Sukses

Kisah Sho Nakanose, Dirikan Startup Robot Usai Kematian Tragis Sang Ibu

Bagi Nakanose, menggunakan teknologi robot berpotensi menawarkan cara yang lebih terjangkau dan praktis untuk menjelajahi ruang angkasa tanpa membahayakan nyawa manusia.

Liputan6.com, Jakarta Kecintaan Sho Nakanose terhadap robotika terinspirasi tragedi meninggalnya sang ibu sepuluh tahun lalu. Meskipun bukan seorang dokter, dia terobsesi dengan gagasan bahwa teknologi baru mampu membuat segalanya berbeda.

“Saat itu, saya sangat berpikir, jika kita memiliki teknologi baru seperti perluasan kemampuan manusia, saya dapat menyelamatkan nyawanya,” katanya seperti melansir Forbes, Senin (31/7/2023).

Sepuluh tahun kemudian, pria ini menyalurkan inspirasi tragis itu ke dalam startupnya yang berbasis di Jepang, Gitai. Perusahaan, yang sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari USD 47 juta dari perusahaan modal ventura seperti Daiwa Corporate Investment Venture Growth Fund, Mitsubishi UFJ Capital IX dan Global Brain CVC Funds, bertujuan untuk membuat robot yang dapat beroperasi di luar angkasa dalam berbagai misi.

Salah satunya termasuk pengambilan sampel tanah di Bulan. Akan tetapi, inti dari perusahaan Nakanose adalah ide sederhana untuk menggunakan robot di luar angkasa yang akan menyelamatkan nyawa dan kesehatan manusia.

Mahal dan berbahaya bagi orang untuk tinggal dan bekerja di luar angkasa. Penerbangan berawak ke orbit atau ke Stasiun Luar Angkasa Internasional misalnya, biayanya mulai USD 58 juta per kursi.

Perjalanan ruang angkasa juga memiliki banyak risiko bagi mereka yang terlibat. Menurut NASA, paparan radiasi yang dibawa oleh perjalanan luar angkasa dapat meningkatkan risiko kanker, merusak sistem saraf pusat yang menyebabkan otak sulit berkomunikasi dengan organ sensorik, mengubah fungsi kognitif, mengurangi fungsi motorik, dan memicu tantangan perilaku.

Bagi Nakanose, menggunakan teknologi robot berpotensi menawarkan cara yang lebih terjangkau dan praktis untuk menjelajahi ruang angkasa tanpa membahayakan nyawa manusia.

Dia mengatakan bahwa tujuan Gitai adalah untuk mengurangi biaya tenaga kerja luar angkasa hingga 100 kali lipat dengan menggunakan teknologi robot mereka dan mengurangi risiko keselamatan dengan mengirimkan robot ke orbit, bukan manusia.

Startup saat ini memproduksi dua produk. Yang pertama adalah lengan robot tipe cacing berukuran 2 meter. Mesin ini dapat bergerak seperti cacing inci dan juga “dilengkapi dengan berbagai perlengkapan seperti bor listrik, sekop, dan tangan robot untuk melakukan berbagai tugas”, kata Nakanose.

Ini berpotensi mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan astronot untuk berjalan di luar angkasa untuk melakukan tugas perawatan atau perbaikan di pesawat ruang angkasa atau stasiun ruang angkasa.

Produk keduanya adalah Lunar robotic rover, yang berukuran sebesar go-kart dan memiliki jangkauan beberapa mil. “Penjelajah ini memiliki kemampuan untuk bernavigasi dan beroperasi di permukaan bulan,” kata Nakanose. Hal ini penting karena NASA bersiap untuk mengembalikan manusia ke Bulan secara permanen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memiliki Pesaing

Gitai tentu bukan satu-satunya perusahaan robot ruang angkasa. Beberapa perusahaan kini mendominasi pasar, seperti Kanada MDA Space, yang menciptakan lengan robotik untuk Stasiun Luar Angkasa Internasional dan Redwire yang berbasis di Luksemburg, yang memproduksi sistem robotik untuk pesawat ruang angkasa.

Permintaan untuk robot ruang angkasa tumbuh, firma analis Grand View Research memperkirakan total pasar akan mencapai lebih dari USD 5 miliar pada 2027. Permintaan tersebut disebabkan oleh kebutuhan akan “perbaikan, layanan, dan pemeliharaan satelit geostasioner yang efisien”, menurut sebuah laporan oleh perusahaan.

“Efektifitas biaya, produktivitas yang lebih baik, dan kemampuan untuk bekerja di lingkungan luar angkasa yang ekstrim adalah faktor utama yang mendorong permintaan akan teknologi robotika luar angkasa,” kata laporan tersebut.

Peluang Bersaing

Terlepas dari dominasi perusahaan warisan, Christopher Stott, seorang analis di Lonestar Data Holdings Inc., mengatakan bahwa teknologi Gitai memungkinkannya untuk mengalahkan persaingan warisannya.

"Sementara MDA dan Redwire adalah penyedia utama industri robot ruang angkasa saat ini, Gitai dapat memberi mereka persaingan nyata untuk menjadi setara dengan SpaceX dalam pangsa pasar mereka," kata Stott.

Perusahaan bahkan sudah memiliki sejumlah pelanggan di industri ini. Nakanose mengatakan perusahaan memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada perusahaan luar angkasa lainnya.

“Kita bisa menjadi mitra yang baik untuk meminimalkan biaya infrastruktur seperti biaya transportasi dan tenaga kerja bersama-sama,” tambahnya.

 

3 dari 3 halaman

Lahirnya Gitai

Satu dekade lalu, kehidupan Nakanose tidak ada hubungannya dengan robotika atau luar angkasa. Dia adalah seorang konsultan IT di IBM Jepang pada 2009, mengganti sistem lama dengan sistem SAP (perusahaan perangkat lunak Jerman) baru untuk pelanggan. Tapi tidak lama kemudian dia mencari jalan lain, katanya, karena merasa tidak cocok menjadi karyawan korporat di perusahaan besar.

Jadi, pada 2013, dia pindah ke India dan memulai CloudLancer India, Pvt, Ltd, sebuah perusahaan yang mengoperasikan dua bisnis utama, mengontrak pengembangan sistem web untuk klien dan mengembangkan aplikasi web dan smartphone mereka sendiri untuk pemasaran dan pendidikan.

Dia menjual CloudLancer pada 2015 ke Perusahaan India dengan jumlah yang tidak diungkapkan, lalu pindah kembali ke Tokyo untuk mengejar hasratnya pada robot.

Pada 2016, barulah Nakanose mendirikan Gitai, dengan tujuan membangun sistem robot yang lebih murah untuk membantu pembangunan dan pemeliharaan ruang.

Nama perusahaan berarti "Cybernetic body" dalam bahasa Jepang, tetapi mungkin lebih dikenal sebagai nama untuk badan cybernetic dalam film anime Ghost in the Shell, favorit Nakanose.

Pada 2021, perusahaan tersebut mengatakan telah berhasil melakukan demo teknologi pertamanya di stasiun luar angkasa Internasional dengan robot luar angkasa otonom yang mampu meniru eksplorasi dan konstruksi bulan bersama dengan perbaikan pesawat luar angkasa.

Pada 2024, perusahaan akan melakukan demo teknologi lain di luar ISS. Perusahaan juga memiliki lebih banyak misi yang sejalan dengan badan antariksa Jepang, Toyota, dan lainnya.

Di Mei, perusahaan mengumpulkan USD 30 juta putaran seri B dan bertujuan untuk menggunakan modal tersebut untuk memperluas operasinya di Amerika Serikat di lokasi Torrance, California untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

Nakanose mengatakan proyek terpenting startup di masa depan adalah mengembangkan robot yang bertujuan untuk membangun panel surya, antena komunikasi, modul tempat tinggal, dan generator di luar angkasa dan menyediakan ribuan robot ke permukaan bulan.

“Sebagai permulaan, kami akan mengirimkan ribuan robot kami ke permukaan bulan dan permukaan Mars untuk membangun banyak panel surya, antena komunikasi, modul tempat tinggal, dan generator,” kata Nakanose. "yang akan menjadi proyek terpenting kami dalam waktu dekat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini