Sukses

Sheynnis Palacios Juara Miss Universe 2023, Apa Saja Hadiah yang Bakal Didapat?

Pemenang Miss Universe 2023 Sheynnis Palacios menggantikan Miss Universe 2022, R’Bonney Gabriel dari Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Sheynnis Palacios dari Nikaragua dinobatkan sebagai Miss Universe 2023 pada puncak kontes kecantikan tahunan yang berlangsung pada Sabtu malam, 18 November 2023 di San Salvador, El Salvador.

Dikutip dari CNN, Minggu (19/11/2023), pemenang kontes nasional dari 84 negara telah berkompetisi di Miss Universe 2023. Sejumlah juri pada ajang Miss Universe 2023 antara lain model Halima Aden, bintang Queer Eye Carson Kressley, influencer TikTok Avani Gregg dan dua mantan pemenang Miss Universe Janelle Commissioning dari Trinidad&Tobago (Miss Universe 1977) dan Iris Mittenaere of France (Miss Universe 2016).

20 semi-finalis diumumkan pada awal proses Sabtu malam menyusul hasil kompetisi pendahuluan (dan pemungutan suara penggemar global).

Setelah babak pakaian renang, jumlah peserta menjadi 10 peserta miss universe dengan tersingkirnya kontestan pertama “berlekuk” yang lolos ke semi final kontes tersebut, Miss Nepal. Serta kontestan pertama yang memilih burkini sebagai pakaian renang, Miss Pakistan.  Kemudian pada babak selanjutnya menyisakan tiga kontestan antara lain Palacios, Porsild dan runner up kedua Moraya Wilson dari Australia.

Ditanya di babak final siapa yang akan dia pilih untuk habiskan waktu sehari dalam hidupnya, Palacios memilih filsuf dan feminis dari Inggris abad ke-18 Mary Wollstonecraft yang menurut dia, mendobrak batasan dan memberi kesempatan kepada banyak perempuan. “Tidak ada batasan bagi perempuan saat ini,” ia menambahkan melalui penerjemah.

Adapun Sheynnis Palacios menggantikan Miss Universe 2022, R’Bonney Gabriel dari Amerika Serikat (AS).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadiah yang Bakal Diterima

Seiring hasil ajang kontes kecantikan tersebut, pemenang akan membawa pulang beberapa hadiah. Selain uang tunai dan mahkota Mouawad, sebuah permata ikonik bernilai USD 5 juta atau sekitar Rp 77,70 miliar (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.540). Selain permata, mahkota tersebut juga terbuat dari berlian dan emas.

Pemenang juga akan mendapatkan satu tahun komitmen miss universe, dan banyak tujuan dan sasaran yang mendukung partisipasinya dalam kontes. Pemenang pun akan mendapatkan gaji tahunan sekitar USD 250.000 atau sekitar Rp 3,88 miliar, demikian dikutip dari laman Marca.

Selain itu, miss universe juga akan memiliki akses ke produk-produk kelas satu antara lain make-up, perawatan kulit, pakaian eksklusif, perhiasan dan semua produk yang diperlukan untuk tampil sebagai ratu kecantikan dengan perjalanan keliling dunia.

Selain itu, pemenang juga akan bekerja sama dengan fotografer terbaik di dunia mode dan berpartisipasi dalam acara eksklusif serta pesta glamor.

3 dari 4 halaman

Terpilih Jadi Miss Universe 2023, Sheynnis Palacios Bawa Nicaragua Kali Pertama Juara Selama 72 Tahun

Sebelumnya diberitakan, dikutip dari Kanal Lifestyle Liputan6.com, malam penobatan Miss Universe 2023 baru saja berlangsung di San Salvador, El Salvador, Sabtu, 18 November 2012 waktu setempat atau Minggu (19/11/2023) waktu Indonesia. Sebanyak 84 kontestan dari berbagi negara berkompetisi memperebutkan gelar Miss Universe yang akhuirnya diraih Miss Nicaragua 2023, Sheynnis Alondra Palacios.

Di ajang puncak yang disaksikan oleh seluruh dunia ini Sheynnis Palacios berhasil mengungguli Miss Australia Moraya Wilson, dan Miss Thailand Antonnia Porsild yang masuk Top 3 Miss Universe 2023. Mahkota Miss Universe pun diberikana pemenang di tahun lalu, R'Bonney Gabriel dari Amerika Serikat dan dipakaikan ke kepala Miss Nicaragua.

Sheynnis pun membuat sejarah dengan menjadi Miss Universe pertama dari Nicaragua selama 72 tahun penyelenggaraan kontes kecantikan ini. Sheynnis berprofesi sebagai model dan presenter televisi. Ia merupakan lulusan Universidad Centroamericana dengan gelar sarjana jurusan komunikasi massa.

Wanita berusia 23 tahun ini tampil memukau di atas panggung dan lugas saat pertanyaan para juri Miss Universe 2023. Adapun Miss Thailand Anntonia Porsild meraih posisi runner-up 1 dan Miss Australia Moraya Wilson menjadi juara runner-up 2.

 

4 dari 4 halaman

Pakistan Kirim Perwakilan

Sebelumnya, mereka masuk Top 5 bersama Miss Kolombia dan Miss Puerto Riko. Sedangkan Top 10 juga diraih oleh Miss El Salvador, Peru, Filipina, Spanyol dan Venezuela.

Yang menarik, dilansir dari laman Hola! Minggu (18/11/2023), di tahun ini untuk kali pertama Pakistan mengirimkan perwakilannya. Hal ini dinilai membuat ajang kontes kecantikan sejagat ini makin inklusif dan beragam. Miss Pakistan Erica Robin bahkan berhasil menembus Top 20 atau 20 Besar. Sayangnya, wakil Indonesia, Fabienne Nicole Groeneveld gagal masuk 20 besar.

Dalam kontes Kostum Nasional yang digelar dalam rangkaian kompetisi Miss Universe 2023 di El Salvador, Kamis, 16 November 2023, waktu setempat, Fabienne Nicole, juga tampil di atas panggung. Ia memakai kostum nasional "Ratu Luhur" yang didalangi Bubah Alfian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.