Sukses

Sambut Hari Pahlawan, KAI Obral Diskon Harga Tiket Kereta 25%

Dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan Promo Patriotrip. Promo ini menyediakan total 25.000-an tiket kereta api dengan potongan harga 25 persen.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menyambut Hari Pahlawan Nasional, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan Promo Patriotrip. Promo ini menyediakan total 25 ribuan tiket kereta api dengan diskon tiket kereta 25 persen.

Mengutip laman resmi PT KAI, Selasa (7/11/2023) diskon tiket kereta lewat promo Patriotrip berlangsung untuk pemesanan dari tanggal 8 s.d 10 November 2023. Adapun kententuan pemesanan tiket untuk keberangkatan kereta api tanggal 13 s.d 30 November 2023.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, Promo Patrioptrip ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan pada momen Hari Pahlawan. KAI berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk bepergian naik kereta api dengan tarif yang sangat terjangkau, katanya.

“Diharapkan melalui promo ini, mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” ucap Joni.

Tarif promo tersebut berlaku untuk kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Tiket promo tersebut dapat dibeli di seluruh channel resmi pemesanan tiket KAI kecuali di loket stasiun.

Daftar Rute Kereta Api

Berikut adalah daftar 29 rute kereta api yang tersedia dalam Promo Patriotrip :

  1. Ambarawa Ekspres (Surabaya Pasarturi – Semarang Poncol pp)
  2. Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasarturi pp)
  3. Argo Cheribon (Gambir – Cirebon/Tegal pp)
  4. Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp)
  5. Argo Merbabu (Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp)
  6. Argo Muria (Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp)
  7. Argo Sindoro (Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp)
  8. Baturraden Ekspres (Bandung – Purwokerto pp)
  9. Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Surabaya Gubeng pp)
  10. Tawang Jaya Premium (Pasar Senen - Semarang Tawang Bank Jateng pp11. Senja Utama YK (Pasar Senen – Yogyakarta pp)
  11. Kutojaya Utara (Jakarta Kota – Kutoarjo pp)
  12. Gajahwong (Pasar Senen – Lempuyungan pp)
  13. Banyubiru (Semarang Tawang Bank Jateng – Solo pp)
  14. Ciremai (Bandung – Semarang Tawang Bank Jateng pp)
  15. Jaka Tingkir (Pasar Senen – Purwosari pp)
  16. Jayakarta (Pasar Senen - Surabaya Gubeng pp)
  17. Kaligung (Semarang Poncol – Blitar pp)
  18. Kamandaka (Cirebon Prujakan – Semarang Tawang Bank Jateng pp)
  19. Tegal Bahari (Pasar Senen - Tegal pp)
  20. Lodaya (Bandung - Solo Balapan pp)
  21. Majapahit (Pasar Senen – Malang pp)
  22. Manahan (Gambir – Solo pp)
  23. Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp)
  24. Menoreh (Pasar Senen – Semarang Tawang Bang Jateng pp)
  25. Purwojaya (Gambir – Cilacap pp)
  26. Sawunggalih (Pasar Senen – Kutoarjo pp)
  27. Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp)
  28. Sribilah Utama (Medan – Rantauprapat pp)

Untuk informasi lebih lanjut terkait Promo Patriotrip, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tengok Kasus Kecelakaan Perlintasan Kereta Sebidang di Negara Lain, Indonesia Aman?

Kecelakaan di perlintasan kereta api sebidang terus menjadi perhatian. Dalam beberapa waktu terakhir sejumlah kecelakaan terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno membandingkan tingkat kecelakaan di perlintasan sebidang antar negara. Diantaranya, Indonesia, Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang.

Ini termasuk juga mengidentifikasi upaya untuk menekan angka kecelakaan di perlintasan sebidang tadi. Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia, telah terjadi 1.839 kecelakaan di perlintasan sebidang selama kurun waktu tahun 2018 - 2023 (Januari-Juli 2023).

Sebesar 86 persen diantaranya terjadi kecelakaan di perlintasan tidak dijaga. Total perlintasan sebidang dijaga 1.598 titik (43 persen). Total perlintasan sebidang tidak dijaga 2.095 titik (57 persen).

"Kecelakaan di perlintasan sebidang mayoritas melibatkan kendaraan roda dua. Tahun 2022 terdapat 292 kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang. Sebanyak 74 persen (196 kejadian) merupakan kecelakaan yang terjadi di jalan kabupaten," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin (6/11/2023).

Dalam kurun waktu yang sama, korban kecelakaan di perlintasan sebidang, korban kendaraan roda dua sebanyak 1.084 orang, kendaraan roda empat/lebih 747 orang, pejalan kaki 8 orang, totalnya 1.839 orang.

Data Pusat Kebijakan Keselamatan dan Keamanan Transportasi Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan per tahun 2023, di Amerika Serikat, tahun 2021 terdapat lebih dari 1.600 kasus tabrakan antara kendaraan dengan kereta barang dan komuter.

Kemudian hampir 500 tabrakan di perlintasan kereta transit pada tahun 2020 yang mengakibatkan 133 orang meninggal dan 644 orang luka-luka. Penanganannya dengan penghalang, tanda silang, lampu berkedip dan suara, penjaga.

 

3 dari 4 halaman

Kecelakaan di Eropa

Sementara itu, di Eropa, pada tahun 2018 persentase fatalitas kecelakaan pada perlintasan sebidang di negara-negara Uni Eropa adalah sebesar 29 persen dari semua total jumlah kecelakaan lalu lintas. Hampir 300 orang meninggal setiap tahun akibat kecelakaan pada perlintasan kereta api di Uni Eropa.

Kecelakaan pada perlintasan sebidang di Eropa dialami oleh mobil penumpang sebesar 45 persen, kemudian pejalan kaki sebesar 22 persen dan kendaraan berat sebesar 20 persen.

"Penanganannya dengan tanda peringatan (STOP), tanda silang, penghalang, sistem peringatan (lampu berkedip dan suara), obstacle detection, LCC by ATACS, GTCD dan aplikasi WAZE untuk evaluasi," papar Djoko.

Selanjutnya, di Jepang, perlintasan sebidang menyumbang sekitar 34 persen dari 615 kecelakaan di Jepang yang melibatkan pergerakan kereta yang tercatat selama tahun anggaran 2019. Dari 211 insiden, 52 terbukti fatal, dengan 55 orang kehilangan nyawa. Namun, data statistik tahun 1988-2014 terus menunjukkan penurunan tingkat kecelakaan perlintasan sebidang di Jepang.

"Penanganannya dengan penghalang otomatis/manual, alarm dan tanda tetap, dan penjaga," pungkas Djoko.

 

4 dari 4 halaman

Kecelakaan KA Argo Parahyangan

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI tak mau gegabah menentukan penyebab KA Argo Semeru anjlok di lintas Sentolo-Wates beberapa waktu lalu. Pasalnya, penyebab kecelakaan masih diinvestigasi oleh tim gabungan.

Sebelumnya, pihak kepolisian menduga adanya masalah pada bantalan rel kereta api yang membuat bidang rel tak sejajar atau miring. Namun, VP Public Relation KAI Joni Martinus tidak mengamini adanya dugaan tersebut.

"Dapat saya sampaikan bahwa penyebab kecelakaan KA sesuai dengan statement pak Dirut KAI saat di lokasi kejadian," ujarnya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (19/10/2023).

Joni menegaskan, terkait penyebab KA Argo Semeru anjlok masih harus didalami oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Kementerian Perhubungan, dan KAI.

"Bahwa masih dalam pemeriksaan dan menunggu hasil investigasi dari KNKT, Direktorat Keselamatan Perkeretaapian DJK Kemenhub, dan KAI," tegasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini