Sukses

Top 3: Jokowi Resmikan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak

Peresmian tol Bocimi ini menjadi berita yang banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak. Artinya, ruas tol ini sudah bisa langsung dioperasikan.

Momen peresmian sendiri dilakukan di depan Gerbang Tol Parungkuda. Jokowi turut didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Peresmian tol Bocimi ini menjadi berita yang banyak dibaca. Selain itu, masih ada berita lain yang tak kalah menarik. Berikut daftarnya, Sabtu (4/8/2023):

1. Jokowi Resmikan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak, Habiskan Dana Rp 3,2 Triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak. Artinya, ruas tol ini sudah bisa langsung dioperasikan.

"Dengan mengucap Bismilahirrahmanirahim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat," ucapnya dalam momen peresmian, di Sukabumi, Jumat (4/8/2023).

Jokowi menyebut, panjang ruas yang telah rampung ini adalah 11,9 kilometer.

"Alhamdulillah pada hari ini jalan tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," ungkapnya.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pemerintah Buka 572.496 Formasi CPNS 2023 dan PPPK, Guru Jadi Terbanyak

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi calon aparatur sipil negara, atau CASN 2023. Itu terbagi baik untuk formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) maupun CPNS 2023.

Secara alokasi, jumlah tersebut untuk formasi 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan pemerintah daerah 493.634 ASN. Alokasi CPNS 2023 formasi untuk pemerintah pusat terinci sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK.

Adapun di pemerintah daerah dialokasikan khusus sebanyak 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis. Proses seleksi akan dimulai pada September 2023.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, seleksi PPPK dan CPNS 2023 ini memang fokus pada pelayanan dasar dengan guru dan tenaga kesehatan, menjadi formasi yang paling banyak disediakan.

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. LRT Jabodebek Memang Harus Melambat lewat Longspan, Erick Thohir: Kalau Belok Tetap 80 Km Serem Juga

Menteri BUMN Erick Thohir menilai laju LRT Jabodebek yang melambat lewat jembatan rel lengkung panjang (longspan) merupakan hal yang wajar. Hal ini mengingat ada aspek keselamatan yang dijaga dalam operasional kereta tanpa masinis LRT Jabodebek.

Diketahui, laju LRT Jabodebek bisa mencapai 80 kilometer (km) per jam. Namun, kecepatan dinilai perlu disesuaikan ketika melewati titik seperti lengkungan panjang, seperti longspan.

"Ketika kita naik (dengan kecepatan) 80 km, ada belokan turun jadi 30 km, ya saya rasa pas juga lah, kalau belok tetap 80 km, serem juga gitu," kata Erick Thohir saat ditemui di Kementerian BUMN, Jumat (4/8/2023).

Sebelumnya, laju LRT Jabodebek yang melambat itu sempat disoroti oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo alias Tiko. Menurut Tiko, desain longspan yang dinilai sempit berdampak pada penurunan kecepatan dari laju rangkaian LRT Jabodebek.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.