Sukses

Sri Mulyani Minta Anak Muda Jangan Mudah Gumunan

Menkeu Sri Mulyani mewanti-wanti agar generasi muda tidak malas untuk membaca data guna mendalami calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berpesan kepada generasi muda jelang Pemilihan Umum yang akan berlangsung tahun 2024. Menurutnya, generasi muda harus melek dan selektif dalam menentukan pilihan.

"Jadi saya akan mengatakan menjelang nih Pemilu. Anda boleh berbeda pilihan, siapa saja yang Anda pilih that's really your hak sebagai warga negara tapi gunakan secara rasional," kata Sri Mulyani dalam sambutannya di Indonesia Data and Economic (IDE) Conference 2023, Kamis (20/7/2023).

Selain itu, bendahara negara ini juga mewanti-wanti agar generasi muda tidak malas untuk membaca data guna mendalami calon pemimpin bangsa di masa mendatang.

"Baca data, baca statement, lihat dan pilih pas mana Indonesia mau ke depan karena kita belajar cukup banyak dan sudah cukup panjang perjalanan kita untuk we can make decision what is actually a good way to go, and which is the wrong way to go," tegas Sri Mulyani.

Menurutnya, dengan mempelajari berbagai data dan statement dari calon pemimpin bangsa di masa mendatang, maka kita tidak akan jadi pribadi yang mudah kagetan saat pemimpin negara telah terpilih.

"Ojo gumunan, ojo kagetan, itu hanya akan terjadi kalau Anda tahu data, you are not going to be gumun. Siapa yang nggak tahu gumun di sini? Gumun is actually amaze, tiap kali kaget-kaget kenapa Indonesia begini ya, kenapa dunia begini ya," ujar Sri Mulyani.

Karena menurut Sri, banyak generasi muda yang mudah kaget ketika pemimpin negara telah terpilih. Oleh karena itu, Menkeu mengigatkan kembali akan pentingnya membaca data-data untuk menambah wawasan mengenai calon pemimpin negara.

"Tiap kali ada kejadian, tiap hari kita cuman mukanya itu kaget-kaget dan gumun-gumun. Nah, Anda semuanya sebagai generasi milenial yang very-very knowledgeable, tech savvy, connected, base on data jangan jadi generasi yang mudah sekali untuk kagetan dan terbengong-bengong," ungkap Sri Mulyani.

"Jadi generasi yang you know where to go, you design your own path dan make sure bahwa Indonesia akan menuju ke tujuan yang telah kita semua sepakati," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani: Proyek Strategis Nasional Harus Rampung Sebelum 2024

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati telah melaksanakan Rapat Koordinasi Terbatas di Lingkup Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Dalam rapat koordinasi terbatas tersebut membahas mengenai akselerasi penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN).

"Membahas akselerasi penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) bersama Pak Menhub @budikaryas, Pak Menperin @agusgumiwangk, dan Menteri ESDM Pak Arifin Tasrif dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Pak Menko @airlanggahartarto_official kemarin sore (11/7)," tulis @smindrawati, dikutip Kamis (13/7/2023).

3 dari 3 halaman

Rampung Sebelum 2024

Kata perempuan yang akrab disapa Ani ini mengungkapkan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar seluruh PSN bisa dirampung kan sebelum tahun 2024, terutama untuk PSN bandara, jalan tol, bendungan, hingga smelter.

"Presiden @Jokowi meminta agar seluruh PSN dapat dirampungkan sebelum tahun 2024 – utamanya bandara, jalan tol, bendungan, dan juga smelter," ujarnya.

Sri Mulyani menyebut bahwa pembangunan infrastruktur merupakan salah satu prioritas nasional yang juga menjadi prioritas APBN #UangKita, yang saat ini untuk menciptakan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.