Sukses

Gemar Membaca, Miliarder Bill Gates Luncurkan Daftar Buku Favorit di 2023

Bill Gates sekali lagi menyambut musim liburan akhir tahun dengan daftar beberapa daftar buku favorit yang dibacanya selama setahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates sekali lagi menyambut musim liburan akhir tahun dengan daftar beberapa daftar buku favorit yang dibacanya selama setahun terakhir.

Pendiri Microsoft sekaligus miliarder itu dikenal dengan kegemarannya membaca. Gates diketahui telah membaca sekitar 50 buku setiap tahun dan secara teratur merilis daftar musiman yang merekomendasikan buku favoritnya.

Daftar liburan terbarunya juga mencakup serangkaian kuliah ekonomi online yang ia sebut “fantastis” dan lagu-lagu favorit.

"Saya menyukai musik liburan dan telah menyusun daftar beberapa lagu favorit - klasik dan modern, dari AS dan seluruh dunia," tulis Gates dalam postingan blognya, dikutip dari CNBC International, Selasa (21/11/2023).

Rekomendasi buku Gates dimulai dengan tiga buku non-fiksi yang menurutnya langsung terlintas dalam pikiran ketika ia mulai menulis daftarnya.

Berikut adalah daftar terbaru buku dan kuliah online favorit Bill Gates:

The Song of the Cell oleh Siddhartha Mukherjee

Mukherjee, penulis pemenang Hadiah Pulitzer dan ahli onkologi Universitas Columbia, menulis di buku ini tentang apa yang disebut Gates sebagai “bahan penyusun kehidupan” – sel yang membentuk semua organisme hidup.

Di satu sisi, "The Song of the Cell" adalah sejarah medis, yang mencakup penemuan sel pada tahun 1600-an dan bagaimana pemahaman masyarakat tentang sel telah berkembang seiring berjalannya waktu.

Buku yang diterbitkan tahun lalu ini juga memaparkan terobosan medis masa depan yang dapat dibuka oleh manipulasi seluler.

Buku ini akan membantu Anda lebih memahami tubuh Anda sendiri, khususnya apa artinya ketika Anda sakit, tulis Gates.

"(Mukherjee) memulai dengan menjelaskan bagaimana kehidupan berevolusi dari organisme bersel tunggal, dan kemudian dia menunjukkan bagaimana setiap penyakit manusia atau akibat penuaan disebabkan oleh masalah pada sel-sel tubuh," tulis Pendiri Microsoft Bill Gates.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

'Not the End of the World’ Tulisan Hannah Ritchie

"Setiap orang yang ingin berdiskusi mengenai perubahan iklim harus membaca buku ini," kata Gates.

Buku Not the End of the World, yang dijadwalkan terbit pada bulan Januari, adalah gambaran mendatang tentang bagaimana dunia benar-benar dapat memenangkan pertempuran melawan perubahan iklim dari ilmuwan data Universitas Oxford, Hannah Ritchie.

"(Penulisnya) dulu percaya seperti yang diyakini banyak aktivis lingkungan hidup, bahwa dia sedang 'hidup melalui periode paling tragis umat manusia," tulis Gates.

Namun dengan berpegang pada data, Ritchie menyadari bahwa, betapapun buruknya keadaan, manusia sebenarnya mengalami kemajuan dalam perjuangan melawan perubahan iklim.

"Dalam ‘Not the End of the World’, dia menggunakan data untuk menceritakan kisah yang berlawanan dengan intuisi yang bertentangan dengan skenario hari kiamat mengenai topik iklim dan lingkungan lainnya tanpa mengabaikan tantangan yang ada," tulis Gates.

3 dari 4 halaman

Invention and Innovation Tulisan Vaclav Smil

Vaclav Smil, seorang profesor emeritus ilmu lingkungan di Universitas Manitoba, adalah salah satu penulis favorit Gates.

Gates mengungkapkan dia telah membaca seluruh buku Smil yang berjumlah 44 buku, dan "tidak ada yang lebih baik dari Smil dalam menjelaskan masa lalu."

Dalam "Invention and Innovation" yang diterbitkan pada bulan Februari, Smil melihat contoh inovasi manusia sepanjang sejarah.

Dia menulis tentang penemuan-penemuan yang mengecewakan, atau bahkan terbukti membawa malapetaka. '

Ia juga menjelaskan apa yang terjadi dengan inovasi yang telah lama dijanjikan kepada manusia, namun belum terwujud; seperti produksi energi melalui fusi nuklir.

4 dari 4 halaman

Kuliah Ekonomi Online oleh Timothy Taylor

Gates telah lama menjadi penggemar Taylor, seorang ekonom lulusan Stanford yang menjabat sebagai redaktur pelaksana Journal of Economic Perspectives, yang berbasis di Macalester College.

Kini, dia merekomendasikan tiga rangkaian kuliah online Taylor yang tersedia untuk streaming di layanan berlangganan Wondrium.

"Anda tidak akan salah dengan ceramah Taylor," tulis Gates.

Ceramahnya, yang berjumlah 96 video masing-masing berdurasi sekitar 30 menit, membahas berbagai topik dalam lingkup ekonomi yang luas.

Seperti yang dijelaskan Gates: 'Ekonomi Global Baru' mengajarkan Anda tentang sejarah dasar perekonomian berbagai wilayah dan cara kerja pasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini