Sukses

Mentan SYL Dorong Pengembangan Varietas Tanaman Unggul untuk Perkuat Pertanian Indonesia

Liputan6.com, Yogyakarta Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya menghadirkan varietas-varietas tanaman unggul yang bisa membuat Indonesia menjadi salah satu negara pertanian kuat di dunia dengan memiliki ketahanan pangan berkualitas dan berkelanjutan. 

Faktor pendorong lainnya adalah hadirnya teknologi dan sistem pertanian mumpuni, serta kemampuan SDM pertanian unggul di seluruh Indonesia.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan teknologi yang berkembang saat ini telah membuat Indonesia memiliki varietas unggul dan mampu beradaptasi dengan tantangan yang ada. 

“Saya mendapatkan banyak masukan dari apa yang kita lihat hari ini sebagai salah satu tantangan besar, terutama dalam menghadapi kekeringan. Oleh karena itu, varietas-varietas tanaman pangan kita sudah menunjukkan kemajuan yang luar biasa karena hasilnya, misal padi bisa rata rata di atas 10 ton bahkan ada yang 14 ton per ha," ujar SYL saat menghadiri Gebyar Perbenihan Nasional VIII 2023 di Kulon Progo, Rabu, 31 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Varietas Tahan Perubahan Iklim

Melihat perkembangan perbenihan saat ini, Mentan SYL mengaku bangga, karena beberapa varietas mampu bertahan di musim ekstrim. Termasuk dalam cuaca ekstrim el nino atau musim kemarau panjang yang terjadi sekarang.

"Saya kira ini menunjukkan kemajuan yang luar biasa dengan hadirnya varietas tahan perubahan iklim. Termasuk iklim kering yang terjadi saat ini yang diperkirakan berlangsung hingga bulan Agustus mendatang," katanya.

Di sisi lain, Mentan SYL mengatakan Kulon Progo adalah kabupaten subur yang memiliki hamparan sawah terluas di Indonesia. Kabupaten ini bahkan memiliki nilai plus dengan panorama pemandangan luar biasa dan bisa dijual sebagai obyek wisata.

"Saya kira Kulon Progo bukan hanya sentra pertanian saja, tetapi wisata agro yang bisa kita dorong bersama sebagai sarana edukasi pertanian. Jadi pertanian besok itu tidak hanya hamparan saja tetapi juga harus masuk pada pertanian presisi. Kalau perlu jadi solusi pengendali inflasi," katanya.

3 dari 4 halaman

Gebyar Perbenihan Nasional VIII 2023

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa selama ini pemerintah terus berupaya mengembangkan benih unggul bersertifikat yang dipersiapkan khusus untuk peningkatan produktivitas. Bahkan dalam gelaran ini saja benih padi yang dihadirkan mencapai 60 varietas.

"Padi saja ada 60 varietas unggulan termasuk yang tahan hama penyakit dan kekeringan. Untuk jagungnya ada 20 varietas jagung hibrida dan hasilnya tinggi ada yang 2.5 meter 3 meter ada yang tongkol 2 bahkan ada yang warnanya ungu. Untuk rata rata padinya semua di atas 8-7 ton tinggi tinggi 9 bahkan ada yang 11 sampai 12 ton. Begitu juga dengan kedelai dan varietas lainya," katanya.

Sekretaris Daerah Yogyakarta, Wiyos Santoso menyampaikan terima kasih atas perhatian besar pemerintah dalam memajukan perbenihan unggul di Indonesia. Bagi Wiyos, benih adalah komponen utama dalam menumbuh kembangkan pertanian nusantara.

"Saya selalu katakan bahwa benih varietas unggul bersertifikat ini memiliki potensi hasil panen yang lebih tinggi serta lebih adaptif terhadap kondisi dan lokalitas. Jadi saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak Menteri terhadap perkembangan benih unggul Indonesia," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Dorong Partisipasi Swasta

PJ Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mendorong partisipasi swasta dalam mengembangkan benih unggul sebagai upaya bersama menjaga ketahanan pangan nasional. Pasalnya, pertanian adalah sektor penting yang memberi nilai ekonomi bagi masyarakat Kulon Progo.

Menurut Ni Made Dwipanti, sistem pembenihan tanaman pangan masih banyak didominasi pemerintah sedangkan peranan swasta masih kecil, kecuali pada varietas hibrida.

"Oleh karena itu, untuk mendorong lebih partisipasi pihak swasta maka pemerintah dalam hal ini diharapkan dapat membuat kebijakan untuk kemudahan investasi penegakan dan kepastian hukum jaminan keamanan dan meningkatkan kesejahteraan petani untuk menggunakan benih bermutu," katanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.