Sukses

Jangan FOMO, Harbolnas Bikin Banyak Orang Nekat Ngutang Pinjol Ilegal

Momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap 12 Desember jadi kesempatan bagi banyak orang untuk berburu barang-barang murah. Ini jadi kesempatan emas bagi para pelaku pinjol ilegal untuk menawarkan pinjaman konsumtif, khususnya kepada nasabah yang tak tahan belanja namun tidak memiliki uang.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang Fear Of Missing Out (FOMO) atau takut kehilangan momen di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) setiap 12 Desember. Tepat jam 12 malam, mereka berbondong-bondong belanja barang-barang yang mendapat diskon gede-gedean.

Sebagian dari masyarakat kadang memaksakan diri meskipun tidak memiliki dana cukup. Ini jadi kesempatan emas bagi para pelaku pinjol ilegal untuk menawarkan pinjaman konsumtif, khususnya kepada nasabah yang tak tahan belanja namun tidak memiliki uang.

Itu diamini Ketua Satgas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal (Satgas PASTI) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sarjito. Menurutnya, Harbolnas semacam jadi perangkap bagi orang-orang yang kebelet hunting barang murah meski kocek terbatas.

"Kan memang naik (transaksi pinjol) itu logikanya. Orang-orang kan kalau enggak punya duit, sekarang nih kalau ada yang murah, ih murah banget, terus enggak punya duit, Anda nekat enggak pinjam di pinjol yang berizin, atau yang tidak berizin? Kan pasti nekat kalau hitung-hitungan Anda masuk, kalau rasional," ujarnya di Jakarta Theater, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

"Kalau enggak rasional, ah ini rada murah, gue beli aja deh. Ini yang enggak baik," kata Sarjito.

Namun, Sarjito tak bisa menyebut berapa potensi kenaikan angka transaksi pinjaman online demi berburu barang di Harbolnas. Ia mengaku tidak bisa meramalnya, dan harus dihitung berbasis data.

"Jadi kita tidak tahu behavior masyarakat kita. Tapi nanti ketahuan kalau misal Nataru nih, jadi setelah Nataru akan ketahuan ini, dari yang pinjol berizin OJK kita akan mintai data. Kemudian yang ilegal kita akan tahu nanti, di cyber patrol nanti kelihatan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebutuhan Konsumtif

Senada, Kepala Eksekutif Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi menilai, masyarakat yang terdesak kebutuhan konsumtif kerap mencari pinjaman yang gampang.

"Kalau pinjol ilegal, terkadang baru WA dan kasih nomor rekening, tiba-tiba dana sudah masuk. Memang masyarakat yang terus harus dididik dan diedukasi. Jangan pakai yang pinjol ilegal," bebernya.

Sebelum ada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK), aktivitas pinjol ilegal sebelumnya hanya masuk ranah pidana umum. Namun, Kiki menambahkan, sekarang sudah ada delik khusus yang diharapkan bisa memberi efek jera kepada pelaku.

"Ini sedang on process. Ini baru kami konsolidasi dan merapatkan barisan dengan 16 kementerian/lembaga Satgas PASTI untuk kami kejar dan memberikan efek jera. Harapannya itu akan semakin memperkecil mereka dan memberikan efek kapok," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Mendag Ajak Masyarakat Ramaikan Harbolnas 12.12

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak masyarakat untuk aktif berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12. Acara ini akan berlangsung dari jam 12 malam hingga jam 12 malam di sejumlah e-commerce dan situs resmi sejumlah merek-merek yang ada di Indonesia.

"Mulai dari jam 12 nanti malam sampai jam 12 besok malam, penting Harbolnas. Kita ikuti, saya mempromosikan. Banyak barang-barangnya bagus, rapi, dengan penawaran promo yang menarik, dan diskonnya pun sangat banyak," ungkap Mendag kepada Liputan6.com, di Shopee studio, SCBD Lot 10, Jakarta selatan, Senin (11/12/2023).

Dengan adanya dukungan dari Menteri Perdagangan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan momentum Harbolnas untuk mendapatkan barang berkualitas dengan harga terbaik dan tentu saja dengan harga diskon. 

Diharapkan, ajang Harbolnas ini dapat memberikan dorongan bagi sektor perdagangan daring dan ekonomi secara keseluruhan.

Untuk informasi, Shopee akan mengadakan kembali perayaan puncak Shopee 12.12 Birthday Sale. Promo eksklusif, Flash Sale di Shopee Live, Midnight Sale, TV Show, dan Late Night Sale akan menyemarakkan acara pada 12 Desember 2023. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini