Sukses

Tak Cuma Bikin Kemeja, Jokowi Tantang Siswa SMK Produksi Mobil dan Sepeda Motor

Presiden Joko Widodo memamerkan kemeja yang dipakainya merupakan hasil produksi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jambi. Selain membuat kemeja, Jokowi juga berharap para siswa SMK ini bisa membuat produk seperti kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo memamerkan kemeja yang dipakainya merupakan hasil produksi salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Jambi. Hal ini dilakukan Jokowi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

Selain membuat kemeja, Jokowi juga berharap para siswa SMK ini bisa membuat produk seperti kendaraan bermotor.

"Nanti mungkin di sini (SMKN) bisa saja membuat mobil, bisa membuat sepeda motor, kalau memang anak SMK kita arahkan agar skill-nya, keterampilannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri maupun nanti wirausaha," kata Jokowi dikutip dari Antara, Kamis (20/7/2023).

Menurut dia, hasil produksi tangan-tangan pelajar SMK juga layak dan mampu bersaing di dunia industri asal seluruh sektor-sektor yang mendukung siswa dalam proses belajar mengajar memadai. 

Presiden Jokowi mengatakan sekolah dan dunia industri memang mesti dikoneksikan dan juga ada kecocokan apa yang dipelajari di sekolah dengan yang dibutuhkan dunia industri.

"Karena apa pun memang yang baik itu dikoneksikan antara sekolah dengan industri, sehingga kebutuhannya bisa link and match," ucap presiden.

Kunjungan Kerja Jokowi

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja selama tiga hari ke Provinsi Bengkulu, 19 Juli - 21 Juli 2023. Pada hari pertama di Bengkulu, Presiden Jokowi berkesempatan mengunjungi ajang Festival Tabut 2023. 

Kemudian mengawali kunjungan hari kedua, presiden datang ke SMKN 2 Bengkulu Tengah dan dilanjutkan ke Puskesmas Desa Srikuncoro, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Presiden Jokowi datang bersama Ibu Iriana Jokowi, dan didampingi Menteri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Ungkap Isi Pertemuan dengan Prabowo dan Jokowi di Istana Bogor, Ternyata Soal Ini

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto diketahui menggelar pertemuan di Istana Bogor pada minggu sore 16 Juli 2023, bersama dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Bukan terkait politik, Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir ini membahas soal percepatan pembangunan industri pertahanan di tengah waktu yang sempit. Seperti diketahui, pemerintahan Presiden Jokowi akan berakhir pada tahun depan.

Hal tersebut diungkapkan BUMN Erick Thohir seperti ditulis pada Kamis (20/7/2023).

 "Ya saya rasa pertemuan konteks antara menteri dengan Bapak Presiden itu hal-hal yang konteksnya biasa saja. Karena memang perlu ada Percepatan apalagi pemerintahan ini kan tinggal satu tahun lebih. Jadi ya tidak ada salahnya presiden terus mendorong kalo bisa ada percepatan juga untuk berbagai macam industri," jelas Erick Thohir.

Ia melanjutkan, pertemuan tersebut adalah pertemuan biasa dan meskipun dilakukan pada akhir pekan. Erick Thohir menjelaskan bahwa Jokowi sering bekerja atau memanggil menteri walaupun di hari libur.

"Bapak Presiden itu kerja hari Minggu kadang-kadang Sabtu, hari ini beliau terbang ke Bengkulu, kita lagi liburan. Besok ada peresmian jalan tol kalau tidak salah," jelas Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir Ternyata Bertemu di Istana Bogor, Apa yang Dibahas?

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Istana Bogor, Jawa Barat. Namun kali ini, dalam pertemuan itu juga hadir Menteri BUMN Erick Thohir.

Momen tersebut diunggah dalam akun Instagram resmi Prabowo Subianto. Ia memamerkan foto bersama Presiden dan Erick Thohir tengah makan bersama. Pada pertemuan itu, ketiganya duduk di depan sebuah meja bundar warna putih yang berisi berbagai makanan serta kelapa muda yang diletakkan di atas piring kecil.

Prabowo terlihat berbicara santai, sedangkan Erick dan Jokowi terlihat mendengarkannya.

"Minggu sore, 16 Juli di Istana Bogor. Saya dan Pak @erickthohir menerima arahan dari Presiden @jokowi," tulis Prabowo dalam unggahan di akun Instagramnya @prabowo pada Selasa (18/7/2023).

Tidak diketahui secara pasti isi pembahasan dalam pertemuan itu. Namun Prabowo menyinggung isu tentang pertahanan nasional.

"Industri Pertahanan Nasional Indonesia harus kuat dan semakin maju," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengenakan kemeja putih, sedangkan Prabowo bergaya kasual dengan berkemeja denim lengan pendek. Adapun Erick memilih untuk menggunakan batik lengan panjang.

Foto itu lantas dibanjiri beragam komentar dari warganet. Ada yang menanggapi pertemuan itu adalah tanda-tanda Erick Thohir bakal menjadi bakal cawapres Prabowo yang sudah mengajukan diri sebagai bakal calon presiden (bacapres). Tak sedikit juga yang menilai itu hanya pertemuan biasa dan berharap Erick Thohir tidak meninggalkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini