Sukses

Arus Balik, Pemudik Cuma Boleh Mampir Rest Area 30 Menit

Jasa Marga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya menjamin kenyamanan pengguna jalan selama arus balik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meminta pemudik memperhatikan batas waktu penggunaan rest area di jalan tol Trans Jawa. Mengingat ada upaya mengurai kepadatan baik di jalanan maupun di kantung-kantung tempat istirahat.

Pemudik yang berkendara di arus balik Lebaran 2024 menuju Jakarta diminta untuk beristirahat maksimal 30 menit di rest area. Tujuannya, agar masih ada waktu untuk bergantian dengan pengendara lainnya yang juga ingin beristirahat di tempat yang sama.

“Saat ini, rest area yang terpantau padat pada arus balik adalah Rest Area KM 62B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta karena melayani pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang sekaligus. Selain itu, Rest Area KM 97B Jalan Tol Cipularang arah Jakarta juga terpantau padat,” ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Related Business (JMRB), Denny Abdurachman dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Untuk dapat mengoptimalkan kapasitas parkir dan flow kendaraan, pihaknya mengerahkan petugas dan mengatur perambuan keluar masuk rest area. PT JMRB juga telah menambah sejumlah fasilitas, di antaranya menambah hingga 599 bilik toilet fungsional di Rest Area Jasa Marga Group sehingga dapat lebih digunakan optimal oleh masyarakat.

“Jasa Marga juga mengubah fungsi toilet permanen pria menjadi toilet wanita dan pengunjung pria dapat menggunakan toilet fungsional. Hal ini karena wanita cenderung menghabiskan waktu yang lebih lama di toilet,” ujar Denny.

Denny menegaskan pembatasan waktu 30 menit dilakukan agar bisa bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Ia meminta pengguna jalan untuk membawa perbekalan maupun dapat melakukan take away makanan di rest area.

Jasa Marga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya menjamin kenyamanan pengguna jalan selama arus balik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Rest Area Jasa Marga

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dari arah Bandung untuk dapat mengoptimalkan penggunaan rest area Jasa Marga Group diantaranya :

  1. Ruas Tol Padaleunyi : KM 149B dan KM 125B
  2. Ruas Tol Cipularang : KM 97B, KM 88B dan KM 72B

Sedangkan pengguna jalan di Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Jakarta dapat menggunakan rest area KM 62B, KM 42B, KM 19B dan KM 6B.

Sementara itu untuk Rest Area KM 52B diberlakukan penutupan secara situasional sejak tanggal 12 April pukul 15.00 WIB sampai 16 April pukul 08.00 WIB.

"Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengikuti arahan dan petugas di lapangan apabila diberlakukan buka tutup rest area, Jika Rest Area terpantau padat, maka kami imbau untuk tidak memaksakan masuk dan dapat melanjutkan perjalanan untuk menggunakan rest area berikutnya," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini