Sukses

Rahasia Karir Panjang: Tukang Cukur Sukses dari Negara Bagian AS

Bob Rohloff tidak menyangka akan menemukan pekerjaan impiannya saat berusia 16 tahun dan bahwa ia akan tetap berada di karir yang sama selama sisa hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bob Rohloff tidak menyangka akan menemukan pekerjaan impiannya saat berusia 16 tahun dan bahwa ia akan tetap berada di karir yang sama selama sisa hidupnya.

Pria asal Wisconsin ini mulai memotong rambut pada tahun 1948. Belajar mencukur dibimbing oleh ayahnya, Erv, yang merupakan seorang tukang cukur. 

"Percaya atau tidak, kami menghasilkan banyak uang setiap minggu dan kami mendapatkan tip yang luar biasa banyak," kata Rohloff dikutip dari CNBC, Kamis (16/11/2023).

"Ditambah lagi, ayah saya sudah seperti sahabat saya, jadi bekerja dengannya sangat menyenangkan," tambahnya.

Masih di usia belasan tahun, Rohloff mengikuti pelatihan tukang cukur di Sekolah Menengah Kejuruan Appleton di Appleton, Wisconsin, yang berjarak 20 menit berkendara dari kampung halamannya, Black Creek.

Setelah lulus, Rohloff membuka dua toko di Wisconsin dan kemudian bekerja di Arizona selama 18 tahun.

Dia mencoba untuk pensiun ketika dia dan istrinya Marian tinggal di Arizona, tetapi ternyata tidak jadi pensiun, karena hanya beberapa bulan kemudian karena dia merindukan persahabatan dan percakapan di tempat pangkas rambut.

Ketika dia dan Marian pindah kembali ke Wisconsin pada tahun 2010, Rohloff mengambil pekerjaan di Hortonville Family Barbershop, tetapi dia selalu bermain-main dengan ide untuk membuka tokonya sendiri lagi.

Pada bulan Maret, Rohloff bertemu dengan Mark Karweick, seorang tukang cukur Wisconsin lainnya, yang memiliki keinginan yang sama untuk memiliki tempat pangkas rambut jadul dekorasi merah dan putih, dengan harga murah di negara bagian yang mereka sebut sebagai rumah.

Pada bulan Juni, keduanya membuka Bob's Old Fashioned Barbershop di Hortonville, Wisconsin.

Pada titik ini, Rohloff mengatakan bahwa ia tidak dapat membayangkan hidupnya tanpa bekerja di tempat pangkas rambut. "Saya terlalu senang untuk berhenti," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasihat Kariernya

Rahasia untuk karier yang panjang dan memuaskan adalah mengelilingi diri Anda dengan mentor yang tepat, kata Rohloff.

Dia banyak berterima kasih atas kesuksesannya kepada ayahnya, Erv, yang memperkenalkannya pada tukang cukur lain yang sedang merekrut, dan selalu memberikan nasihat yang jujur tentang "apa yang sebenarnya diperlukan untuk menjadi seorang tukang cukur, dan bagaimana saya dapat meningkatkan pekerjaan saya," tambahnya.

Erv juga mendorongnya untuk selalu mengikuti perkembangan gaya jenggot dan teknik pemangkasan terbaru, di antara keterampilan lainnya, sehingga ia dapat "tetap kompetitif dalam bisnis ini," kata Rohloff.

"Dia selalu mengatakan kepada saya, 'Anda akan mempelajari perdagangan ini dan mempertahankan lisensi Anda, dan jika Anda tidak melakukannya selamanya, saya tidak peduli, tetapi suatu hari nanti, Anda akan menyukai kenyataan bahwa Anda memiliki lisensi untuk melakukan ini dan memiliki karier yang dapat diandalkan jika Anda meninggalkan pekerjaan lain,'" kenang Rohloff.

Dalam hal menemukan mentor yang baik, Rohloff merekomendasikan untuk memulai dengan seseorang yang Anda kagumi di bidangnya, atau yang memiliki pengalaman lebih banyak dari Anda, kemudian lihat apakah mereka pendengar yang baik dan bersemangat untuk membantu orang lain.

Rohloff menghormati warisan dan dorongan dari ayahnya di Bob's Old Fashioned Barbershop.

"Kami saling bertukar teknik, dia selalu mengajari saya sesuatu yang baru," kata Karweick, 55 tahun, yang akan mengambil alih toko dari Rohloff ketika dia memutuskan untuk berhenti bekerja. "Ini sangat menyenangkan."

Mengenai apa yang akan dipikirkan Erv tentang putranya yang masih terus memotong rambut di usia 91 tahun, "Dia tidak akan mempercayainya," kata Rohloff. "Tetapi dia bekerja hingga usia 85 tahun, jadi saya pikir dia akan bangga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini