Sukses

Top! Bank Jatim Dinobatkan Sebagai Salah Satu Emiten Berkategori High Dividen

Bank Jatim berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai salah satu emiten kategori High Dividen.

Liputan6.com, Jakarta Bank Jatim berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai salah satu emiten kategori High Dividen dalam acara Malam Apresiasi Emiten: Launching Indeks Tempo-IDNFinancials 52.

Penghargaan tersebut didapatkan oleh Bank Jatim karena emiten dengan kode BJTM ini konsisten membagikan dividen kepada investor dengan yield di atas rata-rata suku bunga deposito atau surat berharga lainnya.

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman menjelaskan, dalam lima tahun terakhir pemberian dividen kepada pemegang saham terus mengalami peningkatan. Terakhir, pembagian dividen tahun 2023 yang telah disetujui oleh RUPS Tahun Buku 2022 sebesar Rp797,18 Miliar atau 51,67 persen dari laba.

”Pembagian dividen yang meningkat setiap tahunnya menjadikan saham Bank Jatim sebagai salah satu saham favorit pilihan masyarakat dalam berinvestasi,” jelasnya.

"Oleh karena itu, masyarakat khususnya milenial, tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi saham Bank Jatim," imbuh Busrul.

Sebagai informasi, jumlah investor di pasar modal selama Covid-19 menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Berdasarkan Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), pada 2020 jumlah investor di pasar modal tercatat hanya sebesar 3,88 juta.

Pada tahun 2022, angkat tersebut makin melonjak menjadi 10,31 juta. Dan hingga Mei 2023, jumlah investor di pasar modal mencapai angka 11,06 juta. Kemudian dari sisi usia, investor di pasar modal tercatat 57,81 persen berusia di bawah 30 tahun dengan total aset Rp49,22 triliun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, Busrul juga mengungkapkan bahwa pemberian dividen yang terus meningkat tiap tahunnya menjadi salah satu bukti nyata Bank Jatim dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jawa Timur.

“Bank Jatim yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jatim, menjadi penyumbang PAD terbesar melalui dividen yang dibagikan,” ungkapnya.

Bentuk kontribusi konkret lainnya yang telah dilakukan oleh Bank Jatim kepada masyarakat adalah melalui penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jatimpeduli. 

Hingga akhir semester satu 2023, Bank Jatim telah menyalurkan CSR sebesar Rp2,42 Miliar dengan perincian penyaluran di bidang pendidikan sebesar Rp198 juta, bidang kesehatan Rp1,26 miliar, serta bidang sosial sebesar Rp958,73 juta.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.