke posisi lain di dalam Grup Capital A.” pungkas Tony. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini