Sukses

Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara Kerja

TikTok penuh dengan saran tentang bagaimana cara untuk melakukan wawancara kerja dengan baik,tetapi tidak semua tips itu sebenarnya ide yang bagus

Liputan6.com, Jakarta TikTok penuh dengan saran tentang bagaimana cara untuk melakukan wawancara kerja dengan baik,tetapi tidak semua tips itu sebenarnya ide yang bagus, kata beberapa perekrut.

Adalah hal yang cerdas untuk mempersiapkan pertanyaan untuk pewawancara ketika mereka pasti akan menanyakannya.

Namun, satu pertanyaan yang sering dilontarkan sebagai cara untuk menonjolkan diri Anda bisa jadi akan mengakhiri wawancara Anda sebelum waktunya.

"Ketika Anda mengajukan pertanyaan di akhir wawancara dan bertanya kepada pewawancara, "Apakah Anda ragu dengan pencalonan saya?" Itu adalah saran yang paling buruk," kata Farah Sharghi dikutip dari CNBC, Selasa (19/9/2023).

Dia telah melakukan lebih dari 10.000 wawancara di perusahaan-perusahaan seperti Google, Lyft, dan TikTok. "Jangan lakukan itu."

Pertama-tama, kata Sharghi, Anda tidak selalu tahu apakah orang yang mewawancarai Anda akan membuat keputusan perekrutan, apalagi keputusan akhir, untuk posisi tersebut.

Saat Sharghi menjadi perekrut di Google, misalnya, kandidat diwawancarai oleh anggota komite perekrutan, yang kemudian akan memberikan umpan balik kepada orang yang membuat keputusan perekrutan, dan itu tidak selalu orang yang mengelola peran tersebut.

Bertanya kepada orang yang tidak melakukan perekrutan mengapa Anda mungkin tidak bisa dipekerjakan menunjukkan ketidaktahuan tentang cara kerja proses wawancara, kata Sharghi.

"Anda menempatkan seseorang yang akan ditempatkan pada posisi yang sangat tidak nyaman," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timbulkan Keraguan

 

Kedua, dan yang paling penting, mengajukan pertanyaan seperti ini dapat menimbulkan keraguan terhadap kualifikasi Anda yang sebenarnya sangat baik.

"Jika saya menyebutkan 'gajah merah muda,' apa yang langsung Anda pikirkan? Anda memvisualisasikan gajah merah muda di kepala Anda," jelas Sharghi. Jadi, "ketika Anda mengajukan pertanyaan ini, 'Apakah Anda memiliki keraguan tentang pencalonan saya? Mungkin si pewawancara berpikir, 'Yah, saya sebenarnya sangat menyukai orang ini, tapi sekarang Anda telah membuat saya ragu-ragu."

Hal itu saja sudah bisa membuat pewawancara berpikir, "Mungkin saya harus ragu untuk mempekerjakan orang ini" atau "Coba saya pikirkan alasan-alasan negatif mengapa kita tidak boleh mempekerjakan orang ini," kata Sharghi.

"Mengapa Anda mengarahkan seseorang untuk mengatakan tidak? Jangan lakukan ini. Biarkan mereka mengatakan ya," katanya.

3 dari 3 halaman

Lalu, Apa yang Harus Ditanyakan?

Sebaliknya, ajukan pertanyaan yang bisa membuat Anda fokus pada kekuatan Anda, bukan pada kekurangan Anda.

Mantan profesional HRD, Natalie Fisher, mengatakan bahwa satu pertanyaan yang selalu ia sampaikan kepada orang-orang yang diwawancarainya adalah, "Jika karyawan baru ini bisa mencapai satu hal yang membuat Anda kagum, apakah itu?"

Setelah pewawancara menjawab dengan tugas tersebut, sebutkan apakah Anda pernah mencapai tujuan yang sama dalam pengalaman Anda. Jika belum, Anda bisa menjawab dengan pertanyaan lanjutan yang menunjukkan antusiasme Anda untuk mewujudkannya, dan jelaskan mengapa Anda memiliki kemampuan tersebut.

Jika dilakukan dengan baik, kata Fisher, klien mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan ini telah membantu mereka mendapatkan tawaran saat itu juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini