Sukses

Pelamar Kerja Perhatikan 2 Hal Paling Dicari Bila Bekerja Jarak Jauh

Hal ini karena pekerjaan jarak jauh “memiliki tantangan tersendiri” bagi perusahaan, meskipun pekerjaan ini populer di kalangan karyawan.

Liputan6.com, Jakarta Mencari kandidat karyawan untuk bekerja dari mana saja atau work from anywhere tentu tidak mudah. Namun, CEO asal Amerika Serikat (AS) satu ini punya caranya.

Ketika Juliana Chan memutuskan untuk mengambil alih perusahaan sepenuhnya, beberapa manajer menghubungi dan mempertanyakan kebijakannya untuk membolehkan bekerja jarak jauh.  “Anda sangat berani untuk bekerja dari jarak jauh,” kenang dia mengutip pernyataan para manajer.

“Mereka tidak salah,” kata Pendiri dan CEO Wildtype Media, sebuah perusahaan komunikasi media yang berfokus pada STEM ini.

Hal ini karena pekerjaan jarak jauh “memiliki tantangan tersendiri” bagi perusahaan, meskipun pekerjaan ini populer di kalangan karyawan.

Bagi Chan, tantangan dimaksud seperti memberikan kebebasan karyawan, kemungkinan adanya miskomunikasi karena kurangnya isyarat non-verbal, dan masalah privasi data.

Meskipun demikian, “naluri” Chanlah yang memberitahunya bahwa inilah saatnya untuk menerima “masa depan dunia kerja”.

“Sewa kantor kami akan berakhir pada Agustus 2023, dan saya merasa dana tersebut kurang dimanfaatkan setelah meninjau penggunaan kantor tersebut selama tiga tahun terakhir,” tutur dia.

“Selain itu, saya belum pernah melihat satu orang pun yang mengeluh tentang kebijakan kerja jarak jauh kami… selama peninjauan kinerja, karyawan selalu menyampaikan kepada saya betapa bersyukurnya mereka karena tidak harus menghadapi kemacetan lalu lintas dan bepergian setiap hari.”

Saat ini, Chan mengelola tim beranggotakan 20 orang — yang berbasis di Singapura, Malaysia, Filipina, dan India — dengan 30 hingga 40 pekerja lepas tetap di seluruh dunia.

Pekerja jarak jauh yang ‘sangat kuat’

Ketika dia menulis postingan di LinkedIn tentang mengambil alih perusahaannya, Chan mengatakan dia menerima banyak pesan dari pelamar kerja yang menanyakan kemungkinan peran.

Meskipun hal ini mengejutkan para pengusaha, data terbaru menunjukkan bahwa permintaan akan pekerjaan jarak jauh tetap tinggi meskipun perusahaan membatalkan inisiatif fleksibilitas.

Jutaan pekerja ingin bekerja di mana saja dan kapan saja, namun ketika harus mempekerjakan pekerja jarak jauh yang baik, Chan mengatakan bahwa dia menjadi “jauh lebih canggih” dalam prosesnya.

“Pekerja jarak jauh yang berpotensi kuat bisa menjadi pilihan yang sangat berbeda dari pekerja tatap muka yang kuat,” jelasnya.

“Jenis perilaku tatap muka yang secara tradisional merupakan kunci kesuksesan di lingkungan kantor mungkin tidak lagi menjadi masalah di lingkungan kantor yang terpencil, jadi saya tidak dapat berasumsi bahwa kesuksesan di masa lalu (secara langsung) akan berdampak pada kesuksesan di masa depan (jarak jauh).”

Menurut Chan, dua sifat berikut menjadikan “pekerja jarak jauh menjadi kuat”:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Kriteria

1. Komunikator virtual yang hebat

Meskipun sudah cukup jelas bahwa pekerja jarak jauh harus bisa berkomunikasi dengan baik secara virtual menggunakan aplikasi, seperti Slack, email, atau Zoom, Chan mengatakan bahwa berdasarkan pengalamannya, tidak semua orang bisa bekerja dengan baik di departemen tersebut.

“Mereka mungkin ‘menghilang’ dan bertindak seolah-olah tidak pernah menjadi bagian dari perusahaan,” tambahnya.

“Mereka tidak boleh berpartisipasi dalam percakapan virtual, berusaha menciptakan percakapan 1:1 atau menginvestasikan energi dan waktunya untuk menciptakan hubungan profesional yang kuat dengan rekan satu tim virtual mereka.”

Chan menekankan bahwa komunikator virtual yang baik juga harus bisa “meminta bantuan dan melaporkan masalah sendiri”.

“Meskipun kebanyakan orang ingin bekerja secara fleksibel, tidak semua orang cocok untuk itu. Kita semua memiliki tipe kepribadian dan tingkat pengalaman profesional yang berbeda, dan kebutuhan kita pada berbagai tahap karier juga sangat berbeda,” tambahnya.

2. Akuntabel

Agar kerja jarak jauh bisa efektif, karyawan juga harus bertanggung jawab penuh atas kinerja mereka, kata Chan.

“Ini adalah sebuah terobosan: jika semua orang setuju untuk bertanggung jawab sepenuhnya tim berkinerja tinggi yang belum pernah bertemu rekan kerja jarak jauh dalam kehidupan nyata dapat diciptakan, dan mereka beroperasi hampir secara mandiri.”

Seorang pekerja jarak jauh yang tidak akuntabel tidak akan bisa dihubungi selama berjam-jam atau bahkan sepanjang hari, “melewatkan tenggat waktu tetapi tidak menyampaikan perubahan rencana kepada atasannya,” tambah Chan.

“Meskipun hal ini juga merupakan masalah di lingkungan kantor, masalah ini menjadi lebih parah jika terjadi di lingkungan terpencil karena tidak ada seorang pun (bahkan supervisor) yang dapat mengetahui masalah tersebut.”

Meskipun “pemain tim” dan komunikator yang baik sangat dihargai dalam pekerjaan jarak jauh, “pekerja keras” mungkin tidak akan membuahkan hasil, kata Chan.

Meskipun perusahaannya sekarang sepenuhnya terpencil, Chan mengatakan dia tetap menjadi “pendukung besar” pertemuan tatap muka dan percaya bahwa perusahaan perlu melakukan upaya yang disengaja untuk menjaga keterlibatan karyawan.

“Manusia mendambakan kontak fisik dan interaksi – segala sesuatu yang hilang dalam pandemi Covid-19,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini