Sukses

Canggihnya Kereta Otonom di IKN, Bergerak Tanpa Rel dan Sanggup Angkut 324 Orang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan kereta otonom atau Autonomous Taik Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih sesuai rencana. Nantinya kereta tanpa rel ini akan beroperasi di kawasan inti pusat pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih sesuai rencana. Nantinya kereta tanpa rel ini akan beroperasi di kawasan inti pusat pemerintahan.

Menhub Budi memastikan pembangunannya masih berjalan lancar usai meninjau langsung lokasi tersebut pada Kamis, 29 Februari 2024. Dia optimistis transportasi canggih ini bisa digunakan nantinya.

“Hari ini saya meninjau lokasi pembangunan ART. Penggunaan ART di IKN adalah lompatan penggunaan teknologi transportasi masa depan, yakni kereta tanpa rel. Saya lihat pembangunannya berjalan sesuai rencana,” ujar Menhub Budi melalui keterangan resminya, Kamis (29/2/2024).

Dia menjelaskan, kereta otonom ini beroperasi menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Nantinya, kereta tersebut akan berada di kawasan Sumbu Kebangsaan Timur dan Sumbu Kebangsaan Barat, di mana tahap pembangunan rutenya akan dilakukan dalam dua fase.

“Satu set ART terdiri dari dua gerbong, dengan total kapasitas penumpang sebanyak 324 orang. Kecepatan operasionalnya 40 km/jam dan maksimal 70 km/jam,” terangnya.

Terkait jalur, Menhub menuturkan, panjang pembangunan jalur ART tahap satu adalah kurang-lebih 1,2 km, sedangkan panjang pembangunan jalur tahap dua adalah kurang-lebih 5,2 km. Saat beroperasi nanti, kata Menhub, jalur dan halte ART akan saling berbagi dengan Bus Rapit Transit (BRT).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono, dan Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat Suharto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Digunakan Agustus 2024

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu 24 Januari 2024. Kunjungan menhub ke Nusantara ini untuk mengecek pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi yang menjadi salah satu pendukung utama IKN.

Salah satu infrastruktur yang dikunjungi adalah bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1/2024

 

3 dari 3 halaman

Pejabat Harus Naik Angkutan Umum

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah benar-benar menjadikan IKN Nusantara sebagai kota ramah lingkungan. Salah satu yang dicanangkan adalah mobilitas penduduk IKN 80 persen menggunakan angkutan umum.

Tidak hanya itu, IKN juga akan dipenuhi dengan kendaraan listrik, mulai dari mobil listrik hingga motor listrik.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim, sebagai bagian mendukung green city, pejabat pemerintah yang tinggal di IKN bahkan tidak memperoleh jatah mobil dinas.

Pejabat pemerintah tidak akan punya mobil dinas resmi. Memang sebagai konsistensi dari kebijakan public transport sebagai moda utama untuk bermobilitas di IKN akhirnya sampai to the point kita, pemerintah di sana pun harus memberikan contoh," ungkapnya, Jumat (23/2/2024).

Nantinya, di IKN, APBN hanya menganggarkan mobil dinas untuk Presiden dan Menteri.

"Biasanya di pemerintah kan ada mobil dinas, tapi di IKN tidak akan ada mobil dinas, kecuali presiden dan menteri. (Pejabat) sisanya harus menggunakan transportasi publik," jelas Silvia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini