Sukses

Rosan Roeslani Diangkat Jadi Wamen BUMN, Erick Thohir: Tak Perlu Dipertanyakan Kredibitasnya

Rosan Roeslani merupakan seorang banker, pernah menjadi Ketua Kadin Indonesia pada 2015-2020 dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat Rosan Perkasa Roeslani menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Senin (17/7/2023). Posisi Rosan Roeslani menggantikan Pahala Mansury yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan, Rosan Roeslani yang kini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN II akan melanjutkan arah transformasi Kementerian BUMN. Rosan Roeslani terbukti memiliki pengalaman untuk mendorong BUMN untuk berkiprah sebagai pemain global.

"Bapak Rosan Roeslani sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kredibitas dan kapabilitasnya," ujar Erick

Rosan merupakan seorang banker, pernah menjadi Ketua Kadin Indonesia pada 2015-2020 dan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat.

Erick meyakini, Rosan di sektor industri hingga jabatan terakhirnya sebagai Duta Besar AS akan memberikan warna baru dalam upaya transformasi BUMN ke depan.

"Harapan kita hal ini akan semakin menguatkan upaya BUMN untuk go global," kata Erick.

Saat ini, Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Kartika Wirjoatmodjo, di mana sebelumnya ia menduduki posisi Wakil Menteri BUMN II.

Awalnya Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Pahala Nugraha Mansury yang kini mengemban tugas menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Nezar Patria dan Pahala

Selain itu, jajaran pejabat Kementerian BUMN lain yang mendapat tugas baru dari Presiden Joko Widodo adalah Nezar Patria yang sebelumnya menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN bidang komunikasi kini menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

 

"Selamat kepada Bapak Pahala dan Bapak Nezar yang mendapatkan kepercayaan besar dari Bapak Presiden Jokowi. Semoga mampu menjalankan tugas dan amanah yang diemban," kata Erick.

 

Erick optimistis kedua figur tersebut akan membawa dampak yang positif bagi Kementerian Luar Negeri dan Kemenkominfo. Erick mengatakan Pahala dan Nezar punya peranan penting dalam keberhasilan transformasi Kementerian BUMN.

Erick berharap, ke depannya dapat terjadi kolaborasi guna mendorong kolaborasi pemenuhan kebutuhan pasokan sumber daya untuk memperkuat percepatan pembangunan ekosistem EV Battery, ketahanan energi dan industri pangan.

Perbaikan BUMN

Lebih lanjut, perbaikan BUMN memerlukan sinergitas dan kolaborasi dengan kementerian, lembaga, swasta, dan juga masyarakat.

Erick mengatakan, hal ini merupakan apresiasi dan juga motivasi bagi insan Kementerian BUMN untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sah, Rosan Perkasa Roeslani Ditunjuk Jokowi Jadi Wakil Menteri BUMN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Rosan Perkasa Roeslani untuk menduduki jabatan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Reshuffle Kabinet di Istana Negara, Senin (17/7/2023).

Posisi Rosan Perkasa Roeslani ini menggantikan Pahala Nugraha Mansury yang dianggat oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki posisi Wakil Menteri Luar Negeri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan," kata Rosan.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," tambah dia.

Adapun sosok yang memiliki nama lengkap Rosan Perkasa Roeslani merupakan Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat (AS) ke-21 yang memulai jabatannya di Washington DC sejak Desember 2021.

Sebelum menjadi dubes, Rosan bukan sosok asing di kalangan pebisnis. Dia memulai karirnya sebagai pengusaha dengan mendirikan PT Republik Indonesia Funding (Finance Indonesia) bersama Sandiaga Uno dan Hasbi Hafani pada 1997.  

3 dari 3 halaman

Aktif di HIPMI dan Kadin

Selain berbisnis, Rosan pun aktif dalam lingkup organisasi. Mulai dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) hingga jadi pengurus Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia periode 2010-2015.

Puncaknya, Rosan terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2015-2021.

Tak hanya di Indonesia, kiprahnya sebagai pengusaha juga sempat dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Inter Milan, bersama Erick Thohir dan Handy Soetedja. Ketiganya sempat memiliki saham il Nerazzurri sebesar 70 persen.

Di luar dunia bisnis, Rosan pun sempat terjun ke ajang politik. Ia bergabung ke Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin saat kampanye pilpres 2019-2024 bersama Bahlil Lahadalia.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.