Sukses

Kisah Calon Presiden AS Vivek Ramaswamy, Imigran India Sukses Jadi Miliarder

Kisah Vivek Ramaswamy, calon presiden dari Partai Republik yang akan bertarung dalam pemilihan presiden tahun 2024 dan bagaimana ia bisa sekaya sekarang

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik yang akan bertarung dalam pemilihan presiden tahun 2024, menyampaikan argumennya untuk menyatukan bangsa yang terpecah belah. Rahasianya, Vivek Ramaswamy menegaskan adalah apple-pie: kapitalisme.

"Baik Demokrat maupun Republik, kita cenderung lebih bangga dengan suatu negara ketika kita semua menghasilkan lebih banyak uang di negara tersebut," katanya kepada sekitar 100 pengunjung yang sedang menikmati sandwich kalkun dan minuman diet.

"Kita tidak perlu menyalahkan diri kita sendiri karena kapitalisme. Berhentilah meminta maaf atas kapitalisme. Kita harus merangkul kapitalisme," tambah dia.

Pada usia 38 tahun, investor bioteknologi dan pejuang "anti-kapitalisme" ini memiliki kekayaan lebih dari USD 950 juta.

Kekayaan bersihnya mencapai lebih dari USD 1 miliar atau Rp15,3 triliun sekitar seminggu yang lalu (dengan estimasi kursr 15.323 per dolar AS).

Ini membuatnya menjadi salah satu dari 20 miliarder termuda di negara ini, sebelum penurunan pasar menariknya tepat di bawah ambang batas miliaran dolar, menurut perhitungan Forbes, Rabu (23/8/2023).

Meski begitu, ia tampaknya merupakan orang terkaya kedua yang bersaing dalam pemilihan pendahuluan calon presiden dari Partai Republik.

Dia hanya di belakang Donald Trump (yang kekayaan bersihnya terakhir kali dipatok oleh Forbes sebesar USD 2,5 miliar atau Rp38,3 triliun).

Kekayaan Ramawamy berasal dari perusahaan pengembangan obat bernama Roivant Sciences, yang go public pada tahun 2021. Sahamnya naik hampir 40% tahun ini, meningkatkan nilai 10% saham Ramaswamy menjadi sekitar USD 600 juta atau Rp9,1 triliun.

Sejak mendirikan perusahaan ini sembilan tahun lalu, ia telah menyedot lebih dari USD 260 juta atau Rp4 triliun dari Roivant dalam bentuk gaji, bonus, dan capital gain. Dia mendiversifikasikan hasil tersebut ke dalam portofolio investasi yang cukup standar, sekitar 60% saham dan 40% obligasi.

Namun, ia juga menambahkan sedikit bumbu, pada kepemilikan sedikit Bitcoin dan Ethereum, beberapa saham dari pesaing YouTube, Rumble, dan saham di perusahaan pembayaran kripto, MoonPay.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Terjun ke Dunia Politik

 

Terkait perjalanan politiknya, Ramaswamy mengundurkan diri sebagai CEO Roivant dan terjun ke dunia politik di 2021.

Dia sempat menulis sebuah buku berjudul "Woke, Inc.", yang mengkritik fokus perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat yang semakin meningkat pada isu-isu keadilan sosial dan gerakan ESG (environmental, social and governance) atau lingkungan, sosial, dan tata kelola yang mengambil alih Wall Street.

Setahun kemudian, Dia mendirikan penyedia reksa dana indeks "anti-woke". Bayangkan BlackRock, tanpa banyak bicara tentang menyelamatkan dunia, bernama Strive Asset Management.

Para investor baru-baru ini menilai Strive dengan nilai sekitar USD 300 juta atau lebih, menurut dua orang yang mengetahui tentang pendanaan ini, menyiratkan bahwa saham Ramaswamy bernilai lebih dari USD 100 juta. Ini adalah jumlah uang yang sangat besar untuk dihasilkan dalam waktu singkat.

Anak dari imigran India, Ayah Ramaswamy adalah seorang insinyur dan pengacara, ibunya adalah seorang psikiater-lulusan Harvard, di mana dia belajar biologi dan mendirikan StudentBusinesses.com, sebuah situs web bagi para pendiri mahasiswa untuk mencari investor profesional. Sebuah badan amal swasta dilaporkan membeli perusahaan ini pada tahun 2009 dengan nilai yang tidak disebutkan.

3 dari 5 halaman

Latar Belakang Karier dan Pendidikan Vivek Ramaswamy

Setelah lulus, Ramaswamy bergabung dengan hedge fund QVT, di mana ia berspesialisasi dalam investasi farmasi. Mampu menghasilkan USD 7 juta dalam tujuh tahun pertama kariernya dan menjadi mitra pada usia 28 tahun.

Pada saat yang sama, ia bertemu dengan istrinya, Apoorva, seorang ahli bedah tenggorokan. Sambil terus bekerja, ia juga berhasil meraih gelar dari sekolah hukum paling bergengsi di Amerika, Yale.

Ramaswamy meninggalkan pekerjaannya di QVT pada usia 29 tahun dan, dengan dukungan hedge fund, mendirikan sebuah perusahaan investasi bernama Roivant Sciences.

Satu tahun setelah mendirikan perusahaan tersebut, salah satu anak perusahaan Roivant, bernama Axovant, go public dengan valuasi USD 2,2 miliar.

Aset berharganya: kandidat obat Alzheimer yang sangat digembar-gemborkan, Intepirdine, yang dibeli Ramaswamy hanya dengan harga USD 5 juta.

Pada tahun ketika Axovant bergabung dengan Bursa Efek New York, Ramaswamy melaporkan pendapatan lebih dari USD 38 juta, yang sebagian besar berasal dari capital gain, dalam laporan pajaknya.

Intepirdine ternyata mengecewakan, gagal dalam uji klinis dua tahun kemudian. Perusahaan ini berganti nama menjadi Sio Gene Therapies pada tahun 2020 dan sekarang bernilai sekitar USD 30 juta.

Tetapi Ramaswamy juga memiliki obat lain. Pada tahun 2020, perusahaan farmasi raksasa Jepang, Sumitomo Dainippon, membayar USD 3 miliar untuk mengakuisisi lima produknya, serta 10% saham di Roivant.

Ramaswamy mendapatkan rejeki nomplok kedua pada tahun itu, dengan melaporkan pendapatan sebesar USD 176 juta pada laporan pajaknya, termasuk USD 174,5 juta dalam bentuk capital gain.

4 dari 5 halaman

Bergelimang Harta

Bergelimang uang tunai, Ramaswamy mengundurkan diri dari perusahaan pada Januari 2021, dengan alasan "keterlibatan publik yang semakin meningkat" dalam sebuah catatan kepada para pemegang saham.

Dia menerbitkan buku tujuh bulan kemudian dan memulai perusahaan manajemen aset Strive pada waktu yang sama.

"Kami mendukung gerakan yang kami sebut 'kapitalisme keunggulan,' sebagai tandingan dari kapitalisme pemegang saham," jelas Ramaswamy dalam podcast Trillions.

"Apa yang dikatakan kapitalisme keunggulan adalah, fokuslah secara eksklusif untuk memberikan produk dan layanan yang sangat baik kepada pelanggan Anda, di atas semua agenda lainnya, termasuk agenda politik dan sosial.

Dan itu berbeda dengan kapitalisme pemangku kepentingan, yang mengatakan bahwa Anda harus mempertimbangkan 12 atau 20 pemangku kepentingan pada saat yang bersamaan."

Sederet investor serius mendanai Strive. Donatur besar Peter Thiel, yang mendukung usaha "anti-bangun" lainnya seperti Rumble, menyumbangkan sejumlah uang.

Begitu juga dengan miliarder hedge fund Bill Ackman, yang telah banyak berinvestasi di industri farmasi dan terhubung dengan Ramaswamy yang bermain tenis. Joe Lonsdale, salah satu pendiri Palantir yang berusia 40 tahun, juga ikut menyumbang.

5 dari 5 halaman

Tak Hidup Seperti Taipan

Terlepas dari semua uang dan koneksinya, Ramaswamy terlihat cukup nyaman berpolitik di New Hampshire. Bahkan mengaku selama ini tidak hidup seperti seorang taipan. "Saya rasa kami tidak menjalani gaya hidup yang jauh berbeda dari tempat kami dibesarkan," jelasnya.

Dia memiliki dua rumah di Ohio yang bernilai total USD 2,5 juta, lebih kecil daripada portofolio real estat kandidat yang jauh lebih kaya, termasuk Nikki Haley, Francis Suarez, Robert F. Kennedy Jr. dan Presiden Joe Biden. "Kami tidak memiliki rumah peristirahatan raksasa," Ramaswamy mengaku

Kemewahan yang dia dapat hanya ketika mengudara. Dia memiliki saham di tiga perusahaan jet pribadi, yang memungkinkannya untuk bepergian ke seluruh negeri dan masih bisa kembali ke rumah untuk menghabiskan waktu bersama istri dan dua anaknya yang masih kecil di Ohio.

"Jika kami bisa mengulur waktu, kami akan mengulur waktu," katanya. "Dan itulah satu-satunya hal yang diberikan penerbangan pribadi kepada kami. Waktu bersama keluarga."

Para pemilih tampaknya menyadari bahwa Ramaswamy menghuni stratosfer yang berbeda. Di Milford, seorang wanita yang lebih tua berterima kasih kepadanya karena telah berkunjung. Itulah bagian dari daya tarik Ramaswamy.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini