Sukses

Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina, KBUMN: Terimakasih, Surat Diterima

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah resmi menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Liputan6.com, Jakarta Para pejabat BUMN mulai terang-terangan mendukung salah satu pasangan Capres dan Cawapres di Pemilu 2024. Terbaru, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengundurkan diri.

Pengunduran diri ini lantaran dirinya mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Ganjar-Mahfud di Pemilu nanti. Hal ini langsung dapat respon dari Kementerian BUMN

"Surat pengunduran diri sudah sampai sama kami, jadi ya sudah kita terima kasih kepada Pak Basuki atau Pak Ahok karena sudah memberikan surat pengunduran diri," kata Stafsus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada media, Jumat (2/2/2024).

Sesuai Prosedur

Arya menegaskan, apa yang dilakukan Ahok sudah sesuai prosedur. Dimana para pejabat BUMN dan karyawan bisa mengundurkan diri jika ingin terlobat dalam kampanye Pemilu 2024.

"Ini juga sama seperti komisaris2 lainnya yang juga sudah melakukan pengunduran diri karena terlibat dalam kampanye sepetti Arief Rosyid, Abdee Telkom semua sudah melakukan pengunduran diri," tambah Arya.

"Jadi bagi kita terima kasih karena mereka sudah menyerahkan surat pengunduran diri karena terlibat dalam kampanye," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ahok Mundur dari Komisaris Utama Pertamina Usai Dukung Ganjar-Mahfud

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah resmi menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Ahok mundur setelah menyatakan mendukung pasangan Ganjar-Mahfud di Pemilu 2024.

Sikap ini terinformasikan langsung lewat unggahannya di akun resmi Instagram @basukibtp, Jumat (2/2/2024). Ahok juga melampirkan postingan foto surat pengunduran dirinya kepada Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024," tulis Ahok.

Mundurnya eks Gubernur DKI Jakarta tersebut dari kursi Komisaris Utama Pertamina lantaran dirinya memilih untuk mendukung pasangan calon (Paslon) 03, Ganjar-Mahfud.

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya," tegas Ahok.

Per 1 Februari 2024

Adapun dalam postingan surat yang disampaikan ke Erick Thohir, diketahui bahwa Ahok telah menyampaikan niatnya mundur dari posisi Komisaris Utama Pertamina sejak 1 Februari 2024.

"Melalui Surat Pengantar ini, kami mohon perkenan Bapak (Erick Thohir) untuk menerima surat dari Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) tertanggal 1 Februari 2024," bunyi isi surat pengunduran diri Basuki Tjahaja Purnama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.