Sukses

Pasokan Biomassa untuk PLTU Paiton Cukup, Listrik Selama Libur Idul Fitri 2024 Aman

Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menjamin pasokan biomassa untuk PLTU aman, selama momen siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. Sehingga keberlangsungan pasokan listrik dari pembangkit yang sudah melakukan subtitusi batu bara atau cofiring terjamin.

Liputan6.com, Jakarta Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menjamin pasokan biomassa untuk PLTU aman, selama momen siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H. Sehingga keberlangsungan pasokan listrik dari pembangkit yang sudah melakukan subtitusi batu bara atau cofiring terjamin.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan salah satu tulang punggung kelistrikan Jawa Bali, PLTU Paiton telah menerapkan co-firing batubara dengan biomassa sebesar 5 persen. Sehingga, selain memasok kebutuhan batubara, PLN EPI juga memasok kebutuhan biomassa sehingga pasokan listrik dari Paiton dijamin optimalisasinya.

"Subholding PLN EPI memiliki peran yang vital untuk menjaga pasokan listrik selama momen Idul Fitri 1445 H tahun ini. Apalagi, pergerakan orang pada momen mudik tahun ini cukup signifikan sehingga pasokan listrik ke daerah seperti Jawa Tengah, Jawa Timur sebagai destinasi tujuan mudik harus prima," kata Iwan, Senin (8/4/2024).

Pada tahun ini, PLTU Paiton membutuhkan pasokan biomassa hingga 154.519 ton untuk PLTU Paiton 1-2. Sedangkan PLTU Paiton 9 membutuhkan pasokan hingga 105.062 ton. Sedangkan tahun lalu, realisasi serapan biomassa PLTU Paiton mencapai 139.834 ton. Sedangkan untuk PLTU Paiton 9 sebesar 22.741 ton. Berkaca dari keandalan pasokan pada tahun lalu, tahun ini, PLN EPI memastikan seluruh kebutuhan PLTU Paiton tercukupi.

"Kami memastikan seluruh kebutuhan biomassa untuk PLTU Paiton kami prioritaskan. Saat ini kebutuhan sawdust sebagai bahan baku utama biomassa PLTU Paiton bisa terpasok dengan baik," kata Iwan.

PLTU Paiton

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo juga menjelaskan PLTU Paiton berkontribusi 17 persen pada sistem kelistrikan Jawa Madura Bali. Dari sisi pasokan energi primer, dirinya memastikan keamanan pasokan batubara untuk PLTU Paiton dengan dengan rata-rata ketersediaannya di atas 20 Hari Operasi (HOP).

"PLTU Paiton juga telah menjalankan program cofiring dengan mengganti sebagian 5% batu bara dengan sawdust (serbuk kayu) sebagai bahan bakar agar lebih ramah lingkungan. Ketersediaan sawdust pun sangat aman dan siap memenuhi kebutuhan selama momen Idul Fitri," kata Darmawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batu Bara Cukup Buat 22 Hari, Pasokan Listrik Aman Jelang Idul Fitri 2024

Sebelumnya, subholding PLN Energi Primer (PLN EPI) memastikan pasokan energi primer dalam kondisi aman menghadapi momen Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024. Secara nasional untuk cadangan rata-rata energi primer saat ini mencapai di atas 20 hari operasi (HOP).

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengatakan, PLN berkomitmen penuh untuk memberikan listrik andal dalam penyediaan energi primer untuk operasional PLTU, sehingga seluruh masyarakat dalam merayakan momen penting keagamaan seperti halnya Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

”Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi. Untuk itu kami berkomitmen memberikan suplai energi primer bagi PLTU, sehingga momen penting ini dapat dinikmati masyarakat dengan penuh kebahagiaan,” kata Iwan, Minggu (7/4/2024).

Iwan mengungkapkan, pihaknya memperkuat rantai pasok dan memastikan kebutuhan energi primer seluruh unit pembangkit tercukupi menyambut momen Idul Fitri 1445 H.

Dirinya juga memastikan pasokan energi primer untuk pembangkit dalam posisi yang aman. Pasokan batubara untuk PLTU PLN tidak ada yang statusnya emergency dengan rata-rata pada rentang 22, 2 - 31,9 hari operasi (HOP).

Jika dirinci, untuk stok rata-rata batubara PLTU PLN di Jawa Madura dan Bali (Jamali ) sebesar 24,9 HOP, stok rata-rata batubara di Sumatera-Kalimantan (Sumkal) sebesar 22,2 HOP dan stok rata-rata batubara di Sulawesi-Maluku-Papua-Nusa Tenggara (Sulmapana) sebesar 31,9 HOP.

”Saat ini, HOP batu bara berada dalam posisi yang sangat baik , stok cadangan kita berada di atas 20 HOP dan siap memberikan suplai listrik maksimal di momen Idul Fitri 1445 H,” jelas Iwan.

 

3 dari 3 halaman

Pasokan Batu Bara

Iwan menjelaskan, pasokan batubara untuk kelistrikan umum tahun 2024 - 2026 telah dipenuhi melalui Penugasan kepada Sumber Tambang sesuai Surat Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, nomor : B-1839/MB.05/DBB.OP/2023, tanggal 2 Desember 2023.

Mamit Setiawan, Sekretaris Perusahaan PLN EPI menambahkan,Kesiapan energi primer juga didukung dari sektor minyak dan gas yang juga dalam kondisi aman. Untuk pasokan gas berada di volume 802,84 billion british thermal unit (BBTU) untuk pembangkit di regional Jawa-Madura-Bali, 226,03 BBTU untuk Sumatera, 53,56 BBTU untuk Kalimantan dan 35,86 BBTU untuk Sulawesi. Sedangkan untuk pasokan BBM juga dalam kondisi aman dengan rata-rata cadangan mencapai 14,3 HOP di seluruh wilayah tanah air.

Terakhir, demi menjaga keamanan suplai listrik di momen Idul Fitri 1445 H, PLN telah menetapkan masa siaga Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 1445 H yang di mulai pada 03-19 April 2024. Dalam periode ini PLN menyiagakan sebanyak 2.766 posko di seluruh Indonesia dengan personil yang bertugas sebanyak 81.591 di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini