Sukses

Punya Banyak Wishlist Belanja? Begini Cara Atur Tabungannya

Saat menabung untuk masa depan, tempat dimana anda menaruh uang anda sangatlah penting. Namun, anda tidak perlu membatasi diri anda hanya pada satu rekening saja.

Liputan6.com, Jakarta Saat menabung untuk masa depan, tempat dimana anda menaruh uang anda sangatlah penting. Namun, anda tidak perlu membatasi diri anda hanya pada satu rekening saja.

Seperti yang dikutip dari Yahoo! Finance, Senin (18/3/2024), menggunakan beberapa rekening tabungan dapat menjadi strategi efektif yang membantu anda tetap fokus pada tujuan keuangan anda.

Kapan Harus Punya Rekening Tabungan Lebih dari Satu?

Menabung di rekening yang beda akan menjadi masuk akal jika anda memiliki beberapa tujuan tabungan jangka pendek dan jangka panjang, seperti:

  • Uang muka pembelian rumah atau mobil
  • Membangun dana darurat anda
  • Liburan yang akan datang
  • Memulai sebuah keluarga
  • Menabung untuk pendidikan perguruan tinggi anak anda
  • Memulai bisnis

Memiliki beberapa rekening dapat membantu anda memprioritaskan tujuan-tujuan tersebut dan menetapkan jumlah tertentu untuk disisihkan untuk setiap tujuan. Anda juga dapat dengan mudah melihat progres menabung anda.

Beberapa bank memungkinkan anda untuk membuat "kantong" tabungan di dalam akun yang sama untuk tujuan yang berbeda. Namun, sebagian besar bank hanya mengizinkan anda untuk membuka beberapa rekening. Tergantung target waktu untuk setiap tujuan, anda dapat mempertimbangkan jenis rekening yang berbeda untuk setiap tujuan.

Tabungan darurat anda, misalnya, harus mudah diakses karena anda tidak pernah tahu kapan anda akan membutuhkannya. Dalam hal ini, rekening tabungan tradisional atau rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi mungkin akan menjadi ideal.

Di sisi lain, jika anda menabung untuk membeli rumah dalam lima tahun ke depan, anda dapat mempertimbangkan untuk menempatkan tabungan anda ke dalam sertifikat deposito. Suku bunga jenis tabungan ini cenderung lebih tinggi daripada rekening tabungan tradisional. Namun, mereka juga mengharuskan anda menyimpan uang anda di deposito untuk jangka waktu tertentu (dikenal sebagai jangka waktu) atau menghadapi penalti penarikan lebih awal.

Rekening pasar uang atau MMA dapat menjadi sarana tabungan lain untuk dipertimbangkan. Rekening ini menggabungkan fitur-fitur rekening tabungan dengan imbal hasil tinggi dengan aksesibilitas rekening giro dan mungkin dilengkapi dengan hak istimewa menulis cek dan/atau kartu debit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan Memiliki Beberapa Rekening Tabungan

Ada beberapa keuntungan dari membuka beberapa rekening tabungan:

  • Menghindari penggunaan uang yang telah ditetapkan untuk tujuan tertentuJika anda hanya memiliki satu rekening tabungan, akan sulit untuk melacak berapa banyak uang yang harus dialokasikan untuk, misalnya, tabungan darurat vs. liburan impian. Membuat tabungan khusus untuk setiap tujuan yang penting bagi anda akan memastikan bahwa anda dapat menutupi biaya tak terduga tanpa harus mengorbankan tabungan anda di area lain.
  • Manfaatkan suku bunga dan bonus yang lebih tinggiJika anda memiliki rekening tabungan yang sama selama beberapa waktu, anda mungkin melewatkan suku bunga yang lebih tinggi di tempat lain. Persentase imbal hasil tahunan (APY) pada rekening tabungan menunjukkan berapa banyak bunga yang dapat anda harapkan dari saldo anda dalam satu tahun. APY rekening tabungan ditetapkan oleh masing-masing bank dan serikat kredit dan dapat berubah sewaktu-waktu. Dengan memiliki lebih dari satu rekening tabungan, anda mungkin dapat memanfaatkan APY yang lebih tinggi di berbagai bank atau jenis rekening.Banyak lembaga keuangan juga memberikan insentif kepada pelanggan baru dengan promosi perkenalan, termasuk bonus uang tunai. Penawaran ini biasanya berlangsung dalam waktu terbatas; jika anda membuka rekening selama periode promosi dan memenuhi persyaratan, ini dapat meningkatkan saldo tabungan anda.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mengatur dan Memaksimalkan Beberapa Rekening Tabungan

Untuk membuat beberapa rekening tabungan bekerja untuk anda, penting untuk bersikap metodis dan terorganisir. Berikut ini beberapa tips yang perlu diingat:

  • Lacak tabungan anda dengan cara yang sesuai untuk andaJika semua rekening anda disimpan di bank yang sama, anda mungkin bisa melihat semua saldo rekening anda dalam satu halaman. Namun, jika tidak, anda perlu sedikit lebih kreatif untuk melacak saldo dan perkembangannya seperti membuat spreadsheet terperinci dan menyisihkan waktu setiap bulan untuk memperbarui pelacak anda atau menggunakan aplikasi pencatat tabungan yang dapat diunduh di smartphone.
  • Perhatikan persyaratan saldo minimum dan biayaIngatlah bahwa bank anda mungkin memiliki aturan tertentu untuk menghindari biaya bulanan, seperti menjaga saldo minimum. Beberapa bank mungkin juga membebankan biaya tidak aktif jika rekening anda tidak digunakan terlalu lama. Jadi, sebelum mendaftar untuk rekening tabungan baru, bacalah persyaratannya untuk mengetahui apakah ada persyaratan khusus, dan pastikan anda dapat memenuhinya.
  • Mengotomatiskan setoran andaUntuk membantu anda tetap berada di jalur yang benar dalam menabung, pertimbangkan untuk mengotomatiskan setoran anda ke setiap rekening. Dalam banyak kasus, anda dapat mengatur transfer berulang dari rekening yang digunakan untuk gaji ke rekening tabungan anda. Hal ini akan mempermudah anda dalam menambah saldo. Pastikan anda memiliki pembatas penarikan otomatis di rekening gaji anda untuk menyisakan saldo minimal rekening tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini