Sukses

Elon Musk Mau Bangun Universitas di Texas AS, Rogoh Kocek Rp 1,5 Triliun

Tak hanya Universitas, CEO Tesla dan SpaceX itu juga berencana untuk meluncurkan sekolah dasar dan menengah yang berfokus pada STEM.

Liputan6.com, Jakarta - Orang terkaya di dunia, Elon Musk dikabarkan tengah bersiap untuk mendirikan sebuah universitas di Austin, Texas.

Dikutip dari Forbes, Senin (18/12/2023), menurut sebuah pengajuan pajak, lembaga pendidikan di Austin, Texas ini yang akan didirikan oleh Elon Musk ini akan mendapat penyaluran dana sebesar USD 100 juta atau Rp 1,5 triliun.

Tak hanya Universitas, CEO Tesla dan SpaceX itu juga berencana untuk meluncurkan sekolah dasar dan menengah yang berfokus pada STEM dengan kelas awal 50 orang sebelum universitas, yang akan didedikasikan untuk pendidikan di tingkat tertinggi dan akan mencari akreditasi dari Asosiasi Kolese dan Perguruan Tinggi Selatan yang berbasis di Georgia.

Dalam dokumen pengajuan, Komisi Sekolah di Perguruan Tinggi meminta status bebas pajak.

Belum ada banyak rincian terkait sekolah yang akan dibangun sang miliarder, namun pengajuan menyatakan bahwa universitas akan mempekerjakan "fakultas berpengalaman" dan memiliki kurikulum tradisional yang didukung oleh pengalaman belajar langsung termasuk simulasi, studi kasus, proyek fabrikasi/desain, dan laboratorium.

Universitas tersebut akan didanai melalui biaya kuliah dan sumbangan, kemungkinan besar dari badan amal Musk, The Foundation, di mana ia menyumbangkan saham Tesla senilai USD 2,2 miliar tahun lalu, menurut Bloomberg (pengajuan tersebut mengatakan bahwa sekolah tersebut "bermaksud untuk bebas biaya kuliah," meskipun mungkin membebankan biaya sekolah dan menawarkan beasiswa berdasarkan kebutuhan).

Pengajuan juga menunjukkan, siswa akan dipilih berdasarkan prestasi, mencatat bahwa sekolah tidak menjamin penerimaan menjadi wali yayasan, pejabat, karyawan atau anggota keluarga mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Elon Musk Pernah Bangun Sekolah di Negara Bagian California

Ini bukan kali pertama Elon Musk mendirikan sekolah.

Sebelumnya, ia telah mendirikan sebuah institusi pendidikan di California yang diperuntukkan bagi kelima anaknya dan anak dari beberapa karyawan SpaceX.

Sekolah tersebut telah dipindahkan ke Texas. Miliarder teknologi ini juga merencanakan komunitas baru bernama Snailbrook di luar Austin, yang akan mencakup sekolah, fasilitas rekreasi, dan perumahan bersubsidi untuk karyawan Tesla, SpaceX, dan Boring Company.

Diketahui, Elon Musk memiliki sekitar 6.000 hektar lahan di wilayah Austin, menurut Wall Street Journal, yang melaporkan percakapan internal antara karyawan Boring yang menggambarkan rencana yang lebih besar untuk masyarakat termasuk pembangunan seluruh kota.

Snailbrook telah dibangun selama lebih dari enam bulan dan akan membutuhkan setidaknya 201 penduduk sebelum dapat mengajukan permohonan untuk didirikan, Journal menambahkan, sambil mencatat bahwa persetujuan akhir akan diperlukan dari hakim daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini