Sukses

Dukung 45 Ribu UMKM di Dunia, Coca-Cola Foundation Gandeng Platform Pinjaman Mikro Kiva

The Coca-Cola Foundation baru-baru ini mengumumkan dukungannya untuk inisiatif Change Make Her, sebuah kemitraan baru yang terjalin selama lima tahun dengan organisasi pinjaman mikro nirlaba Kiva.

Liputan6.com, Jakarta The Coca-Cola Foundation mengumumkan dukungannya untuk inisiatif Change Make Her yang dibangun bersama dengan organisasi pinjaman mikro nirlaba Kiva. Kemitraan ini bertujuan memperluas akses keuangan bagi para wirausahawan yang kurang terwakili di seluruh dunia.

Kiva dikenal berkat platform pinjamannya yang memiliki jangkauan global. Melalui pendanaan mikro berbasis crowdfunding, platform ini menyediakan cara yang sederhana untuk menghubungkan antara pemberi pinjaman dengan peminjam. Pendekatan ini terbukti efektif dalam memberikan pinjaman kepada individu yang tidak memiliki akses terhadap layanan perbankan komersial.

Selama jangka waktu lima tahun mendatang, ‘Change Make Her’ akan menyediakan dana pinjaman berkelanjutan bagi para wirausahawan di kawasan Asia Tenggara, Pasifik Selatan, Afrika, Amerika Latin, dan Eropa.

Fokusnya akan mencakup beragam bidang yang memiliki dampak besar, seperti pertanian berkelanjutan, ketahanan terhadap perubahan iklim, pengelolaan air, serta perdagangan ritel.

Presiden The Coca-Cola Foundation Saadia Madsbjerg, menyatakan bahwa dana yang dipinjam akan dikembalikan ke dana asal, sehingga memungkinkan dana tersebut untuk dipinjam dan kembali dipinjamkan kepada peminjam lain di seluruh dunia.

Mekanisme ini diharapkan dapat meningkatkan volume pinjaman dari dana hibah sebesar USD 1,1 juta pada tahun 2023 menjadi USD 4,5 juta pada tahun 2028.

"Kami sangat senang dapat mengumumkan kemitraan baru kami dengan Kiva, yang melampaui konsep donasi konvensional," kata Madsbjerg dalam keterangan tertulis, Selasa (22/8/2023).

"Dengan bergabung bersama para pemberi pinjaman dan mitra yang mempunyai pandangan yang sama dengan kami di seluruh dunia, dana melalui inisiatif Change Make Her ini akan memungkinkan kami untuk memberikan pinjaman, dan meminjamkan kembali, kepada ribuan orang lainnya," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

80% ke Perempuan

Selama lebih dari 17 tahun, Kiva telah menyalurkan lebih dari USD 2 miliar kepada 4,7 juta peminjam di seluruh dunia, sebuah jumlah yang melampaui platform crowdfunding lainnya.

Lebih dari 80% pinjaman Kiva telah disalurkan kepada perempuan, dengan tingkat pengembalian mencapai 96%. Di Indonesia, Kiva telah memfasilitasi pinjaman sebesar lebih dari USD 15 juta kepada lebih dari 43.000 peminjam di seluruh penjuru tanah air.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi Kiva untuk dapat berkolaborasi dengan The Coca-Cola Foundation dalam memperluas upaya kami untuk meningkatkan akses keuangan melalui pinjaman yang mampu mengubah hidup," ungkap CEO Kiva Vishal Ghotge.

"Bersama-sama, kami dapat melayani lebih banyak lagi individu dibandingkan jika kami melakukannya sendiri. Hal ini menggambarkan kekuatan kolektif yang muncul dari kemitraan yang terjalin dengan organisasi yang sejalan dengan nilai-nilai kami," tambah dia.

 

3 dari 3 halaman

Pemberdayaan Ekonomi di Dunia

Selama empat dekade terakhir, The Coca-Cola Foundation telah mendukung berbagai program pemberdayaan ekonomi di seluruh dunia, termasuk program ‘5by20’ yang telah berlangsung selama satu dekade.

Program ini, yang dilaksanakan bersama dengan The Coca-Cola Company dan para mitra pembotolan, telah berhasil memberdayakan lebih dari 6 juta perempuan.

Melalui program Change Make Her, para karyawan Coca-Cola dapat membantu menyalurkan pinjaman Kiva kepada para wirausahawan dan ikut terlibat secara langsung dalam mendukung misi The Coca-Cola Foundation. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang platform Kiva, kunjungi www.kiva.org.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.