Sukses

Naik 30%, Kereta Cepat Whoosh Angkut 26 Ribu Penumpang di Lebaran 2024

Peningkatan jumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung sangat terlihat sejak Rabu (10/4/2024) setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) melaporkan peningkatan jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh rute Jakarta-Bandung pada hari Lebaran 2024.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa menyampaikan, Kereta Cepat Whoosh memberangkatkan 26.000 penumpang di hari Lebaran. "Jumlah ini naik sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan masa normal sebelum angkutan lebaran," jelasnya, Jumat (12/4/2024).

Eva mengatakan, peningkatan jumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung sangat terlihat sejak Rabu (10/4/2024) setelah pelaksanaan sholat Idul Fitri.

"Setelah melakukan shalat Id, terlihat banyak penumpang yang langsung menggunakan Whoosh untuk bersilaturahmi keluarga ataupun wisata dan berlibur ke Kota Bandung dan sebaliknya," ungkapnya.

Sementara pada Kamis (11/4/2024), terpantau Stasiun Halim jadi tempat keberangkatan favorit dan terus dipadati penumpang mulai pukul 07.55 WIB, 08.20 WIB hingga 12.00 WIB

"Okupansi pada jam favorit tersebut mencapai 80-95 persen. Penjualan tanggal 12 April juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada jam-jam favorit sudah menunjukkan angka 85 persen," terangnya.

Lebih lanjut, Eva menambahkan, KCIC sudah mengantisipasi peningkatan ini dengan menambah 12 perjalanan per hari hingga 18 April 2024. Sehingga total Kereta Cepat Whoosh mengoperasikan 52 perjalanan per hari.

"Jarak antar jadwal atau headway Whoosh di jam sibuk mencapai 25-30 menit. Sehingga membuat penumpang mendapatkan fleksibilitas yang tinggi," pungkas Eva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdana Layani Mudik Lebaran 2024, KCIC Tambah 12 Perjalanan Kereta Cepat

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) resmi menambah jumlah perjalanan selama periode angkutan mudik Lebaran 2024. Ada tambahan sebanyak 12 perjalanan yang dilayani dalam satu hari.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, dengan penambahan itu berarti ada total 52 perjalanan per hari. Tambahan perjalanan ini berlaku mulai 3 April 2024.

"Penambahan perjalanan kita lakukan mulai dari tanggal 3 April sampai dengan tanggal 18 April, di mana per harinya untuk Kereta Cepat Whoosh akan menjadi 52 (perjalanan) kereta,” ujar Eva kepada wartawan di Jakarta, dikutip Kamis (4/4/2024).

Dia juga menyebut, kali ini merupakan kesempatan perdana Kereta Cepat Whoosh beroperasi dalam periode mudik lebaran. Lantaran, kereta cepat Jakarta-Bandung ini mulai beroperasi sejak Oktober 2023.

Eva menyebut, dalam menghadapi peningkatan pengguna, penambahan perjalanan dapat dimungkinkan kembali dilakukan. Dia menegaskan 11 rangkaian kereta cepat dalam status siap operasi untuk adanya tambahan jika ada lonjakan permintaan.

"Sewaktu-waktu dibutuhkan untuk penambahan karena kita melihat demand ini tinggi, tiket sudah hampir habis terjual, ini kita bisa melakukan penambahan jumlah perjalanan,” ungkapnya.

Dia turut prediksi ada kenaikan jumlah penumpang sebesar 30 persen saat mudik Lebaran. Angka ini merujuk pada kenaikan penumpang pada periode libur panjang saat Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 lalu.

“Mungkin bisa mencapai 30 persen untuk di momen angkutan Lebaran ini,” katanya.

3 dari 3 halaman

Bisa Angkut 31 Ribu Penumpang

Eva mengatakan Kereta Cepat Whoosh bisa mengangkut hingga 31 ribu penumpang dalam satu hari dengan adanya tambahan perjalanan tadi.

Pada sisi headway atau waktu tunggu antarkereta pun menjadi semakin sempit. Eva menyebut, headway antarkereta bisa menjadi 15 menit.

"Jadi kalau untuk totalnya itu ada sekitar 31.000 seat per harinya dengan 52 perjalanan. Kemudian interval kedatangan kereta itu bisa sampai 15 menit dengan 52 perjalanan per hari," urai Eva. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.