Sukses

Deretan Kutipan Miliarder Charlie Munger Terkait Investasi hingga Pasar Saham

Semasa hidup, Charlie Munger, sosok tangan kanan miliarder Warren Buffett memberikan sejumlah komentar yang menginspirasi termasuk di pasar saham dan investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Vice Chairman Berkshire Hathaway sekaligus miliarder Charlie Munger meninggal dunia pada usia 99 tahun, Selasa 28 November 2023.

Dikutip dari Yahoo Finance, Rabu (29/11/2023), investor legendaris Charlie Munger juga dikenal sebagai tangan kanan dan teman Warren Buffett selama hampir enam dekade.

Warren Buffett dan Charlie Munger membangun Berkshire Hathaway, dan menjadi salah satu kemitraan bisnis tersukses dan bertahan lama yang memikat jutaan orang di dunia.

“Berkshire Hathaway tidak akan bisa mencapai statusnya saat ini tanpa inspirasi, kebijaksanaan dan partisipasi Charlie,” ujar Warren Buffett dalam sebuah pernyataan.

Berkshire Hathaway yang berawal dari produsen tekstil telah berkembang menjadi konglomerat multinasional yang sepenuhnya memiliki merek populer antara lain Dairy Queen, Fruit of the Loom dan Apple, serta Coca-Cola dan perusahaan besar lainnya.

Setiap tahun, ribuan pemegang saham Berkshire Hathaway mengunjungi Omaha, Nebraska, Amerika Serikat untuk mendengarkan Buffett dan Munger menjawab pertanyaan selama berjam-jam. Munger yang dikenal karena prinsip-prinsipnya tentang bisnis, investasi dan kehidupan akan minum coca cola dan menikmati See’s Candies.

Yang terkenal dia sering berkata setelah Buffett berbicara, “tidak ada lagi yang perlu saya tambahkan,”

Berikut sejumlah kutipan favorit  terkait pasar saham dan investasi dari Charlie Munger yang dikutip dari Yahoo Finance:

Pasar Saham

  • "Saya pikir value investor akan mengalami masa yang lebih sulit sekarang karena begitu banyak dari mereka bersaing untuk mendapatkan peluang yang semakin berkurang. Jadi saran saya untuk value investor adalah membiasakan diri untuk hasilkan lebih sedikit,” Berskhire Hathaway Annual Meeting 2023.
  • "Saat ini ada begitu banyak uang di tangan orang-orang pintar yang berusaha mengakali satu sama lain. Ini adalah dunia yang sangat berbeda dari dunia tempat kita memulai,” ujar dia saat Berkshire Hathaway Annual Meeting 2023.
  • "Apa yang dipelajari semua orang adalah setiap orang memiliki partisipasi signifikan dalam 12 perusahaan yang memiliki kinerja lebih baik dibandingkan perusahaan lain. Setidaknya memerlukan dua atau tiga perusahaan,” ujar dia pada Acquired podcast pada 2023.
  • "Saya berharap semua hal di Amerika Serikat berjalan sebaik Costco. Bayangkan betapa ini merupakan berkah bagi kita semua,” Daily Journal Annual Meeting 2022.
  • “Saya menyukai segalanya tentang Costco. Saya benar-benar kecanduan, dan saya tidak akan pernah menjual sahamnya,” pada Daily Journal Annual Meeting 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kutipan Terkait Investasi

  • "Salah  satu hal konyol yang diajarkan dalam pendidikan di universitas modern adalah diversifikasi besar-besaran mutlak diperlukan dalam berinvestasi pada saham biasa. Itu ide gila. Tidak mudah untuk mendapatkan banyak peluang bagus dengan mudah teridentifikasi. Dan jika Anda hanya punya tiga, saya lebih suka itu menjadi ide terbaik saya daripada ide terburuk saya. Dan sekarang beberapa orang tidak dapat membedakan ide terbaik dari ide terburuk mereka, dan dalam tindakan memutuskan investasi itu sudah bagus, mereka berpikir itu lebih baik daripada yang sebenarnya. Saya pikir kami membuat lebih sedikit kesalahan seperti itu dibandingkan orang lain. Itu adalah berkah bagi kami,” ujar pada kegiatan Berkshire Hathaway Annual Meeting 2023.
  • "Saya merasa jauh lebih mudah untuk menemukan empat hingga lima investasi di mana saya mempunyai peluang yang cukup masuk akal untuk benar karena investasi tersebut jauh di atas rata-rata. Saya pikir jauh lebih mudah untuk menemukan lima dari pada menemukan 100. Saya pikir orang-orang yang mendukung semua diversifikasi ini-omong-omong, saya menyebutnya deworsification yang saya tiru dari seseorang, dan saya jauh lebih nyaman memiliki dua atau tiga saham yang menurut saya ketahui dan menurut saya mempunyai keuntungan,” Daily Journal Annual Meeting 2021.
  • "Jika Anda ingin investasi dalam saham untuk jangka panjang atau real estate tentu saja akan ada saat-saat ketika ada banyak penderitaan dan ada periode lain ketika terjadi booming. Dan saya pikir Anda hanya perlu belajar menjalaninya,” ujar dia pada kegiatan Daily Journal Annual Meeting 2021.
  • "Meniru kelompok akan mengundang regresi ke nilai rata-rata (hanya kinerja rata-rata),” Poor Charlie’s Almanack.

 

 

3 dari 4 halaman

Butuh Karakter

  • "Saya pikir investor modern, untuk maju, hampir harus membeli beberapa saham yang harganya jauh di atas rata-rata. Mereka mencoba dan memiliki beberapa Apple dan Google atau sebagainya, hanya untuk mengimbanginya, karena mereka tahu ada pengaruh persentase yang signifikan dari semua keuntungan yang diperoleh gabungan seluruh pemegang saham biasa yang akan datang dari beberapa superkompetitor ini,” ujar dia pada saat wawancara dengan Wall Street Journal 2023.
  • "Ada keuntungan besar bagi seseorang untuk masuk ke posisi di mana Anda melakukan beberapa investasi besar dan hanya duduk diam. Anda membayar lebih sedikit kepada broker. Anda tidak terlalu mendengarkan omong kosong. Dan jika berhasil, sistem pajak pemerintah memberi Anda tambahan 1,2,3 poin persentase per tahun yang digabungkan,” Worldy Wisdon Charlie Munger 1995-1998.
  • "Dunia ini penuh dengan penjudi bodoh dan mereka tidak akan berbuat sebaik investor yang sabar,” ujar dia dalam wawancara Weekly in Stocks 2018.
  • "Dibutuhkan karakter untuk duduk dengan semua uang itu dan tidak melakukan apapun. Saya tidak bisa mencapai posisi saya saat ini hanya dengan mengejar peluang yang biasa-biasa saja,” Poor Charlie’s Almanack.
  • "Memahami kekuatan bunga majemuk dan sulitnya mendapatkannya adalah inti dari pemahaman banyak hal,” Poor Charlie’s Almanack.
  •  
4 dari 4 halaman

Sosok Charlie Munger di Mata Warren Buffett

Pada rapat pemegang saham Berkshire, Munger menuturkan, kalau tidak menyenangkan untuk membeli sebuah bisnis di mana Anda benar-benar berharap bisnis ini akan dilikuidasi sebelum bangkrut.

Munger menjadi sosok yang jujur terhadap komentar Buffett. “Tidak ada lagi yang perlu saya tambahkan,” ujar dia setelah salah satu jawaban Buffett yang lantang terhadap pertanyaan pada pertemuan tahunan Berkshire di Omaha, Nebraska.

Namun, seperti teman dan kolega, Munger adalah sumber kebijaksanaan dalam investasi dan kehidupan. “Saya mempunyai seorang teman yang mengatakan, aturan pertama dalam memancing adalah menangkap ikan di tempat ikan itu berada. Aturan memancing yang kedua adalah jangan pernah melupakan aturan pertama. Kami pandai menangkap ikan di tempat yang ada ikannya,” ujar Munger yang saat itu berusia 93 tahun, kepada ribuan orang pada pertemuan Berkshire pada 2017.

Ia percaya pada apa yang disebutnya efek lollapalooza  yang merupakan gabungan berbagai faktor untuk mendorong psikologi investasi.

Buffett menuturkan, selama 60 tahun mengenal Munger tidak pernah bertengkar. “Charlie telah memberi saya hadiah terbaik yang bisa diberikan seseorang kepada orang lain. Ia menjadikan saya orang lebih bak dari pada sebelumnya. Ia memberi saya banyak nasihat bagus dari waktu ke waktu. Saya menjalani kehidupan lebih baik karena Charlie,” ujar dia.

Perpaduan pemikiran ini fokus pada investasi nilai. Saham yang dipilih karena harganya tampak terlalu rendah berdasarkan fundamental jangka panjang perusahaan.

"Semua investasi cerdas adalah investasi nilai, memperoleh lebih dari yang Anda bayarkan. Anda harus menghargai bisnis untuk menilai sahamnya,” kata Munger.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini