Sukses

Kisah Perjalanan JINISO, Brand Fashion Lokal yang Perluas Jangkauan Bisnis Bersama Shopee

Meriahkan Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival, Tantri Namirah dan Haykal Kamil bersama JINISO mengulik makna dibalik kata fashion

Liputan6.com, Jakarta Dapat tampil percaya diri dan nyaman saat melakukan berbagai aktivitas. Itulah latar belakang dihadirkannya JINISO di industri fashion Tanah Air, seperti dijelaskan Dian Fiona selaku Co-Founder JINISO

Yup, fashion memiliki peran dan arti lebih luas dalam kehidupan, mulai dari kebutuhan primer, cara bergaya, dan pemilihan produk pakaian. Itu adalah tiga hal yang kerap dikaitkan dengan definisi fashion. 

Namun, selain tiga hal tersebut, nyatanya fashion juga merupakan ruang ekspresi diri yang digunakan sebagai medium untuk merepresentasikan kepribadian individu yang menggunakannya. Dengan hal tersebut, bagi sebagian orang, fashion merupakan salah satu elemen yang dapat membantu seseorang memahami orang terdekat, khususnya pasangan.

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan di Shopee, kategori fashion terus menjadi kategori favorit pengguna di tiap kampanye yang dihadirkan. Salah satu alasannya adalah perkembangan variasi produk dan tren fashion yang membuat antusias masyarakat semakin tinggi. 

"Beragam tren fashion yang muncul ini menciptakan fashion style yang berbeda bagi tiap orang yang bisa menunjukkan ciri khas dirinya. Melalui acara hari ini, kami berharap masyarakat bisa menjadikan fashion sebagai cara untuk memahami orang terdekat dan mendapatkan inspirasi untuk menciptakan fashion style yang sesuai dengan diri sendiri dan orang terdekat. Sehingga puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival bisa dimanfaatkan untuk menghadirkan momen spesial bersama pasangan maupun keluarga dalam memenuhi kebutuhan fashion dengan lebih bijak, terlebih dengan rangkaian penawaran menarik selama satu hari penuh yang kami siapkan," ujar Daniel. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kulik Makna di Balik Kata Fashion dari Sisi Brand Lokal

Dian Fiona mengatakan, baginya fashion adalah kebutuhan untuk melengkapi jawaban dari suatu permasalahan. Di saat yang sama juga menjadi solusi untuk setiap individu dapat tampil percaya diri dan nyaman dalam melakukan segala aktivitas. 

"Simple and timeless everyday style merupakan fashion style saya sejak dulu, sehingga fokus jeans JINISO sendiri merupakan gambaran atau representasi dari style pribadi saya. Jadi dapat dikatakan kalau JINISO lahir dengan desain produk yang didasari oleh inspirasi awal untuk memenuhi kebutuhan penampilan fashion saya yang nantinya dapat digunakan juga oleh banyak orang. Melalui produk-produk yang dihadirkan oleh JINISO, saya ingin menyampaikan pesan bahwa saya percaya fashion tidak harus mahal, tetapi harus maksimal. Sehingga ragam pilihan produk yang kami tawarkan, diharapkan dapat melengkapi perjalanan setiap individu untuk berkreasi menciptakan gaya yang sesuai dengan kepribadian masing-masing. Pesan ini juga menjadi alasan saya untuk bergabung dengan Shopee, saya melihat bagaimana Shopee sebagai platform berupaya menghadirkan beragam produk sehingga dapat memenuhi kebutuhan setiap preferensi pengguna," kata Dian.  

Secepat apapun tren pakaian berputar, jeans atau denim pasti menjadi salah satu pakaian yang dimiliki di lemari seseorang karena keunggulan yang dimiliki, yaitu mudah dicocokan dengan gaya berpakaian apapun. Hal ini menjadi salah satu latar belakang yang memprakarsai lahirnya JINISO pada 2019 sebagai brand fashion lokal yang fokus memproduksi denim dan jeans fashion. 

JINISO juga berhasil mengisi kekosongan masyarakat akan produk jeans hasil produksi lokal dengan kualitas yang terbaik tetapi tetap ramah di kantong. Berawal dari menawarkan jeans yang dibuat oleh ayahnya ke teman-teman kampus nya, saat ini Dian bersama suaminya berhasil mempekerjakan lebih dari 100 karyawan di 13 rumah produksi yang Jiniso miliki. High waist jeans dengan nama BODY GOAL menjadi produk pertama JINISO sebagai jeans dengan bahan yang nyaman dan bebas untuk bergerak dalam segala aktivitas yang sesuai dengan tagline JINISO ACTIVE JEANS.

Mengambil langkah untuk menutup gerai offline bisnis nya terdahulu di tahun 2018, Dian berupaya beradaptasi dengan perilaku belanja masyarakat, dan memutuskan untuk menciptakan JINISO pada tahun 2019 di Shopee. Namun, belum genap setahun setelah bergabung, pandemi melanda dan seperti pelaku usaha lainnya, JINISO juga merasakan dampak dari perubahan tersebut. Akan tetapi, keputusan untuk berpindah ke ranah digital dan bergabung bersama Shopee nyatanya menawarkan pengaruh yang signifikan selama menjalankan bisnis sejak awal pandemi. Tidak hanya dalam penjualan, Dian juga merasakan pengaruh signifikan dalam meningkatnya eksposur masyarakat akan JINISO dan jangkauan calon konsumen yang lebih luas lagi.

Berbagai kampanye dan fitur yang dimiliki Shopee yang telah JINISO ikuti selama 4 tahun ini, seperti Super Brand Day, Shopee Live, dan kampanye angka kembar, seperti Shopee 8.8 yang sedang berlangsung telah berhasil membawa JINISO semakin berkembang dan menjadikannya sebagai brand fashion lokal favorit masyarakat. Bagi Dian, banyak pengaruh signifikan yang dirasakan sejak bergabung bersama Shopee. Salah satu manfaat utama yang dirasakan adalah akses mudah kepada bisnis JINISO untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur Shopee yang disesuaikan dengan perilaku belanja masyarakat yang terus berubah, seperti Shopee Live menjadi fitur yang kerap dimanfaatkan. Dian merasakan kontribusi yang signifikan ketika berjualan melalui fitur Shopee Live, termasuk pada kampanye Shopee 7.7 kemarin, dimana JINISO ikut memeriahkan sesi live bersama Raffi Ahmad dan melihat antusiasme pengguna yang luar biasa hingga penjualannya meningkat pesat.

Memeriahkan kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival, Tantri Namirah & Haykal Kamil (Pasangan Selebritis & Konten Kreator) bersama Dian Fiona (Co-Founder JINISO) berbagi pandangan mengenai definisi fashion yang memiliki arti lebih luas dari sekedar cara berpakaian dan bagaimana manfaatnya sebagai elemen untuk mengekspresikan diri. 

Dengan tema ‘Pintar Bergaya, Bijak Belanja’, diskusi ini tidak hanya menyampaikan cara menemukan dan menciptakan gaya yang sesuai dengan fashion style diri sendiri, tetapi juga update dengan tren terkini sambil tetap bijak saat berbelanja. Nah yang spesial, JINISO sebagai brand fashion lokal juga akan berbagi cerita perjalanannya dalam menghadirkan produk yang dapat menjawab pilihan gaya pakaian yang cocok untuk wanita maupun pria.

Buat kamu yang mau tahu informasi lebih lanjut mengenai Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival, kunjungi https://shopee.co.id/8-8-promo-puncak. Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store dan segera aktifkan ShopeePay.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.