Sukses

Jadi Materi Tes Rekrutmen Bersama BUMN, Kenali Arti Nilai dalam AKHLAK BUMN

AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang merupakan core values dari BUMN.

Liputan6.com, Jakarta - AKHLAK BUMN menjadi nilai yang secara luas diberlakukan di perusahaan perusahaan Badan Usaha Milik Negara. Selain itu, AKHLAK BUMN juga menjadi salah satu materi yang ditampilkan dalam seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Melansir laman resmi BUMN, Senin (12/6/2023) AKHLAK BUMN adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif yang merupakan core values dari BUMN.

Penerapan core values AKHLAK BUMN melingkupi seluruh SDM BUMN, mulai dari Direksi, Dewan Komisaris/Dewan Pengawas, Manajemen/Pegawai, dan karyawan/pekerja di lingkungan BUMN, Anak Perusahaan, serta Perusahaan Afiliasi Terkonsolidasi.

Dalam nilai Amanah, ditekankan pentingnya memegang teguh kepercayaan yang diberikan, dengan memenuhi janji dan komitmen, bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan, serta berpegang teguh kepada nilai moral dan etika. 

Kemudian dalam nilai Kompeten, seluruh SDM BUMN diharapkan dapat terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah, membantu orang lain belajar, serta menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik.

Adapun Harmonis, yaitu pentingnya untuk saling peduli dan menghargai perbedaan, menghargai setiap orang apapun latar belakangnya, suka menolong orang lain, dan membangun lingkungan kerja yang kondusif.

Selanjutnya, dalam core value "Loyal", ditekankan untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, menjaga nama baik sesama karyawan, pimpinan, BUMN, dan Negara, rela berkorban untuk mencapai tujuan yang lebih besar, dan patuh pada pimpinan sepanjang tidak bertentangan dengan hukum dan etika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nilai AKHLAK BUMN Lainnya

Kemudian dalam nilai Adaptif, SDM BUMN diharapkan dapat terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, cepat menyesuaikan diri untuk menjadi lebih baik, terus menerus melakukan perbaikan mengikuti perkembangan teknologi dan bertindak proaktif.

Adapun nilai Kolaboratif untuk membangun kerjasama yang sinergis, memberi kesempatan kepada berbagai pihak yang berkontribusi, terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah, serta menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir: Core Value Akhlak BUMN Sejalan dengan ESQ

Pada 2022 lalu, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa konsep core values Akhlak sejalan dengan konsep Emotional and Spiritual Quotient (ESQ). Ia menyadari kedua hal itu penting untuk ada di lingkup BUMN.

Erick menyampaikan hak ini usai mebghadiri Halal Bihalal ESQ beberapa waktu lalu. Ia juga membagikannya ke akun Instagram @erickthohir.

Diketahui, ESQ merupakan konsep paduan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tokoh sentral perkembangan konsep ini yakni Ary Ginanjar.

Menteri BUMN mengaku sejalan dengan konsep yang dibangun tersebut. Bahkan tak ragu untuk menerapkannya di lingkungan perusahaan pelat merah.

"Menghadiri Milad ke-22 dan Halal bihalal @esqtraining @ary.ginanjar . BUMN menyadari pentingnya kecerdasan EQ dan SQ. Sebab dua kecerdasan ini membentuk hubungan dengan Allah dan sesama manusia," katanya dikutip Rabu (18/5/2022).

Konsep serupa dituangkan Erick dalam Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif (Akhlak). Ini juga digadang sebagai tulang punggu transformasi BUMN.

"Kami di BUMN juga memiliki core value AKHLAK yang sejalan dengan prinsip ESQ. Ini adalah identitas dan landasan budaya kerja, sekaligus backbone dari transformasi BUMN," katanya.

Dalam hal ini, Ia berkali-kali menyampaikan, baik Akhlak maupun ESQ punya peran penting. Baginya, setiap aspek kehidupan perlu disertai oleh akhlak yang baik.

 

4 dari 4 halaman

Merujuk pada Perilaku Positif

Selain dari rangkaian kata tadi, akhlak sendiri diartikan sebagai perilaku. Yang merujuk pada perilaku positif yang memberikan dampak baik bagi lingkungannya.

"Kekuasaan tanpa akhlak akan menjadi sebuah kedzaliman. Kekayaan tanpa akhlak akan menjadi sebuah kerakusan. Kepintaran tanpa akhlak akan menciptakan tipu daya.," tulisnya.

Dalam kunjungannya di acara Halal Bihalal itu, Menteri Erick berharap ESQ akan terus berkontribusi terhadap perkembangan SDM dalam negeri.

"Semoga ESQ bisa membawa manfaat yang lebih besar dan nyata bagi pertumbuhan kualitas SDM Indonesia, khususnya para generasi muda," tukasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.