Sukses

Dengarkan Nih, 3 Wejangan Bos Marvel Studio Buat Pencari Kerja yang Sering Ditolak

Selama karier itu, Feige berulang kali ditolak untuk mendapatkan kesempatan kerja, termasuk oleh USC. Dia ditolak dari program film sekolah lima kali sebelum akhirnya diterima, katanya.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menjadi presiden Marvel Studios, Kevin Feige berulang kali ditolak ketika mencari pekerjaan. Namun dari hal itu, dia tidak berputus asa hingga akhirnya sukses berkarier sampai saat ini.

Dari pengalamannya itu, dia berpesan kepada lulusan tahun 2023 di University of Southern California bahwa penolakan tidak selalu menjadi hal yang buruk .

Nyatanya, itu “mungkin saja hal terbesar yang bisa terjadi pada Anda”, katanya dalam sebuah pidato seperti dilansir CNBC, Rabu (17/5/2023).

Sekilas tentangnya, Feige memiliki resume pembuatan film yang lumayan. Dia lulus dari Sekolah Seni Sinematik USC pada 1995.

Kemudian mulai bekerja sebagai asisten produksi dengan melakukan tugas dan membangun jalannya untuk memimpin studio utama Hollywood.

Selama karier itu, Feige berulang kali ditolak untuk mendapatkan kesempatan kerja, termasuk oleh USC. Dia ditolak dari program film sekolah lima kali sebelum akhirnya diterima, katanya.

Namun dari pengalaman itu, dia punya tiga wejangan untuk lulusan baru yang tengah merasa berputus asa.

Berdamai dengan Kegagalan

Pada usia 10 tahun, Feige menyusun peta jalan menuju mimpinya di Hollywood. Dia berkata, “Tampaknya sangat sederhana: Anda diterima di USC, Anda diterima di School of Cinematic Arts, Anda membuat film siswa yang diubah menjadi film besar, Anda membuat Star Wars dan kemudian Anda menjadi George Lucas.”

Namun, “Itu tidak berhasil seperti itu,” tambahnya.

Feige masuk ke USC, tapi bukan sekolah film. Dia menyelesaikan kursus wajibnya sambil terus mendaftar ulang ke program pilihannya, akhirnya diterima.

Kemudian, setelah lulus, pekerjaan pertamanya adalah asisten produksi yang mengisi “ratusan pesanan makan siang, mencuci puluhan mobil, menjaga anjing orang, mengantar orang ke pertemuan, mengantar anjing orang”, katanya.

Jadi, kesimpulannya, ketekunan adalah prasyarat untuk sukses.

“Bersikaplah nyaman dengan kegagalan, dengan penolakan,” katanya. “Terimalah bahwa itu adalah sebuah kemungkinan, tetapi jangan pernah membiarkannya mendefinisikan Anda dan jangan pernah membiarkannya menahan Anda.”

Nasib Buruk ‘Bisa Menjadi Positif’

Robert Downey Jr. bukanlah pilihan pertama Marvel untuk peran Iron Man.

Sutradara dan produser casting pertama-tama menawarkan peran tersebut kepada Clive Owen, aktor Inggris yang membintangi film seperti “Children of Men” dan “The Bourne Identity”. Owen meneruskan peran itu.

“Itu adalah aturan keberuntungan yang tidak tertulis,” kata Feige. “Kamu tahu apa yang lebih baik daripada mendapatkan pilihan pertamamu? Mendapatkan pilihan yang tepat.”

Pilihan yang tepat itu ternyata adalah Downey, yang berperan sebagai Iron Man dalam sepuluh film selama lebih dari satu dekade, termasuk beberapa film berpenghasilan tertinggi dalam sejarah.

Kemudian keberuntungan datang dalam berbagai bentuk, kata Feige. Tidak mungkin untuk mengetahui apakah peran Owen akan menjadi ikon - tetapi penggambaran Downey tentu saja.

Jadi apakah itu secara profesional, romantis, atau sebaliknya, Feige memberi tahu para lulusan baru untuk tidak berkecil hati ketika pilihan pertama tidak berhasil. Justru sebaliknya, jadikan itu sebagai kesempatan untuk menemukan pilihan yang lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nikmati Semangat Underdog

Lima belas tahun yang lalu, Marvel Studios bukanlah rumah dari dunia sinematik pemenang penghargaan. Sebaliknya, seperti yang dijelaskan Feige, itu adalah sekelompok penulis dan produser yang “berkelahi” yang bekerja di “sebuah gedung kotor di atas sebuah dealer mobil”.

“Banyak orang di Hollywood mengira kami pasti akan gagal,” kata Feige. “Ada saat-saat di mana kami hampir setuju dengan mereka.”

Identitas underdog memberi pencipta izin untuk bereksperimen karena mereka tidak mengecewakan siapa pun dan tidak ada harapan untuk dipenuhi, kata Feige. Mereka mengembangkan template film superhero jenis baru. Selain itu, juga buat film tentang pahlawan Marvel yang kurang terkenal dan menceritakan kisah alam semesta yang menghubungkan mereka semua.

Upaya pertama mereka, “Iron Man”, sukses - memberi mereka kredibilitas yang cukup untuk membuat lebih banyak film, bahkan ketika upaya kedua mereka “The Incredible Hulk” tampil lebih sederhana di box office.

Pola pikir yang tidak diunggulkan di masa-masa awal Marvel menanamkan komitmen di seluruh studio untuk “menggilingnya, membenturkan kepala ke dinding dengan sekelompok kolaborator”, kata Feige. Kolaborasi itulah yang membawa cerita Marvel dari “buruk menjadi OK menjadi baik menjadi mungkin hebat menjadi sesuatu yang ingin ditonton orang lagi dan lagi.”

“Bahkan setelah Anda memantapkan diri, memiliki mentalitas itu benar-benar dapat membantu Anda dengan baik,” tambahnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.