Sukses

BUMN Siap Danai Kabupaten yang Punya Program Pembangunan Berkelanjutan

PT Surveyor Indonesia (PTSI) selaku anggota holding BUMN jasa survei mengajak pemerintah kabupaten untuk berkolaborasi memenuhi pembangunan berkelanjutan

Liputan6.com, Jakarta PT Surveyor Indonesia (PTSI) selaku anggota holding BUMN jasa survei mengajak pemerintah kabupaten untuk berkolaborasi memenuhi pembangunan berkelanjutan, atau sustainable development goals (SDGs)

Direktur Utama PT Surveyor Indonesia M Haris Witjaksono mengatakan, PTSI telah melakukan penilaian terhadap program-program di level kabupaten yang dapat memenuhi unsur pembangunan berkelanjutan. Itu dilakukan bersama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD).

Harris menyampaikan, penilaian tersebut pun dapat mendorong pihak lain untuk ikut memberi bantuan dan mendanai program-program terkait. Termasuk melalui program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) yang kerap diadakan perusahaan BUMN.

"Ini bisa juga digunakan oleh badan-badan usaha, salah satunya BUMN dalam konteks program matching antara pemerintah kabupaten dan kota, serta target-target dalam penyusunan TJSL," ujar Harris di kantornya, Jakarta, Senin (30/10/2023).

"Artinya apa? Harapannya program TJSL kita bisa nyambung dengan program pemerintah kabupaten/kota, dan selanjutnya ini akan dimonitor capaiannya seperti apa," dia menambahkan.

Adapun untuk tahap penilaian, sebanyak 10 Kabupaten dari 103 Kabupaten lolos mengikuti penjurian I-SIM For Regencies. Mereka adalah Bandung, Bogor, Bantul, Gowa, Karo, Magelang, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, Temanggung, dan Sinjai.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Program Keberlanjutan

Dijelaskan Harris, I-SIM For Regencies merupakan gerakan inisiatif untuk mendukung keberlanjutan multistakeholders dalam mengelola aspek pembangunan berkelanjutan, lingkungan, sosial dan tata kelola, termasuk akselerasi pencapaian SDGs di tingkat kabupaten.

Melalui program ini, pemerintah kabupaten dapat mengungkapkan data dan mengukur capaian dalam akselerasi performa capaian tersebut.

"Di sinilah peran PT Surveyor Indonesia untuk memberikan inspirasi bahwa setiap unsur anak bangsa harus mampu memberikan kontribusi positif kepada perusahaan, masyarakat, dan negara. SDGs harus menjadi gerakan bersama," imbuh Harris.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini