Sukses

Harga Minyak Dunia Melompat Bisa Paksa Bank Sentral Eropa Kerek Suku Bunga Tambahan

Harga minyak dunia telah naik tajam pada bulan September, melewati ambang batas USD 90 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak dunia yang kerap naik menimbulkan dorongan bagi Bank Sentral Eropa (ECB) untuk kembali menaikkan suku bunga.

"Ini adalah salah satu faktor yang, Anda tahu, dapat mendorong inflasi lebih tinggi… inflasi akan lebih tinggi sehingga kita tidak dapat memenuhi target kita pada (2025), maka saya pikir kita harus berbuat lebih banyak,” kata Gubernur Bank Sentral Belgia Pierre Wunsch, dikutip dari CNBC International, Jumat (13/10/2023).

"Jika inflasi lebih tinggi dari perkiraan kami, tidak lebih dari sedikit, maka saya pikir kita harus berbuat lebih banyak," lanjutnya.

"Saya pikir hanya pemahaman kita terhadap dampak serangkaian guncangan saja yang berubah," ujar Wunsch, ketika ditanya apakah lonjakan harga minyak menandai perubahan dalam pendekatan ECB, yang sebagian besar anggotanya pada tahun 2021 menggambarkan inflasi yang didorong oleh pasar energi sebagai hal yang bersifat sementara.

Pengamatan dan pemodelan inflasi selama 23 tahun terakhir telah membuat para pembuat kebijakan percaya bahwa "inflasi yang berkelanjutan hampir mustahil dilakukan,” kata Wunsch dalam sebuah wawancara pada pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional di Marrakesh, Maroko.

"Jadi kami bersedia menghadapi banyak guncangan karena kami belum pernah melihat inflasi di atas 2 persen dalam jangka waktu yang lama. Kami telah melihatnya sekarang… Ini adalah cara kami memahami bahwa inflasi bisa lebih persisten dari yang kami perkirakan," tambah dia.

Seperti diketahui, harga minyak dunia telah naik tajam pada bulan September, melewati ambang batas USD 90 per barel untuk pertama kalinya sejak November 2022, sebelum turun sedikit.

Namun, potensi ketidakstabilan besar Harga minyak dunia kini menghantui pasar di tengah konflik Israel-Hamas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suku Bunga Tertinggi ECB

ECB pada bulan September menaikkan suku bunga acuannya ke rekor tertinggi, namun juga mengatakan bahwa mereka telah mencapai tingkat yang, jika dipertahankan dalam jangka waktu yang cukup lama, akan memberikan kontribusi besar terhadap kembalinya inflasi ke target tepat waktu.

Saat ini inflasi zona Euro diperkirakan akan mencapai rata-rata 5,6 persen tahun ini, 3,2 persen tahun depan, dan 2,1 persen dalam jangka menengah.

"Jika tidak ada guncangan tambahan yang tidak kita lihat akan terjadi, tentu saja kita akan selesai, itulah interpretasi saya terhadap keputusan pada bulan September," ungkap Gubernur Bank Sentral Portugal, Mario Centeno.

Sementara itu, gubernur bank sentral Austria, Robert Holzmann, memprediksi ECB dapat menerapkan satu atau dua kenaikan suku bunga lebih lanjut, jika ada guncangan tambahan terhadap perekonomian.

3 dari 4 halaman

Sesuai Prediksi, Kenaikan Harga Minyak Dunia Dampak Perang Hamas-Israel Hanya Sementara

 Harga minyak dunia kembali turun setelah naik lebih dari 4 persen pada sesi sebelumnya karena pasar mempertimbangkan potensi gangguan pasokan menyusul perang antara Israel dan Hamas.

Melansir CNBC International, Selasa (10/10/2023) harga minyak mentah Brent turun 18 sen atau 0,2 persen menjadi USD 87,97 per barel. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate AS turun 16 sen atau 0,2 persen menjadi USD 86,22 per barel.

Kedua benchmark tersebut telah menguat lebih dari USD 3,50 pada hari Senin di tengah berita konflik Israel-Hamas setelah jatuh tajam dalam perdagangan yang bergejolak minggu lalu.

Diwartakan sebelumnya, harga minyak dunia sempat naik 4 persen ketika konflik Israel-Hamas memasuki hari ketiga. Harga minyak berjangka Brent diperdagangkan 4,53 persen lebih tinggi sebesar USD 88,41 per barel pada hari Senin.

Sedangkan harga minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 4,69 persen menjadi USD 88,67 per barel.

Meskipun produksi minyak mentah Israel sangat sedikit, pasar khawatir jika konflik meningkat maka hal itu akan berdampak pada pasokan di Timur Tengah dan memperburuk defisit yang diperkirakan akan terjadi hingga sisa tahun ini.

Pelabuhan Ashkelon di Israel dan terminal minyaknya telah ditutup setelah konflik tersebut, menurut laporan sebuah sumber pada Senin (9/10).

Perang Israel dan Hamas juga berisiko menggagalkan upaya Amerika menengahi pemulihan hubungan antara Arab Saudi dan Israel dan peningkatan produksi yang terkait untuk tahun depan sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

4 dari 4 halaman

Jika Konflik Hamas dan Israel Menjalar ke Iran, Kenaikan Harga Minyak Dunia Tak Terbendung

Meskipun terjadi lonjakan harga minyak mentah, para analis yakin hal ini hanya terjadi secara spontan dan mungkin bersifat sementara.

"Agar konflik ini memiliki dampak yang bertahan lama terhadap pasar minyak, harus ada pengurangan pasokan atau transportasi minyak secara berkelanjutan," kata Vivek Dhar, direktur penelitian komoditas pertambangan dan energi di Commonwealth Bank.

"Jika tidak, seperti yang telah ditunjukkan oleh sejarah, reaksi positif terhadap harga minyak cenderung bersifat sementara dan mudah dikalahkan oleh kekuatan pasar lainnya,” tulis Dhar dalam catatan hariannya.

Diketahui, Israel sendiri memiliki dua kilang minyak dengan kapasitas gabungan hampir 300.000 barel per hari.

Tetapi menurut Administrasi Informasi Energi A.S., negara itu hampir tidak memiliki produksi minyak mentah dan kondensat. Hal serupa juga terjadi pada wilayah Palestina yang tidak menghasilkan minyak, menurut data dari EIA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.