Sukses

Waduh, Konser Coldplay di Jakarta Bentrok dengan Piala Dunia U-17 2023

Konser Coldplay di Jakarta akan berbarengan dengan pelaksanaan Piala Dunia U-17 2023, dimana FIFA resmi menunjuk Indonesia jadi tuan rumah

Liputan6.com, Jakarta Indonesia secara resmi telah ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U-17 2023. Dengan demikian, Indonesia menggantikan Peru yang sebelumnya dinyatakan tak siap dalam menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 sendiri rencananya berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Hanya saja, FIFA masih belum memastikan apakah pelaksanaan tersebut sesuai jadwal awal atau ada perubahan setelah Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah.

"Dewan FIFA juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023," tulis FIFA, dikutip Sabtu (24/6/2023).

Barengan dengan Konser Coldplay di GBK

Coldplay akhirnya secara resmi mengumumkan Jakarta menjadi salah satu tujuan konser keliling dunianya di 2023. Ini akan menjadi konser Coldplay pertama kali di Indonesia. Sayangnya, waktunya akan bentrok dengan Piala Dunia U-17.

Coldplay bakal menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Indonesia pada 15 November 2023 mendatang.

Kabar yang telah banyak dinanti ini dibagikan melalui unggahan video melalui akun Instagram promotor Third Eye Management pada hari ini, Selasa (9/5/2023).

Sang vokalis Chris Martin menyapa sekaligus menyampaikan kabar soal konser Coldplay di Jakarta.

"Halo, apa kabar everybody watching in Indonesia?" kata Chris Martin dalam video singkat tersebut yang juga menampilkan ketiga personel Coldplay lainnya, yakni Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion.

"Kami sangat bersemangat untuk mengumumkan konser pertama kami di negara indahmu. Kami akan ada di Indonesia - di Jakarta pada 15 November," lanjut sang vokalis.

Kemudian, Vokali Coldplay tersebut menutup video, "Kami berharap untuk bertemu dengan kalian di sana. Terima kasih."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Peserta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia, Tidak Ada Israel

FIFA menunjuk Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-17 2023, Jumat (23/6/2023). Ajang tersebut akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Piala Dunia U-17 2023 semula dijadwalkan berlangsung di Peru. Namun, negara Amerika Selatan tersebut mundur karena ketidaksiapan infrastruktur.

Enam+03:59Napoli Kirim Angin Surga ke MU, Ronaldo Menjauh dari Messi Sebelumnya Indonesia dijadwalkan menggelar Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni lalu. Namun, FIFA mencabut hak tersebut menyusul penolakan sejumlah kepala daerah terhadap salah satu peserta yakni Israel. Sebagai pengganti FIFA kemudian memilih Argentina sebagai tuan rumah.

Kali ini protes dari dalam negeri dipastikan tidak akan muncul. Sebab, Israel tidak lolos ke turnamen. Wakil Eropa pada ajang ini adalah Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol.

Sejauh ini sudah diketahui 19 identitas peserta, plus tuan rumah baru yakni Indonesia. Masih ada empat kontestan yang belum diketahui. Wakil Asia baru ketahuan menyusul hasil gelaran Piala Asia U-17 2023 yang tengah berlangsung.

Berikut daftar peserta Piala Dunia U-17 2023: 

Asia

4 negara

Afrika

Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal

Amerika Utara

Kanada, Meksiko, Panama, Amerika Serikat

Amerika Selatan

Argentina, Brasil, Ekuador, Venezuela

Oseania

Kaledonia Baru, Selandia Baru

Eropa

Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol

3 dari 3 halaman

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Ini Komentar Erick Thohir

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku hanya bisa bersyukur atas berkah yang diambil melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat petang waktu setempat.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah, karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agarf menjadi tuan rumah yang baik," tambah Erick Thohir.

Di situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepakbola usia muda ini.

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepak bola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA, kemudian perhelatan dua FIFA Match Day melawan Palestina dan Argentina. Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," pungkasnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.