Sukses

Jokowi Sebar Bansos Pangan hingga Resmikan Bandara Mutiara SIS Al-Jufri Palu Hari Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 26-27 Maret 2024 untuk meresmikan sejumlah infrastruktur transportasi umum hingga mendistribusikan bantuan pangan.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 26 hingga 27 Maret 2024 untuk meresmikan sejumlah infrastruktur transportasi umum hingga mendistribusikan bantuan pangan.

Dikutip dari Antara, Selasa (26/3/2024), Presiden Jokowi beserta rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Kabupaten Banggai, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 06.50 WIB.

Keberangkatan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dilepas oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, dan Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Setibanya di Kabupaten Banggai, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Banggai Kepulauan.

Presiden Jokowi mengawali kunjungannya ke salah satu pasar tradisional di Banggai Kepulauan dan berlanjut menuju Kota Salakan untuk menghadiri peresmian Inpres jalan daerah.

Selesai berkegiatan di Kabupaten Banggai Kepulauan, Presiden Jokowi akan kembali menuju Bandara Syukuran Aminuddin Amir untuk kemudian lepas landas menuju Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Kota Palu.

Kepala Negara akan meresmikan rehabilitasi dan rekonstruksi Bandara Mutiara SIS Al-Jufri serta meresmikan sejumlah bandara lainnya.

Resmikan Gedung Anutapura Medical Center

Selepas itu Presiden Jokowi akan meresmikan Gedung Anutapura Medical Center (AMC) di RSUD Anutapura, Kota Palu, dan sejumlah infrastruktur lainnya.

Pada hari kedua kunjungannya di Kota Palu, Presiden Jokowi diagendakan menuju Pelabuhan Pantoloan untuk meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Donggala, dan Pelabuhan Wani.

Kegiatan tersebut dirangkai dengan kunjungan Presiden Jokowi menuju Bendungan Gumbasa di Kabupaten Sigi untuk menandatangani prasasti sekaligus meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi irigasi di wilayah setempat.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Sulteng diakhiri dengan meninjau fasilitas Bulog di Kabupaten Toli-toli, sekaligus penyerahan bantuan pangan kepada warga di Kelurahan Kalangkangan, Kecamatan Galang.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudy Saladin, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasca Rekontruksi, Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Siap Diresmikan Jokowi

Bandara Mutiara Sis Al-Jufri akan segera diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pasca rehabilitasi dan rekonstruksi Bandara Mutiara Sis Al-Jufri selesai. Diketahui rehabilitasi dan rekontruksi dimulai pada tahun 2020 dan selesai pada tahun 2023.

“Proyek ini tidak hanya tentang membangun kembali fasilitas bandara yang terdampak, tetapi juga tentang membangun kembali semangat dan harapan bagi masyarakat setempat,” kata Kepala Unit Penyelengara Bandar Udara (UPBU) Mutiara Sis Al-Jufri, Rudi Richardo di Palu, Minggu (24/3/2024).

Rudi menjelaskan, pengembangan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri di Palu ini bertujuan untuk rehabilitasi dan rekonstruksi fasilitas di sisi udara dan sisi darat yang terdampak pasca bencana alam gempa bumi bermagnitudo 7,4 yang mengguncang kota Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah pada tahun 2018 silam.

Bandara Mutiara Sis Al Jufri memiliki panjang runway 2.510 x 45 meter sehingga mampu didarati pesawat terbesar Boeing 737-900ER. Sementara gedung terminal penumpang berukuran 19.476 m2.

Saat ini terdapat delapan maskapai yang beroperasi melayani beberapa rute penerbangan seperti :

  • Palu – Jakarta;
  • Palu – Makassar;
  • Palu – Luwuk;
  • Palu – Toli-toli;
  • Palu – Morowali;
  • Palu – Balipapan;
  • Palu – Ampana;
  • Palu – Poso;
  • Palu – Seko; dan
  • Palu – Pahuwato
3 dari 3 halaman

Tingkatkan Layanan Bandara

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni di Jakarta menyampaikan Kementerian Perhubungan akan terus meningkatkan pelayanan bandara.

“Puji syukur, sekarang ini Bandara Mutiara Sis Al-Jufri tampil cantik untuk mendukung konektivitas, mendorong kunjungan wisata dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah. Selain aspek keselamatan dan keamanan penerbangan yang terus kami tingkatkan, kenyamanan bagi penumpang juga menjadi perhatian khusus. Mari bersama-sama kita jaga bandara ini dengan baik,” tutup Kristi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini