Sukses

Setahun Menjabat, Xu Lei Putuskan Mundur dari CEO JD.com

JD.com mengumumkan perombakan manajemen yang mengejutkan pada Kamis waktu setempat. Di dalamnya termasuk keputusan mengenai Xu yang akan digantikan oleh Chief Financial Officer Sandy Ran Xu.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu petinggi e-commerce Xu Lei mengumumkan bahwa dirinya mengundurkan diri sebagai CEO JD.com. Keputusan itu dia buat setelah menjabat sebagai kepala eksekutif perusahaan yang menjalani tugasnya selama kurang lebih satu tahun usai promosi jabatan tersebut.

Dikutip dari Forbes, Rabu (17/5/2023), perusahaan yang berbasis di Beijing mengumumkan perombakan manajemen yang mengejutkan pada Kamis waktu setempat. Di dalamnya termasuk keputusan mengenai Xu Lei yang akan digantikan oleh Chief Financial Officer Sandy Ran Xu pada Juni mendatang.

Xu yang mengundurkan diri, yang dipromosikan menjadi CEO tahun lalu setelah pertama kali bergabung dengan perusahaan lebih dari satu dekade lalu. Xu Lei mengatakan bahwa dirinya pergi karena alasan pribadi, termasuk ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya.

Di samping itu, perubahan yang terjadi pun disebabkan oleh pertumbuhan di JD.com yang melambat. Perusahaan melaporkan bahwa mereka telah menghasilkan keuntungan sebesar 6,3 miliar yuan atau USD 900 juta untuk tiga bulan pertama 2023 dengan pendapatan yang lebih baik dari perkiraan sebesar USD 35,4 miliar, meningkat 1,4 persen dari tahun sebelumnya.

Sementara itu, margin keuntungan yang meningkat dapat membantu meningkatkan sentimen investor dan berkontribusi pada reli hampir 7 persen di saham JD.com yang terdaftar di Nasdaq semalam, kata Shawn Yang selaku direktur pelaksana Blue Lotus Capital Advisors yang berbasis di Shenzhen. Namun, laju ekspansi masih jauh dari peningkatan pendapatan dua digit yang terlihat dua tahun lalu.

Sebagai CEO, Xu sebelumnya hanya seorang veteran audit yang bergabung dengan JD.com pada 2018, setelah menghabiskan hampir 20 tahun di PricewaterhouseCoopers, menghadapi tantangan di berbagai bidang. Pemulihan ekonomi China pasca-Covid mungkin kehilangan tenaga karena ekspor naik dengan kecepatan yang lebih lambat di April lalu dan impor berkontraksi di tengah melemahnya permintaan di dalam negeri. Kenaikan harga konsumen juga lemah , tanda lain dari permintaan yang lesu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menghadapi Persaingan Ketat

Sementara itu, persaingan semakin ketat. Induk TikTok, ByteDance, menambahkan fitur belanja ke platform video pendeknya, sementara saingan lama Alibaba dan Pinduoduo membagikan diskon untuk menarik perhatian konsumen. Richard Liu, yang memperoleh kekayaannya sebagian besar dari 13 persen kepemilikan saham di saham biasa JD.com, telah melihat kekayaan bersihnya turun menjadi USD 8,2 miliar dari USD 10,5 miliar tahun lalu karena saham perusahaan kehilangan 25 persen dari nilai mereka di Hong Kong selama 12 bulan terakhir.

Tanggapan JD.com difokuskan pada penekanan promosi produk diskon dan murah. Hal itu karena ingin mendapatkan kembali pertumbuhan dengan memenangkan pembeli anggaran.

Selama panggilan analis, para eksekutif menegaskan kembali strategi tersebut dan mengatakan hasil dari kampanye subsidi sejauh ini "sesuai dengan harapan". Namun, perusahaan tidak mengungkapkan berapa banyak pengguna atau penjualan baru yang telah ditambahkan sebagai hasil dari program subsidi USD 1,5 miliar yang pertama kali diumumkan pada bulan Februari.

 

3 dari 3 halaman

Menyesuaikan Metode Pemasaran

Analis Jefferies yang dipimpin oleh Thomas Chong mengharapkan penjualan di JD.com tumbuh sekitar 2 persen pada kuartal kedua, menurut catatan penelitian yang juga diterbitkan pada hari Kamis.

Selain itu, investor juga dapat dengan cermat mengamati hasil dari acara belanja khas perusahaan 6.18, yang dirancang oleh Xu Lei yang akan pergi sebagai jawaban atas bonanza belanja Hari Lajang Alibaba.

Dalam pertemuan analis, para eksekutif mengatakan mereka akan menyesuaikan metode pemasaran dan memperkuat kerja sama dengan merek tahun ini.

Mereka mengatakan JD.com ingin membantu mereka mengurangi persediaan, terutama barang-barang besar, seperti peralatan rumah tangga, di tengah lemahnya permintaan konsumen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.