Sukses

Buka Jakarta Muslim Fashion Week, Mendag: 2040 Indonesia Bisa Jadi Negara Maju

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 merupakan langkah yang dapat membantu Indonesia menuju negara maju

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 merupakan langkah yang dapat membantu Indonesia menuju negara maju sekitar tahun 2040.

Membuka JMFW di Jakarta, Jumat (23/6) malam, Mendag menyampaikan fashion show Islami telah menciptakan ekosistem fashion di tanah air yang melahirkan banyak proyek kolaborasi dengan pemangku kepentingan global. 

“Kita harus meningkatkan kemampuan dan kuncinya itu kerja sama. Pemerintah saja tidak cukup, harus ekosistemnya kita bangun. Ekosistem tercipta dari kerjasama. Kalau kita bisa kerjasama, maka saya percaya apapun kendala pasti bisa kita atasi,” kata Mendag Zulkifli, Nine Bulding,Jumat (23/6/2023).

Dengan ekosistem dan kolaborasi yang muncul, JMFW dapat memberikan dampak luas pada perekonomian negara. Ekosistem yang relevan adalah hubungan dua arah antara desainer lokal, konsumen, pelaku ekonomi, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. 

“Kita berusaha keras agar ada jalur cepat dengan membuat ragam perjanjian dagang, kita punya SEPA (Single Euro Payments Area), RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership) dengan seluruh negara ASEAN. Jadi, produk mereka bisa masuk ke kita, produk kita juga bisa masuk dengan mudah ke negara mereka,” ujar Zulkifli Hasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hadirkan Bakat Istimewa

Mendag mengatakan, JFW show selalu menghadirkan bakat-bakat istimewa para desainer lokal untuk menampilkan karya terbaik anak negeri kepada dunia.

“Ki ita punya peluang dan sumber daya yang luar biasa, punya talenta istimewa, dan kita punya bonus demografi mulai 2025-2038. Jadi, kalau kita kerja keras dan banyak kerja sama, Insya Allah 2040 Indonesia akan menjadi negara maju,” kata Zulkifli.

JMFW 2024 merupakan kerja sama antara Kementerian Perdagangan, Kamar Dagang dan Industri Indonesia dan Indonesia Fashion Chamber (IFC) yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2021.

 

3 dari 3 halaman

Kesepakatan Dagang

Kegiatan JMFW tahun ini meliputi pagelaran busana, pameran dagang, penjajakan kesepakatan dagang, dan gelar wicara yang menampilkan sekitar 1.000 koleksi dari beberapa desainer lokal.

JMFW 2024 akan digelar di ICE BSD, Tangerang, Banten, mulai 19 hingga 21 Oktober 2023 di sela-sela Trade Show Indonesia (TEI).  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.