Sukses

Soal Perpanjangan Kontrak Freeport Indonesia, Erick Thohir: Tunggu Smelter Jadi

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, nantinya ada rencana juga penambahan porsi saham BUMN dalam kepemilikan di Freeport Indonesia. Nantinya, porsi saham menjadi 61 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir buka suara terkait usulan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI). Menurutnya, perpanjangan kontrak bisa direalisasikan setelah pembangunan smelter rampung.

Diketahui, kontrak Freeport Indonesia untuk menggarap tambang masih ada hingga 2041 mendatang. Perusahaan tambang itu mengajukan perpanjangan kontrak. Namun, syaratnya adalah memperkuat hilirisasi dan menambah porsi saham pemerintah di PTFI.

Erick bilang usulan perpanjangan kontrak sudah dibahas dan disetujui. Kendati begitu, saat ini masih menunggu proses penyelesaian smelter.

"Kalau itu udah dibahas, kan sudah disetujui, tinggal proses penyelesaian smelternya ini benar-benar jadi, baru diperpanjang, karena kan harus seperti itu," tegas Erick Thohir di Grha Pertamina, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Dia menyebut, nantinya ada rencana juga penambahan porsi saham BUMN dalam kepemilikan di PTFI. Nantinya, porsi saham menjadi 61 persen.

"Tetapi tentu saham dari BUMN nanti kalau jatuh tempo kita akan punya tambah 10 persen jadi punya 61 persen," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bertemu Bos Freeport McMoran

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap telah menjalin pertemuan dengan dua petinggi Freeport McMoran. Bahasan utamanya soal hilirisasi dan operasional smelter tembaga di Gresik, Jawa Timur, milik PT Freeport Indonesia (PTFI).

Melalui akun Instagram @erickthohir, diketahui kalau pertemuan berlangsung di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta. Dia menjamu Chairman of the Board and Chief Executive Officer of Freeport McMoran, Rhicard Adkerson dan President and a member of the Board of Directors of Freeport McMoran, Kathleen L. Quirk.

"(Membahas) hilirisasi, karena kan Freeport sudah puluhan tahun, baru pertama ini dibawah pemerintahan Pak Jokowi (Joko Widodo) mereka mulai berinvestasi di smelter untuk turunannya," kata Erick, ditemui di Grha Pertamina, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

 

3 dari 3 halaman

Smelter Gresik Tahap I Dibuka Besok

Dia mengatakan, rencananya Smelter Gresik Tahap I akan mulai dibuka pada pekan ini. Sementara, untuk Tahap II tetap dikejar untuk rampung pada Mei 2024, tahun depan.

"Untuk tahap I, satu-dua hari ini kita akan tinjau, untuk nanti yang tahap dua InsyaaAllah Mei sudah bisa selesai. Tapi mulai beroperasinya biasa kalau pabrik perlu dua-tiga bulan," bebernya.

Erick memandang beroperasinya Smelter Gresik PTFI akan meningkatkan upaya hilirisasi Indonesia. Alhasil, ada nilai tambah yang bisa dikantongi negara dan segala aspek yang terlibat didalamnya.

"Ini kan luar biasa, artinya apa? Yang selama ini barang mentah dikirim ke banyaj negara sekarang kita lakukan hilirisasi disini. Jadi peningkatan value atau turunannya bisa ada di Indonesia sekarang, tidak dikirim ke negara lain terus. Sampe kapan kita mau begitu?," papar Erick.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini