Sukses

Jadi Pemilik Manchester United, Simak Sederet Rencana Besar Sheikh Jassim

Pemilik Manchester United (MU), keluarga Glazer, akhirnya mau menerima tawaran 6 miliar pounds atau Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani

Liputan6.com, Jakarta Manchester United dipastikan akan mendapat dana segar pada akhir tahun ini. Ini dikarenakan pemilik MU, keluarga Glazer, akhirnya mau menerima tawaran 6 miliar pounds atau Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani untuk mengambilalih Manchester United.

Seperti dilansir Metro, Sheikh Jassim bakal melakukan proses pengambil alihan klub. Kabarnya, bankir asal Qatar ini akan mengambil alih MU secara total pada Oktober nanti.

Kabar ini jelas melegakkan. Soalnya, masalah penjualan Man Utd sudah berlarut-larut hingga sembilan bulan sejak terakhir kali diumumkan penjualan pada November 2022 lalu.

Sejak saat itu, dua calon investor bersaing yaitu Sir Jim Ratcliffe dan Sheikh Jassim. Ratchlife disukai Joel dan Avram Glazer karena memungkinkan Keluarga Glazer masih punya sahan, sedangkan Jassim ambil 100 persen saham kepemilikan MU.

Inilah yang membuat proses penjualan Manchester United berlarut-larut. Keluarga Glazer sempat tak rela lepas MU sepenuhnya dan ini membuat marah fans.

Untunglah kesepakatan akhirnya tercapai. Keluarga Glazer sudah rela melepas Manchester United sepenuhnya dan bakal mendapatkan Rp 116 Triliun dari Sheikh Jassim.

Rencana Besar Sheikh Jassim

Diberitakan sebelumnya, di awal masa kepemilikannya, akan menyediakan dana besar untuk meningkatkan Old Trafford dan kompleks pelatihan Carrington.

Tidak hanya itu, sebelumnya, Jassim juga berencana merekrut Neymar dari PSG. Hanya saja, Neymar saat ini sudah berlabuh ke klub Arab Saudi, Al Hilal. 

Kendati begitu, MU masih berkesempatan merekrut Kylian Mbappe tahun depan. Hal ini bukan sesuatu yang mustahil, mengingat Mbappe sendiri sudah menyatakan dirinya bakal bertahan di PSG saat melakukan selebrasi usai mencetak gol di laga pekan kedua Ligue 1 kontra Toulouse.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, Calon Pemilik Baru Manchester United

Bicara mengenai Sheikh Jassim berikut profil bankir dari Qatar ini yang dikutip dari berbagai sumber:

Mengutip dari Arabian Business dalam laporan Juni 2023, Sheikh Jassim Bin Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al-Thani merupakan salah satu tokoh terkemuka di industri perbankan. Saat ini Sheikh Jassim menjabat sebagai chairman Qatar Islamic Bank. Ia juga termasuk anggota keluarga Kerajaan Qatar.

Ia lahir pada 1982, sama seperti awal berdirinya Qatar Islamic Bank. Bank tersebut pun menjadi bank syariah terbesar keempat di dunia.

Anak dari mantan Perdana Menteri, Hamad Bin Jassim Bin Jaber Al Thani menyelesaikan pendidikan di Inggris, tepatnya di Royal Military Academy, Ia lulus sebagai perwira.

3 dari 3 halaman

Pengambilalihan Melalui Nine Two

Sheikh Jassim juga telah memimpin delapan bisnis yang berbeda dan menjadi dewan direksi di tujuh Perusahaan lainnya. Bahkan ia menjadi investor terkemuka di London selama bertahun-tahun. Sebelum menjadi bankir, ia pernah menjadi direksi di Credit Suisse.

Mengenai kekayaan Sheikh Jassim belum diketahui jelas. Akan tetapi, kekayaan keluarganya diperkirakan 275 miliar pound sterling, menurut laporan Manchester Evening News.

Sheikh Jassim mengajukan penawaran Manchester United melalui yayasannya, Nine Two. Nama yayasan itu sebagai penghomatan kepada pemain Manchester United angkatan 1992 yakni David Beckham, Nicky Butt, Gary Neville dan Paul Scholes.

Melalui pernyataan tertulis terkait penawaran tersebut, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani mengkonfirmasi pengajuan tawaran 100 persen saham Manchester United.

“Tawaran ini bertujuan untuk mengembalikan klub ke kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan, dan yang terpenting akan berusaha untuk menempatkan penggemar di jantung Manchester United sekali lagi,” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.