Sukses

Viral Kepala Penumpang Terjepit Pintu Kereta Bandara YIA, Railink Minta Maaf

KA Bandara mengucapkan permohonan maaf atas kejadian yang sempat dialami penumpang KA Bandara YIA Nomor 7067B relasi Stasiun Tugu- Stasiun Bandara YIA, pada hari Selasa tgl 16 Mei 2023 sekitar pukul 11.00.

Liputan6.com, Jakarta KA Bandara mengucapkan permohonan maaf atas kejadian yang sempat dialami penumpang KA Bandara YIA Nomor 7067B relasi Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA, pada hari Selasa tgl 16 Mei 2023 sekitar pukul 11.00.

Diketahui dalam kejadian ini penumpang kereta Bandara yang tengah akan turun di stasiun Bandara YIA tersebut hampir terjepit pintu KA yang akan menutup, dan atas bantuan penumpang lainnya dan kesigapan petugas stasiun Bandara YIA, segera pintu tersebut di buka kembali untuk membebaskan penumpang yang hampir terjepit tersebut.

Humas Railink Riesta Junianti mengatakan, selain menyayangkan adanya kejadian tersebut, pihaknya juga tengah berkoordinasi dengan Daop 6 Yogya guna melihat terkait kemungkinan adanya aspek malfuntions teknis ataupun aspek kelalaian pada sumber daya manusia.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh petugas stasiun, penumpang mengakui kesalahannya karena sudah mencoba memaksa membuka pintu kereta yang belum terbuka sempurna, dan setelah dilakukan pemeriksaan medis di Pos Kesehatan distasiun Bandara YIA Penumpang tersebut menyatakan tidak ada keluhan sakit atau luka di area tubuh yg hampir terjepit.

"Untuk selanjutnya penumpang tersebut kemudian diizinkan melanjutkan perjalanan menuju ke dalam Bandara YIA untuk naik pesawat," kata Riesta, Kamis (18/5/2023).

Imbauan Bagi Penumpang

Ke depannya, pihak KA Bandara pun berharap meski dalam kondisi terburu-buru hendaknya agar penumpang dapat lebih berhati-hati memperhatikan pintu kereta yang belum terbuka untuk tidak langsung keluar sebelum kereta berhenti dan sampai pintu terbuka sempurna, juga agar senantiasa perhatikan himbauan/ announcement dari petugas di atas KA ataupun memperhatikan suara alarm pada pintu kereta sebagai peringatan pintu kereta akan terbuka atau tertutup.

"Sekali lagi atas nama KA Bandara, Kami mengucapkan permohonan maaf dan akan terus melakukan perbaikan pelayanan dan lebih antisipatif agar hal tersebut tidak terulang kembali, dan sampai saat ini kami terus menelusuri internal terkait sistem KA Bandara untuk mengetahui masalah pada penutupan pintu kereta”, tutup Riesta Junianti.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Viral Kepala Penumpang Terjepit Pintu Kereta Bandara YIA, Pihak Pengelola Ungkap Penyebabnya

Kereta api termasuk moda transportasi yang disukai oleh masyarakat Indonesia sampai saat ini. Selain alasan kenyamanan dan keamanan, waktu tempuh dengan kereta juga lebih cepat dan tepat waktu. Namun insiden tidak mengenakkan yang melibatkan kereta juga beberapa kali terjadi.

Belum lama ini seorang pemilik akun TikTok @lolllyyyy4 mengunggah video yang cukup membuat deg-degan. Dalam video ini, terlihat kepala seorang penumpang kereta terjepit pintu otomatis kereta bandara YIA (Yogya International Airport).

Entah bagaimana cerita awalnya, pria berkaus putih ini sudah dikelilingi banyak penumpang lain. Tampak juga bagaimana kepanikan yang terjadi di dalam gerbong kereta tersebut. Beberapa orang terlihat berdiri di sekitar pintu kereta dan berusaha membuka pintu otomatis yang tiba-tiba tertutup itu.

Saat seorang penumpang wanita mencari petugas kereta api, penumpang lain pun membantu menahan pintu dan berusaha menariknya agar bisa terbuka. Tak hanya penumpang di dalam gerbong, orang-orang yang masih menunggu kereta di luar juga membantu. Dan akhirnya, dengan bantuan penumpang lain dan orang di luar kereta, pintu pun berhasil dibuka.

Setelah beberapa saat berusaha membuka paksa pintu kereta dari dalam dan luar, pintu pun berhasil terbuka. Pria berkaus putih ini pun berhasil diselamatkan dan langsung berjalan ke luar kereta.

Unggahan ini pun viral dan menarik perhatian banyak warganet. Beberapa dari mereka memuji sikap tanggap dari orang-orang sekitar yang membuat pria tersebut bisa selamat.

"Astagfirullah untung banyak org dan masih bisa selamet alhamdulillah,” komentar seorang warganet.

"Gue pernah juga ni naik krl mba nya tiba2 keluar kereta pas lagi berhenti kereta nya gue kira udah sampe tujuan eh pas kereta mau nutup pintu ternyata,” komentar warganet lain.

3 dari 3 halaman

Permintaan Maaf Pengelola Kereta Bandara

Sementara itu, pihak PT Railink selaku pengelola kereta Bandara YIA telah meminta maaf atas insiden yang videonya beredar luas di media sosial.

"Kami dari KA Bandara YAI mengucapkan permohonan maaf atas kejadian yang sempat dialami penumpang yang hampir terjepit pintu kereta,” tulis pernyataan resmi mereka di akun Instagram KAI Bandara @kabandararailink, Rabu, 17 Mei 2023.

Menurut pernyataan tersebut, usai dilakukan pemeriksaan medis di Pos Kesehatan stasiun Bandara YIA, penumpang itu menyatakan tidak ada keluhan sakit atau luka di area tubuh yang terjepit.

"Untuk selanjutnya penumpang tersebut kemudian diizinkan melanjutkan perjalanan menuju ke dalam Bandara YIA untuk naik pesawat," lanjut keterangan tersebut.

Penumpang itu ternyata mengaku salah. Pasalnya, ia mencoba memaksa membuka pintu kereta yang belum terbuka sempurna.

PT Railink mengimbau penumpang agar dapat lebih berhati-hati memperhatikan pintu kereta, meski dalam kondisi terburu-buru sekalipun. Mereka juga meminta penumpang kereta senantiasa memperhatikan imbauan atau announcement dari petugas di atas kereta. Ada banyak cerita dan pengalaman unik para penumpang kereta.

Beberapa waktu lalu, sebuah akun media sosial menceritakan seorang penumpang Kereta Api Indonesia (KAI) yang dibuat kesal oleh penumpang lainnya. Pasalnya, penumpang lain itu dengan sembrono membuka makanan yang dibelinya untuk oleh-oleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini