Sukses

Sabet 4 Penghargaan Sekaligus, Sultan Mahmud Badaruddin II Jadi Bandara Paling Nyaman di Asia-Pasifik

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan jadi bandara ternyaman bagi calon penumpang pesawat se-Asia. Ini atas hasil penilaian dari Airports Council International (ACI).

Liputan6.com, Jakarta - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan jadi bandara ternyaman bagi calon penumpang pesawat se-Asia. Ini atas hasil penilaian dari Airports Council International (ACI).

Ada sederet langkah yang dilakukan oleh Angkasa Pura II selaku pengelola bandara di Palembang, Sumatera Selatan tersebut. Salah satunya adalah alur penumpang sejak masuk pintu pertama, hingga proses boarding menjelang penerbangan.

Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Iwan Winava Mahdar menjelaskan, atas hasil penilaian ACI, penumpang nyaman dengan perombakan alur geraknya di bandara.

"Mungkin salah satunya setelah saya mencoba untuk merubah flow, itu kan kita rubah flow-nya," kata Iwan ditemui di Bandara SMB II, Palembang, Sumatera Selatan, dikutip Sabtu (23/3/2024).

Dia mengisahkan, kini hanya ada satu jalur bagi penumpang. Alhasil pengalamannya berjalan di bandara bisa menikmati sederet fasilitas secara maksimal.

Misalnya, dengan menutup akses persimpangan yang kerap membuat bingun calon penumpang. Ditambah lagi, ada upaya menempatkan sejumlah produk UMKM di sudut-sudut yang dilalui. Iwan menilai, hal ini jadi pengalaman tambahan yang menarik untuk penumpang.

Di sisi lain, dia juga mencoba menambahkan kesan kedaerahan Sumatera Selatan. Salah satunya menempatkan kain tenun khas di skylight yang menerangi kawasan pemeriksaan.

"Kita coba tadi, skylight yang mengganggu kenyamanan, AC jadi lebih panas kita tutup dengan kain-kain khas Sumsel. Sehingga mungkin itu menarik buat penumpang yang begitu masuk dia experience banget ini nih," bebernya.

Adapun 4 penghargaan yang dinobatkan oleh ACI diantaranya World Directoe General's Roll od Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pasific, hingga Most Enjoyable Airporr in Asia-Pasific. Penobatan ini diumumkan pada 10 Maret 2024 lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Pengguna Jasa

Menurut pantauan Liputan6.com di lokasi, penumpang terlihat nyaman sejak awal masuk bandara. Pertama, akses masuk ke bandara setelah turun dari kendaraan.

Hal ini dimudahkan oleh sejumlah tanda penunjuk arah yang terlihat jelas. Kedua, ruang check-in yang nampak luas. Terdapat counter check-in manual maupun mandiri, sehingga calon penumpang punya pilihan yang beragam.

Ketiga, adanya fasilitas Tavelin, yang memudahkan proses check-in yang lebih singkat tanpa pemeriksaan secara manual. Keempat, fasilitas umum yang disediakan seperti toilet hingga tempat ibadah yang mudah dijangkau.

Kelima, ruang tunggu yang cukup luas dengan dikelilingi sejumlah toko-toko oleh-oleh lokal. Tak lupa, ada sederet lokasi berfoto untuk calon penumpang disela-sela menunggu jadwal penerbangan.

3 dari 4 halaman

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Jadi yang Terbaik di Lingkungan PT Angkasa Pura II

Sebelumnya, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dinobatkan menjadi yang terbaik di Lingkungan PT Angkasa Pura (AP) II berkat totalitas pelayanannya kepada pelanggan.

Indikator kepuasan pelanggan yang dilayani oleh Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II terlihat dari penilaian Customer Satisfaction Index (CSI) 2023. 

Menurut VP of Corporate Communications AP II, Cin Asmoro, penilaian CSI 2023 itu berdasarkan 5 aspek yaitu perspektif penumpang, kru kokpit pesawat, station manager maskapai, konsesioner, dan stakeholder di angkutan kargo.

"Tiga yang terbaik itu adalah Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) dan Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu)," ujar Cin Asmoro dalam keterangan tertulisnya, Bandung, Rabu, 8 November 2023.

Cin Asmoro mengatakan Apresiasi untuk ketiga bandara tersebut diberikan saat ajang Indonesia National Air Carriers Association (INACA)Festival 2023 yang digelar pada 4 November 2023 untuk memperingati HUT ke-53 INACA.

Cin Asmoro mengatakan apresiasi dari INACA menjadi pemacu seluruh bandara di lingkungan AP II untuk secara berkelanjutan meningkatkan standar pelayanan bagi seluruh stakeholder. 

"Perspektif yang dinilai dari CSI 2023 ini cukup lengkap, mulai dari penumpang, maskapai dan stakeholder lain di bandara. Melalui ajang ini, INACA turut mendorong peningkatan standar layanan di bandara-bandara AP II ke depannya," kata Cin Asmoro.

 

  

4 dari 4 halaman

Konsisten Ditingkatkan

Sementara itu, Executive General Manager Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Iwan Winaya mengatakan standar pelayanan dan fasilitas di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II secara konsisten terus ditingkatkan. 

“Berbagai fasilitas terus kami hadirkan untuk meningkatkan standar pelayanan. Fasilitas terbaru adalah TravelinPass, di mana penumpang pesawat dapat memproses keberangkatan hanya dengan menunjukkan wajah di security check point saat menuju boarding lounge. Untuk dapat menggunakan TravelinPass, penumpang bisa terlebih dahulu mengunduh aplikasi Travelin dan membuat Airport ID," jelas Iwan kepada Liputan6.com.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sebelumnya juga mendapat penghargaan global dari Airport Council International (ACI), yakni Airport Service Quality (ASQ) Awards 2022 Best Airport by Size and Region untuk kategori 2 to 5 Million Passenger Per Year.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini