Sukses

Kamu Bisa Cek Mutasi Rekening 5 Tahun Terakhir dengan BRImo, Begini Caranya!

Mutasi rekening memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Mutasi rekening memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis. Pasalnya, mutasi rekening memungkinkan pemilik rekening untuk memiliki pemahaman yang mendalam terkait aktivitas keuangan mereka.

Dengan memonitor mutasi rekening secara teratur, individu atau perusahaan dapat melacak setiap transaksi yang terjadi, termasuk pemasukan, pengeluaran, dan transfer. Hal ini pun membantu dalam pengelolaan anggaran, perencanaan keuangan, dan memberikan visibilitas yang diperlukan untuk membuat keputusan finansial yang cerdas.

Namun terkadang, mutasi rekening harus bisa ditunjukkan dalam bentuk rekening koran. Padahal, dua hal itu berbeda karena rekening koran merupakan dokumen resmi yang dirilis oleh bank dan berisi daftar transaksi yang dilakukan pada rekening nasabah dalam periode tertentu.

Terdapat beberapa situasi yang mengharuskan kamu harus menyiapkan mutasi rekening atau dalam bentuk dokumen rekening koran. Contohnya, bagi kamu yang suka berbelanja di luar negeri, pastinya butuh pengajuan VISA untuk imigrasi.

Dalam hal ini, rekening koran saat pengajuan VISA dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu berada dalam kondisi finansial yang terjamin selama berada di negara tujuan.

Selain itu, saat kamu hendak mengajukan pinjaman atau kredit, pasti dimintai rekening koran terbaru. Kebanyakan lembaga keuangan akan meminta rekening koran sebagai syarat wajib untuk pengajuan peminjaman.

Tak hanya itu, rekening koran juga menjadi syarat indikator yang memastikan finansial debitur pada kategori sehat dan mampu melunasi kredit. Alhasil, kreditur tak ragu untuk memberikan pinjaman dan terhindari dari kredit macet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PFM dari BRI

Sebagai bentuk layanan memberikan ruang bagi nasabah sehingga lebih bijak dalam mengelola keuangan, BRI menghadirkan fitur khusus dalam aplikasi BRImo, yakni berupa Personal Financial Management (PFM).

PFM merupakan fitur yang dapat membantu nasabah dalam mendapatkan informasi jumlah pemasukan dan pengeluaran yang bisa tercatat selama bertransaksi menggunakan seluruh e-channel BRI. Semua aktivitas transaksi nasabah dalam kurun waktu tertentu, akan terekam dalam fitur mutasi rekening di aplikasi BRImo.

Selain itu, pengguna juga bisa mencatat tambahan pengeluaran dan pemasukkan lain di luar akun BRI secara manual. Tak hanya itu, BRImo pun bisa memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk mendapatkan aktivitas mutasi rekening selama lima tahun terakhir tanpa alur dan birokrasi yang bikin ribet.

3 dari 3 halaman

Download Mutasi Rekening di BRImo

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara untuk download mutasi rekening nasabah melalui BRImo:

  1. Klik fitur mutasi (di homescreen bagian bawah).
  2. Kemudian pilih tab “e-Statement”.
  3. Klik “Buat e-Statement” untuk memulaiIsi form berupa nomor rekening yang akan diunduh mutasinya serta pilih rentang waktu dan tipe dokumen (PDF/CSV).
  4. Kemudian klik “Buat e-Statement” untuk melanjutkan proses berikutnya.
  5. Muncul pemberitahuan bahwa e-Statement sedang diproses.
  6. Tunggu sampai status berubah menjadi hijau dan tertera tulisan berhasil.
  7. Bila status request sudah berhasil, maka akan muncul push notifikasi dan estatement juga dikirimkan melalui email atau nasabah juga dapat melakukan unduh melalui aplikasi BRImo dengan menekan tombol “Unduh”.

Jadi, manfaatkan secara maksimal rekening koran atau laporan mutasi rekening kamu, baik untuk pengelolaan keuangan, pengajuan VISA juga pinjaman. Dengan fitur mutasi rekening BRImo, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih mudah dan praktis.

Saatnya download BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery untuk kemudahan dalam bertransaksi kamu, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini