Sukses

Formasi CPNS 2023 Diumumkan Hari Ini 16 September 2023, Begini Cara Ceknya

BKN mengatakan rincian formasi CPNS yang dibuka akan diinformasikan melalui pengumuman masing-masing instansi mulai hari ini, 16 September 2023

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan membuka pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) atau seleksi CPNS pada 17 September 2023, besok. Lantas, apa saja formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS 2023 ini?

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan mengatakan rincian formasi CPNS yang dibuka akan diinformasikan melalui pengumuman masing-masing instansi.

"Untuk formasi akan diumumkan oleh masing-masing instansi tanggal 16 September," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (16/9/2023).

Secara umum, Nur Hasan menyebut kategori yang dibuka adalah CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Pada seleksi kali ini pemerintah membuka seleksi untuk CPNS & PPPK yang informasi lengkapnya dapat dilihat pada pengumuman masing-masing instansi," urainya.

Pendaftaran Mulai Besok

Perlu dicatat, pendaftaran sudah mulai bisa diakses mulai 17 September 2023, besok.

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan mengatakan pelamar sudah bisa mengakses portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) mulai Minggu, 17 September 2023.

"Mulai 17 September pelamar sdh bisa melakukan pendaftaran seleksi CASN pada portal SSCASN," kata dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Sabtu (16/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Cek

Sebelumnya, Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 baik CPNS 2023 maupun PPPK akan segera dimulai pada 17 September hingga 6 Oktober 2023. Sejauh ini, belum ada pengumuman dari BKN ataupun Kementerian PANRB mengenai penundaan jadwal pendaftaran CPNS 2023.

Pemerintah pada tahun ini akan membuka rekrutmen CPNS 2023 sebanyak 572.496 formasi. Jumlah tersebut terbagi dari beberapa formasi CPNS 2023 diantaranya 78.862 formasi untuk 72 instansi pemerintah pusat dan 493.634 formasi untuk pemerintah daerah.

Sebelum mendaftar, calon pelamar CPNS 2023 dan PPPK sebaiknya memperhatikan dulu formasi CPNS dan PPPK yang dibuka oleh instansi pemerintah.

Hal ini untuk menyesuaikan latar belakang pendidikan calon pelamar CPNS dan posisi apa yang dibutuhkan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS 2023 dan PPPK.

Untuk mengetahuinya, bisa mengunjungi website Sscasn BKN.

Cara Cek Formasi CPNS 2023 di SSCASN BKN

  • Kunjungi website https://sscasn.bkn.go.id
  • Kemudian klik '"Info Lowongan"
  • Selanjutnya, Buka "Simulasi Pemilihan" dan isi kolom sesuai dengan kebutuhan
  • Jenis Pengadaan: (CPNS)
  • Instansi: (Disesuaikan dengan pilihan pendaftar)
  • Tingkat Pendidikan: (Lulusan Terakhir)
  • Pendidikan: (Jurusan)Klik tombol "Cari"
  • Terakhir, formasi yang dibuka akan muncul sesuai jurusan masing-masing

 

3 dari 4 halaman

Ada Proses Baru di Seleksi CPNS 2023, Apa Itu?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan proses baru seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 yaitu CPNS 2023 dan PPPK 2023 dengan menggunakan meterai elektronik demi mengurangi potensi penyalahgunaan dan pelanggaran.

"Tahun ini kami menggunakan meterai elektronik yang akan dikoordinasikan oleh Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia) sehingga dapat mengurangi penyalahgunaan meterai yang telah digunakan dan potensi pelanggaran terhadap Undang-Undang Bea Meterai," kata Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN dikutip dari Antara, Jumat (15/9/2023).

Berbeda dari seleksi tahun sebelumnya, pada seleksi CPNS 2023 dan PPPK, Panselnas memutuskan penggunaan meterai elektronik guna kelengkapan dokumen dalam proses seleksi dengan pengadaan meterai elektronik bekerja sama dengan Peruri.

Implementasi meterai elektronik dilakukan untuk mengurangi potensi penyalahgunaan pemakaian kembali. Di mana satu meterai digunakan untuk beberapa dokumen berbeda karena penggunaan meterai diatur dalam perundang-undangan, maka dalam penggunaannya perlu diawasi lebih lanjut.

"Penggunaan meterai elektronik telah terintegrasi dengan SSCASN sehingga dinilai lebih siap dibanding tahun sebelumnya. Peruri menyediakan layanan 'helpdesk' yang siap 24 jam sehingga bisa membantu calon peserta dalam menjawab pertanyaannya," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Pendaftaran CPNS Mulai Besok

Pembukaan seleksi CASN 2023 dimulai dari pendaftaran tanggal 17 September 2023. Sebelum dibuka pendaftaran, maka akan ada pengumuman formasi dari masing-masing instansi pemerintah pada 16 September 2023.

Peserta dapat mengunjungi "website SSCASN 2023" dalam memantau perkembangan proses seleksi. BKN memfasilitasi portal ASN Karier di mana di dalamnya terdapat berbagai informasi terkait tugas dan tanggung jawab hingga informasi pendapatan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.