Sukses

Heboh Presiden AS Joe Biden Dimakzulkan, Intip Jumlah Kekayaannya 

Presiden AS Joe Biden tengah menjadi perbincangan masyarakat Amerika Serikat (AS), setelah Ketua DPR AS Kevin McCarthy mengumumkan bahwa para anggota akan meluncurkan penyelidikan pemakzulan

Liputan6.com, Jakarta Joe Biden tengah menjadi perbincangan masyarakat Amerika Serikat (AS), setelah Ketua DPR AS Kevin McCarthy mengumumkan bahwa para anggota akan meluncurkan penyelidikan pemakzulan terhadap Presiden AS Joe Biden tersebut.

Penyelidikan itu untuk menginvestigasi tuduhan terhadap Presiden AS bahwa dia menerima keuntungan dari kesepakatan bisnis putranya, Hunter Biden, dengan pihak asing.

"Tuduhan-tuduhan ini menggambarkan sebuah budaya korupsi," kata McCarthy kepada wartawan seperti dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (13/9/2023).

"Kami tahu catatan perbankan menunjukkan bahwa pembayaran senilai hampir USD 20 juta dikirim ke anggota keluarga Biden dan rekan-rekannya melalui berbagai perusahaan cangkang,” sebutnya.

Selain itu, McCarthy juga menuduh Biden menggunakan jabatannya untuk mengoordinasikan koneksi-koneksinya dan menerima perlakuan khusus dari pemerintahannya sendiri.

Kekayaan Joe Biden

Tak hanya perannya sebagai presiden, beberapa media juga menyoroti kekayaan yang dikantongi Joe Biden.

Menurut laporan majalah bisnis Forbes, Presiden AS dari Partai Demokrat itu memiliki sejumlah properti yang tersebar di beberapa kota di AS.

Kekayaan Presiden Biden diperkirakan sebesar USD 10 juta atau setara Rp. 153,3 miliar, naik dari USD 8 juta ketika dia resmi menjabat.

Mengutip Forbes, Kamis (14/9/2023) Presiden AS Joe Biden mengumpulkan kekayaannya dari bisnis di sektor real estat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Rumah Mewah Joe Biden

Laporan majalah itu mengatakan bahwa Joe Biden memiliki dua rumah di Delaware yang nilainya diperkirakan mencapai USD 7 juta atau Rp. 107,4 miliar.

Joe Biden juga memiliki rumah musim panas seluas 4.800 kaki persegi di Pantai Rehoboth, bernilai sekitar USD 4,5 juta atau Rp. 69 miliar.

Diketahui, Joe Biden membeli rumah tersebut pada tahun 2017, tahun ketika ia menyelesaikan jabatan wakil presiden AS dan memperoleh penghasilan senilai USD 11,1 juta (Rp. 170,4 miliar) yang sebagian dihasilkan dari penjualan buku.

Di rumah musim panas itu, terdapat fasilitas kolam renang yang diperkirakan bernilai USD 75.000.

Selama pandemi, pembeli rumah di AS berbondong-bondong ke properti yang lebih besar dengan fasilitas luar ruangan seperti milik Joe Biden, berjarak hanya tujuh menit dari pantai yang dipenuhi jalur bersepeda.

Meningkatnya minat di AS mendorong harga rumah musim panas Joe Biden bernilai sekitar USD 4,5 juta (Rp. 69 miliar), USD 1,7 juta lebih mahal dari harga awalnya.

 

3 dari 3 halaman

Rumah Lainnya

Adapun rumah milik Joe Biden lainnya di kawasan Greenville, Wilmington.

Saat dibeli, rumah tersebut awalnya hanya sebidang tanah, yang dibeli Presiden AS seharga USD 350.000 pada tahun 1996, kemudian menjadi pondok seluas 1.900 kaki persegi pada tahun 2005.

Selama bertahun-tahun, aset tersebut adalah aset Biden yang paling mahal, dan dia membiayai kembali aset tersebut berulang kali hingga tahun 2017.

Saat ini properti tersebut bernilai sekitar USD 2,5 juta (Rp. 38,3 miliar) USD 700,000 lebih mahal dibandingkan dua tahun lalu.

Jika digabungkan, dua rumah Biden menghasilkan sekitar dua pertiga dari kekayaan pribadinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini