Sukses

Daftar 10 Orang Terkaya di India, Paling Tajir Punya Harta Rp 1,7 Kuadriliun

Mukesh Ambani kini berada di puncak daftar, dan selanjutnya termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Gautam Adani dan Uday Kotak.

Liputan6.com, Jakarta Ketika perekonomian India mengalami pertumbuhan eksponensial, kekayaan miliarder di negara itu pun meningkat.

Jumlah miliarder India yang masuk dalam daftar Miliarder Dunia 2023 versi Forbes mencapai rekor tertinggi, yaitu 169 orang, meningkat dari 166 orang pada tahun lalu.

Mengutip laman Forbes India, Senin (19/2/2024) Mukesh Ambani kini berada di puncak daftar, dan selanjutnya termasuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Gautam Adani dan Uday Kotak.

Berikut adalah daftar 10 orang terkaya di India berdasarkan peringkat Miliarder Real-Time Forbes, yang memantau para miliarder secara global.

1. Mukesh Ambani

Dengan kekayaan bersih senilai USD 113 miliar atau Rp 1,7 kuadriliun, Mukesh Ambani, Managing Director dan Chairman Reliance Industries, menempati posisi teratas daftar orang terkaya di India.

Ambani mengumpulkan kekayaannya dari perusahaan Reliance Industries Ltd yang memiliki pendapatan USD 104 miliar.

Perusahaan ini terlibat dalam berbagai sektor seperti petrokimia, minyak dan gas, ritel, telekomunikasi, dan banyak lagi. Ketiga anak Ambani, Akash, Anant, dan Isha, terlibat aktif mengelola berbagai divisi konglomerat.

2. Gautam Adani

Gautam Shantilal Adani, seorang industrialis miliarder India, terkenal sebagai pendiri dan ketua Grup Adani, konglomerat multinasional yang terlibat dalam pengoperasian dan pengembangan pelabuhan di India.

Yayasan Adani, yang didirikan oleh Gautam Adani pada tahun 1996, dipimpin oleh istrinya, Priti Adani, sebagai ketuanya. Kepentingan bisnis grup ini mencakup berbagai sektor, termasuk pelabuhan, bandara, pembangkit listrik dan transmisi, serta energi ramah lingkungan.

Dengan kekayaan bersih senilai USD 81,2 miliar atau Rp. 1,2 kuadriliun, Adani diakui sebagai operator bandara terbesar di India dan juga mengendalikan Pelabuhan Mundra di Gujarat, yang terbesar di negara itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Shiv Nadar

Dengan kekayaan bersih senilai USD 37,1 miliar atau Rp. 580 triliun, Shiv Nadar adalah pemilik grup HCL. HCL membanggakan klien terkenal seperti Cisco, Microsoft, dan Boeing. Sebagai pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa terhadap industri TI, Nadar dianugerahi Padma Bhushan, penghargaan sipil tertinggi ketiga di India, oleh pemerintah India pada tahun 2008.

4. Savitri Jindal & keluarga

Savitri Jindal dikenal sebagai seorang politisi dan pengusaha India yang memegang posisi terhormat sebagai ketua emeritus di O.P. Jindal Group.

Berbagai divisi bisnis dijalankan oleh keempat putranya: Prithviraj, Sajjan, Ratan dan Naveen Jindal. Selanjutnya, JSW Sports, divisi olahraga dari JSW Group, beroperasi sebagai bagian dari konglomerat yang tersebar di India, Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, dan Afrika. Savitri Jindal juga wanita terkaya di India.

3 dari 4 halaman

5. Cyrus Poonawalla

Dengan kekayaan bersih senilai USD 25,6 miliar atau Rp. 400 triliun, Cyrus Poonawalla dikenal sebagai tokoh terkemuka dalam pengembangan vaksin di India, merupakan penerima manfaat utama dari peningkatan penjualan dan pendapatan melalui kepemilikannya atas Serum Institute of India yang merupakan perusahaan swasta. 

Peningkatan kekayaan Cyrus Poonawalla baru-baru ini sebagian besar disebabkan oleh meluasnya penggunaan vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh SII.

6. Dilip Shanghvi

Dilip Shanghvi, dengan kekayaan bersih senilai USD 25,5 miliar atau Rp. 398,7 triliun adalah taipan bisnis terkemuka India dan visioner di balik Sun Pharmaceutical Industries, perusahaan farmasi India pertama dengan valuasi USD 5 miliar.

Dia mengembangkan Sun melalui serangkaian akuisisi, yang terbesar adalah pembelian perusahaan saingannya, Ranbaxy Laboratories.

7. Kumar Birla

Dikenal sebagai tokoh terkemuka di bidang komoditas, Kumar Birla mengambil alih kepemimpinan Grup Aditya Birla dengan kekayaan bersih senilai USD 18,9 miliar atau Rp. 295,5 triliun.

Selain keterlibatannya di sektor aluminium dan semen, grup ini juga menyediakan jasa keuangan. Birla juga menjabat sebagai ketua non-eksekutif perusahaan telekomunikasi Vodafone Idea; namun, dia mengundurkan diri pada tahun 2021 karena entitas tersebut memiliki lebih banyak hutang.

Pada tahun 2023, perusahaan telah menunjuk Birla sebagai direktur non-eksekutif.

 

4 dari 4 halaman

8. Kushal Pal Singh

Dengan kekayaan bersih USD 18,9 miliar atau Rp. 295,5 triliun, Kushal Pal Singh adalah ketua emeritus DLF, perusahaan real estate terdaftar terbesar di India berdasarkan kapitalisasi pasar. Singh adalah seorang veteran tentara. Dia bergabung dengan DLF, sebuah perusahaan yang didirikan oleh ayah mertuanya pada tahun 1961 dan menjabat sebagai ketua selama lebih dari lima dekade.

9. Lakshmi Mittal

Lakshmi Mittal saat ini adalah Ketua dan CEO ArcelorMittal—yang terkenal sebagai produsen baja global terbesar. Pada tahun 2019, bekerja sama dengan Nippon Steel, ArcelorMittal berhasil mengakuisisi Essar Steel senilai 5,9 miliar, sebuah perusahaan yang sebelumnya dimiliki oleh Shashi dan Ravi Ruia.

 

 10. Uday Kotak

Uday Kotak, seorang tokoh terkemuka di India, memegang posisi terhormat sebagai Pendiri dan Direktur Pelaksana di Kotak Mahindra Group. Pada tahun 2020, Uday Kotak memutuskan untuk mencairkan kepemilikannya di bank tersebut untuk meningkatkan fleksibilitas peraturan dan meningkatkan kepatuhan. 

Dengan kekayaan bersih USD 105 juta, Uday Kotak telah mempersiapkan putranya, Jay Kotak, untuk mengambil peran kepemimpinan dalam organisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini