Sukses

Daftar Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Posisi Berapa?

Indonesia masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia versi Global Finance

Liputan6.com, Jakarta Pandemi hingga perlambatan ekonomi global nyaris tak berpengaruh terhadap beberapa negara terkaya di dunia. Hal itu karena terlalu banyaknya kekayaan yang dimiliki.

Lantas, di urutan berapa Indonesia masuk dalam daftar negara terkaya di dunia 2023?

Menurut data seperti melansir dari Global Finance, Kamis (25/5/2023), Indonesia menempati posisi ke-102 dengan total GDP-PPP per kapira USD 15.855.

Sementara itu, Irlandia berhasil menempati posisi puncak dalam daftar negara paling kaya di dunia 2023. Disusul Luxemburg dan Singapura yang mengisi posisi ke-2 dan ke-3.

Beberapa negara yang kecil dan sangat kaya, seperti San Marino, Luksemburg, Swiss, dan Singapura, mendapatkan manfaat dari sektor keuangan yang canggih dan rezim pajak yang menarik investasi asing, bakat profesional, dan simpanan bank yang besar. Adapun lainnya, seperti Qatar dan Uni Emirat Arab, memiliki cadangan hidrokarbon yang besar atau sumber daya alam yang menguntungkan lainnya.

Produk Domestik Bruto (PDB) mengukur nilai semua barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara, membagi output ini dengan jumlah penduduk penuh waktu adalah cara yang lebih baik untuk menentukan seberapa kaya atau miskin populasi suatu negara dibandingkan dengan populasi negara lain.

Di 10 negara termiskin di dunia, rata-rata daya beli per kapita adalah USD 1.380. Sedangkan di 10 negara terkaya lebih dari USD 105.000, menurut data dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Sejak Oktober lalu, daya beli per kapita tumbuh hanya sebesar USD 30 di negara-negara miskin dan lebih dari USD 5.000 di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini daftar negara terkaya di dunia 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

10. San Marino

Tiny San Marino adalah republik tertua di Eropa dan negara terkecil kelima di peta. Negara ini mungkin hanya memiliki 34.000 warga. Meskipun demikian, San Marino berupaya untuk menyelaraskan undang-undang dan peraturan fiskalnya dengan standar Uni Eropa (UE) dan internasional.

Negara kecil ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa selama pandemi dan setelahnya di tengah kondisi moneter yang ketat dan krisis energi, dengan industri pariwisata dan sektor manufaktur menunjukkan kinerja yang sangat kuat.

9. Amerika Serikat

Amerika Serikat yang pertama kali masuk dalam daftar 10 teratas pada tahun 2020 setelah berada di luar posisi kesepuluh selama lebih dari dua dekade terakhir.

Masuknya Amerika dan kehadiran yang berkelanjutan di 10 besar disebabkan oleh penurunan harga energi dan pengeluaran negara yang didorong oleh pandemi. Lonjakan darurat dalam pengeluaran pemerintah untuk pemeriksaan stimulus, peningkatan tunjangan kupon makanan, dan perluasan pendaftaran Medicaid mendorong permintaan agregat secara signifikan. Akibatnya, AS mengalami resesi terpendek pada awal 2020, hanya berlangsung dua bulan.

8. Norwegia

Dolar Internasional Saat Ini: 77.808

Sebagai produsen minyak bumi terbesar di Eropa Barat, negara ini telah diuntungkan selama beberapa dekade dari kenaikan harga. Sampai akhirnya harga jatuh pada awal 2020, kemudian pandemi global terjadi—dan krone terjun bebas. Pada kuartal kedua tahun itu, PDB Norwegia turun 6,3 persen, penurunan terbesar dalam setengah abad dan mungkin sejak Perang Dunia Kedua. Kemudian pada 2021 ekonomi pulih, tumbuh secara keseluruhan hampir 3,9 persen dan sekitar 3,3 persen pada 2022.

7. Swiss

Dolar Internasional Saat Ini: 87.963

Negara berpenduduk sekitar 8,7 juta orang ini berhutang sebagian besar kekayaannya pada layanan perbankan dan asuransi, pariwisata, dan ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, instrumen presisi (jam tangan), dan mesin (peralatan medis dan komputer).

Menurut Laporan Kekayaan Global 2022 oleh Credit Suisse, Swiss menjadi yang teratas dalam hal rata-rata kekayaan rata-rata per orang dewasa sebesar USD 700.000.

 

 

3 dari 4 halaman

6. Uni Emirat Arab

Dolar Internasional Saat Ini: 88.221

Perekonomian UEA juga semakin terdiversifikasi. Di luar sektor hidrokarbon yang secara tradisional dominan, pariwisata, konstruksi, perdagangan, dan keuangan merupakan industri utama. UEA secara singkat keluar dari peringkat IMF tentang negara-negara terkaya secara global untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade. Namun, bahan bakar fosil belum ketinggalan zaman.

5. Makau SAR

Dolar Internasional Saat Ini: 89.558

Ketika Covid menyerang, perjalanan global terhenti. Untuk sementara waktu Macao keluar dari peringkat 10 negara terkaya. Hari ini, setelah lebih dari tiga tahun sejak dimulainya pandemi, Macao perlahan kembali ke bisnis seperti biasa. Namun, itu juga satu-satunya negara dalam daftar yang daya beli per kapitanya lebih rendah daripada sebelum darurat kesehatan global — sekitar USD 125.000 pada 2019.

4.Qatar

Dolar Internasional Saat Ini: 124.834

Meskipun terjadi lonjakan baru-baru ini, harga minyak telah menurun sejak pertengahan 2010-an. Pada 2014, PDB per kapita warga negara Qatar lebih dari USD 143.222; satu tahun kemudian, jatuh secara signifikan dan tetap di bawah angka USD 100.000 selama lima tahun berikutnya. Namun, angka itu secara bertahap tumbuh, meningkat sekitar USD 10.000 setiap tahun.

Meski begitu, perekonomian terbukti tangguh. Itu berkontraksi dengan relatif sederhana 3,5 persen pada 2020, telah tumbuh sekitar 1,5 persen pada 2021, dan tumbuh 4,2 persen pada 2022 berkat pendapatan gas dan minyak yang lebih besar dan turis yang datang untuk melihat Piala Dunia.

3. Singapura

Dolar Internasional Saat Ini: 133.895

Saat ini, Singapura adalah pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat. Meski pada 2020 ekonomi sempat menyusut sebesar 3,9 persen, ada 2021 perekonomian Singapura bangkit kembali dengan pertumbuhan 8,8 persen. Kemudian masalah ekonomi China menghantam sektor manufaktur Singapura—yang menghasilkan 21,6 persen dari total PDB Singapura—sangat sulit, berkontraksi sebesar 6 persen pada kuartal pertama 2023.

2. Luksemburg

Dolar Internasional Saat Ini: 131.580

Perekonomiannya pulih dari pertumbuhan -0,8 persen pada 2020 menjadi pertumbuhan 5,1 persen pada 2021. Sayangnya pemulihan itu tidak berlangsung lama, ekonomi tumbuh hanya sebesar 1,5 persen pada 2022 dan kemungkinan hanya akan mencapai 1,1 persen tahun ini berkat kepercayaan bisnis dan konsumen yang lebih rendah dan harga yang lebih tinggi untuk energi dan makanan.

 

4 dari 4 halaman

1. Irlandia

Dolar Internasional Saat Ini: 140.694

Sebuah negara dengan hanya 5 juta penduduk, Republik Irlandia menjadi salah satu yang paling terpukul oleh krisis keuangan 2008. Menyusul langkah-langkah reformasi politik yang sulit seperti pemotongan gaji sektor publik dan restrukturisasi industri perbankannya, negara pulau itu mendapatkan kembali kesehatan fiskalnya, meningkatkan tingkat lapangan kerja dan melihat PDB per kapita tumbuh secara eksponensial.

Namun, Irlandia adalah salah satu surga pajak perusahaan terbesar di dunia, yang menguntungkan perusahaan multinasional jauh lebih banyak daripada menguntungkan rata-rata orang Irlandia. Di pertengahan tahun 2010-an, banyak perusahaan besar AS—Apple, Google, Microsoft, Meta, dan Pfizer—memindahkan tempat tinggal fiskal mereka ke Irlandia untuk mendapatkan keuntungan dari tarif pajak perusahaan yang rendah sebesar 12,5 persen.

Pada 2022, perusahaan multinasional ini menyumbang sekitar 56% dari total nilai tambah ekonomi Irlandia, naik dari 53 persen pada 2021, menurut angka dari Kantor Pusat Statistik. Namun demikian, Irlandia berencana untuk menyelaraskan tarif pajak perusahaan minimumnya dengan standar global sebesar 15 persen pada 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini