Sukses

Tingkatkan Layanan Digital di Indonesia, IBM Akuisisi Equine Global

Equine Global menjadi akuisisi pertama IBM yang berpusat di Indonesia, dan akuisisi kesembilan IBM pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta IBM pada 31 Oktober 2023 mengumumkan kesepakatan untuk mengakuisisi Equine Global, spesialis ERP dan penyedia layananan konsultasi cloud yang berbasis di Indonesia.

IBM mengungkapkan, akuisisi ini akan menambah sumber daya dan kemampuan perusahaan teknologi itu untuk membantu kliennya di Indonesia dalam memodernisasi bisnis inti, sambil terus meningkatkan transformasi hybrid cloud dan AI mereka.

Akuisisi Equine Global akan mendukung IBM untuk lebih cepat menerapkan rangkaian layanan inovatif dan solusi teknologi di pasar Indonesia.

"Pengumuman hari ini akan menambah kemampuan IBM dalam memenuhi kebutuhan klien di Indonesia yang meningkat untuk layanan digital. Kedekatan Equine Global dengan klien, aset lokal, dan pengalaman hybrid cloud akan menyokong IBM dalam membantu para klien untuk berinovasi dengan cepat, menggerakkan transftransformasi bisnis di Indonesia," kata Managing Partner Indonesia IBM Consulting, Deep Bhau dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Rabu (1/11/2023).

CEO Equine Global, Eko Heryanto menyampaikan; "Pengalaman kami yang mendalam dan relasi yang baik dengan sektor Layanan Keuangan, Industrial, dan Telekomunikasi di Indonesia, akan melengkapi kepakaran IBM dalam industri dan basis klien strategisnya. IBM bersama dengan Equine Global dapat menyediakan solusi hybrid cloud yang lebih luas, membangun solusi Next Gen Data dan membantu klien untuk mengaplikasikan AI berskala enterprise".

"Akuisisi ini merupakan momen penting dalam perjalanan kami untuk mendukung para pelanggan kami, dan kami bangga dapat bergabung dengan IBM untuk menyediakan solusi yang menjawab kebutuhan industri," tuturnya.

Equine Global menjadi akuisisi pertama IBM yang berpusat di Indonesia, dan akuisisi kesembilan IBM pada 2023.

Transaksi ini tunduk pada closing conditions yang biasa berlaku, jelas pihak IBM.

IBM lebih lanjut mengatakan, transaksi ini diharapkan akan closing pada kuartal keempat 2023.

Setelah closing transaksi, Equine Global akan bergabung dengan IBM Consulting, meningkatkan layanan transformasi bisnis IBM Consulting di kawasan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peluang di Indonesia

Sejak Arvind Khrisna resmi menjabat sebagai CEO IBM pada April 2020, perusahaan telah mengakuisisi lebih dari 30 perusahaan dalam langkah meningkatkan kapabilitas mereka pada teknologi hybrid cloud dan AI.

Indonesia pun menjadi pasar digital yang cukup luas, dan didukung oleh rancangan peta jalan Pemerintah untuk mencapai transformasi digital secara menyeluruh, yang mendorong pertumbuhan signifikan pada infrastruktur digital yang andal dan adopsi teknologi digital-khususnya dalam otomasi dan analitik untuk memperkuat produktivitas dan efisiensi.

IBM mengungkapkan, pasar Layanan TI di Indonesia diprediksi mencapai USD 9 miliar pada 2028, dan IDC memprediksi area penting pada investasi TI akan ada pada modernisasi infrastruktur, optimisasi aplikasi, dan produktivitas karyawan.

3 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Equine Global

Didirikan pada 2009, Equine Global terdiri dari empat perusahaan yang beroperasi dengan spesialisasi pada implementasi ERP, pengembangan aplikasi, dan manajemen data/analitik.

Tim profesional dengan kepakaran tinggi dari Equine Global akan bekerja dengan banyak perusahaan ternama di Indonesia agar berhasil mengadopsi teknologi yang baru dan kompleks, serta menawarkan strategi, implementasi, dan layanan yang akan membantu transformasi bisnis mereka.

Equine Global juga memiliki ekosistem partner yang luas untuk menjawab kebutuhan digital klien yang beragam, dengan praktik- praktik khusus yang mendukung aliansi jangka panjang dengan mitra-mitra seperti SAP, Oracle, AWS, Salesforce, Tableau, Informatica, Automation Anywhere, Fortinet, Trendmicro, Dell, dan IBM.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini