Sukses

Berdiri 32 Tahun, Surveyor Indonesia Pede Sumbangan Dividen ke Negara Naik 3 Kali Lipat

sebagai bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, target setoran Surveyor Indonesia ke induk usaha sebesar Rp 55 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surveyor Indonesia (PTSI) resmi berdiri selama 32 tahun. Sumbangan dividen ke negara pun dibidik bisa naik 3 kali lipat untuk tahun buku 2023.

Direktur Utama PTSI Haris Witjaksono menargetkan, BUMN Survey itu mampu mengontribusikan dividen sebesar Rp 44 Miliar untuk tahun buku 2023. Angka ini berarti 3 kali lipat lebih tinggi dari setoran dividen tahun buku 2022.

"Dividen kita tahun ini, khususnya yang ke pemerintah, kurang lebih Rp 44 miliar, naik signifikan sekali dibanding tahun lalu, hampir tiga kali lipat ya," ujar Haris di Graha Surveyor Indonesia, ditulis Selasa (1/8/2023).

Dia menerangkan, sebagai bagian dari Holding BUMN Jasa Survei, target setoran ke induk usahanya pun sebesar Rp 55 miliar. Dia berharap tren positif sumbangan dividen bisa terus berlanjut kedepannya.

"Kalau ke holding (ID Survey) kita Rp 55 miliar dan bagian dari Rp44 miliar itu kepada pemerintah," ungkap dia.

Menurut catatan Liputan6.com, Holding BUMN Jasa Survei, PT Biro Klasifikasi Indonesia alias IDSurvey mampu menyumbangkan dividen sebesar Rp 127 miliar untuk tahun buku 2022. Angka ini menjadikan IDSurvey menjadi BUMN non-Tbk ke-enam dalam sumbangan dividen terbesar.

Haris mengungkap PTSI mampu mencatatkan 41 persen dari target pendapatan tahunan pada triwulan II-2023. Sementara itu, secara keseluruhan, Menteri BUMN Erick Thohir membidik sumbangan dividen secara konsolidasian masih berkisar di Rp 80,2 triliun. Angka ini menjadi rekor dengan sumbangan dividen terbesar selama berdirinya BUMN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jurus Surveyor Indonesia

Lebih lanjut, Haris menerangkan sejumlah upaya dan kontribusi perusahaan mengejar target setoran dividen tadi. Setelah 32 tahun, PTSI fokus melayani jasa survei di sektor industri Minyak, Gas, dan Energi Baru Terbarukan; Mineral, Batu Bara, dan Lingkungan; Infrastruktur; serta Institusi dan Pemerintahan.

Haris menyebut, selama 32 tahun, PT Surveyor Indonesia turut andil dalam berbagai upaya pengembangan industri dan penguatan ekonomi nasional. Kini dengan kompetensi dan inovasi layanan yang telah bertransformasi, keterlibatan serta kehadiran PT Surveyor Indonesia bagi bangsa pun dinilai semakin nyata.

"Di tahun 2023 ini, kontribusi PT Surveyor Indonesia semakin menguat melalui peran kami sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Utama yang dipercayakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Sebagai LPH Utama, PT Surveyor Indonesia telah bekerja bersama 167 produsen yang kini telah memperoleh Sertifikat Halalnya dan produknya beredar dengan aman di masyarakat," urainya.

Untuk menjawab isu lingkungan dan keberlanjutan, PT Surveyor Indonesia kembali hadir dengan Integrated Sustainable Indonesia Movement (I-SIM) for Regencies yang bertujuan untuk mendokumentasi dan mendorong keterlibatan Pemerintah Kabupaten dalam upaya-upaya peningkatan indeks Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini sendiri merupakan lanjutan dari I-SIM for Cities yang tahun lalu telah sukses diterapkan dalam lingkup Pemerintah Kota.

Di sisi lain, untuk menjawab tantangan energi baru terbarukan, PT Surveyor Indonesia berkomitmen dalam pengembangan energi alternatif. Salah satu langkahnya melalui kerjasama dengan National Battery Research Institute dalam pengembangan baterai listrik berbasis nikel, serta turut mendukung riset dan produksi motor listrik nasional.

 

3 dari 3 halaman

Sektor Transportasi

Dalam lingkup transportasi, PT Surveyor Indonesia bersama SYSTRA hadir sebagai mitra terpercaya pemerintah sebagai integrator LRT Jabodebek, yang mendampingi dan mengawasi proses pembangunan rute LRT, stasiun, kereta, serta sistem operasional dan pelatihan operator LRT Jabodebek.

Tidak hanya itu, PT Surveyor Indonesia juga hadir dengan layanan Buy The Services (BTS) sebagai pengawas standar operasional angkutan dalam kota, standar unit bus atau feeder bus, serta pelatihan dan pendampinga operator angkutan dalam kota.

Hingga 2023, layanan ini telah turut andil dalam penyediaan transportasi umum yang layak bagi masyarakat di Medan, Bali, Solo, Yogyakarta, Palembang, Bandung, Surabaya, Banyumas, Banjarmasin, dan Makassar.

Dari segi industri dan pemanfaatan produk dalam negeri, PT Surveyor Indonesia terus berkomitmen sebagai mitra terpercaya pemerintah dalam proses verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri, guna mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan memastikan industri-industri nasional dari level korporasi hingga industri rumahan mampu menjadi "local heroes" yang memiliki nilai tambah di pasar global.

Terbaru, PT Surveyor Indonesia mengambil peran krusial sebagai pengawas dalam program Satelit Indonesia Raya - 1 (Satelit SATRIA - 1) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Konsorsium PSN. PT Surveyor Indonesia terlibat dalam pengawasan tahap desain, manufaktur, peluncuran, hingga operasional satelit yang nanti akan memberikan akses internet yang dapat diandalkan untuk daerah-daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini