Sukses

HDI Raup Untung saat Pandemi COVID-19, Ini Alasannya

Produk Harmoni Dinamik Indonesia yakni Propoelix dan Clover Honey diminati masyarakat Indonesia saat pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Malaysia - Key Leader Regional Marketing Harmoni Dinamik Indonesia (HDI) Su Mae Chia menuturkan produk kesehatan miliknya seperti Propoelix dan Clover Honey banyak diminati masyarakat Indonesia saat pandemi COVID-19. Ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan, termasuk menjaga kekebalan daya tahan tubuh.

Selain itu, kedua produk tersebut pun memberikan kontribusi sekitar 70-80 persen terhadap pendapatan perusahaan. 

"Saya pikir terutama selama Covid-19, itu cukup dikenal luas sebagai Indonesia. Hanya karena selama pandemi, semua orang sangat peduli tentang Covid-19 dan menjaga kekebalan tubuh, disitulah menurut saya produk kami benar-benar menjadi pusat perhatian," kata Su Mae di sela acara Harmoni Dinamik Indonesia Leadership, dikutip Kamis (11/5/2023).

Di sisi lain, Su Mae mengatakan, Indonesia merupakan pasar terbesar untuk produk HDI. Dengan demikian, seiring peningkatan kesadaran akan kesehatan dan besarnha pasar di Indonesia, HDI pun optimistis tren penjualan akan meningkat pada 2023.

Tak hanya itu, ke depannya HDI mengincar pasar Vietnam. Sebab, negara tersebut dinilai memiliki pasar potensial. Akan tetapi, ia mengaku, belum bisa memberitahu kapan rencana tersebut diwujudkan.

 "Jadi saya pikir negara selanjutnya yang kami pertimbangkan adalah Vietnam. Sebab, menurut saya itu akan menjadi sesuatu yang menarik bagi kami. Misalnya, dalam hal seperti demografi pasar, hingga jenis permintaan," kata dia.

Saat ini produk yang dijual HDI dapat ditemui di Singapura, Malaysia, Filipina, Hongkong dan Indonesia. Selain itu, produk HDI juga cukup lengkap mulai dari suplemen hingga skincare (perawatan kulit).

Ia menegaskan, produk Propoelix dan Clover Honey memberikan kontribusi sekitar 70-80 persen terhadap pendapatan perusahaan. 

Adapun, produk-produk HDI diproduksi di berbagai negara, seperti Clover Honey dibuat di New Zealand, suplemen berasal dari Amerika Serikat (AS), skincare berasal dari Korea Selatan, serta perawatan rambut dibuat di Bulgaria.

Sementara itu, ia menyebut, pertimbangan memilih negara tersebut menyesuaikan dengan keperluan bahan baku agar mendapatkan kualitas terbaik. 

"Kami tidak membatasi diri pada satu negara. Jadi, banyak FMCG dan perawatan tubuh kami berasal dari pemasok lokal yang bekerja sama dengan kami di Indonesia," imbuhnya.

Perawatan Rambut dari Bulgaria

Menurut ia, alasan mengapa perawatan rambut HDI berasal dari Bulgaria dikarenakan negara tersebut memiliki air mawar berkualitas tinggi yang sangat bagus untuk rambut.  

"Kemudian skincare di Korea dikenal sebagai market leader untuk skincare, jadi kami pergi ke sana untuk mencari yang terbaik dari yang terbaik dan saya pikir begitulah cara pengembangan produk kami," ujar dia.

Dalam memasarkan produk tersebut, ia mengaku, Harmoni Dinamik Indonesia memiliki strategi pemasaran yang cukup unik, yakni menawarkan produk yang memang sudah dicoba dan dibuktikan sendiri khasiatnya. Bahkan, HDI juga terus memperkuat penjualan di e-commerce.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harmoni Dinamik Indonesia Terapkan Bisnis Berbasis Syariah

Sebelumnya, perusahaan network marketing, PT Harmoni Dinamik Indonesia atau HDI telah menerapkan bisnis syariah sejak akhir 2021. Sebab, bisnis syariah di Indonesia dinilai prospektif ke depannya.

Chairman and CEO Harmoni Dinamik Indonesia Brandon Chia menuturkan, pihaknya menilai prinsip syariah ini sangat baik, terutama untuk bisnis. Lantaran, prinsip syariah ini sangat menghargai sesama manusia dan menjalankan bisnis berdasarkan rasa kepercayaan.

"Jadi kita menjunjung tinggi syariah karena ini praktik bisnis yang baik. Selain itu, Indonesia memang mayoritas masyarakatnya muslim," kata Brandon di sela acara HDI Leadership, dikutip Rabu (10/5/2023).

Dengan demikian, ia melihat sejumlah peluang untuk mengembangkan bisnis berbasis syariah ini di Indonesia. Sehingga, bisnis yang dijalankan bukan hanya bermanfaat bagi umat muslim di Indonesia melainkan juga bagi seluruh enterpriser HDI.

"Jadi kami berkomitmen melakukan hal yang baik untuk semua baik bagi umat muslim dan seluruh enterpriser kami," ujar dia. 

Pada 18 November 2021, Harmoni Dinamik Indonesia telah mendapat sertifikat syariah yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dengan ini, HDI berkomitmen untuk menjalankan bisnis berprinsip syariah.

Saat ini, HDI menjadi salah satu dari 11, di antara 293 perusahaan Multi-Level-Marketing (MLM) yang terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dan tersertifikasi syariah oleh DSN-MUI. Seluruh produk HDI telah mendapat izin edar (Nomor Registrasi) dari Badan POM RI.

Produk impor HDI juga telah mendapat Sertifikat Halal dari The Islamic And Nutrition Council of America (IFANCA), di mana IFANCA telah diakui oleh MUI sesuai dengan Decree of The Indonesian Council of Ulama (ICU) tentang "List of Approved Foreign Halal Certification Body” (Daftar Badan Sertifikasi Halal Asing) terbaru.

Untuk produk HDI Naturals™ Clover Honey telah mendapatkan akreditasi sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada Juli 2021.

 

3 dari 3 halaman

Produk Clover Honey Topang Pertumbuhan Penjualan Harmoni Dinamik Indonesia

Sebelumnya, perusahaan network marketing, PT Harmoni Dinamik Indonesia atau HDI optimistis tren penjualannya meningkat pada 2023. Ini meneruskan tren penjualan yang meningkat sejak pandemi Covid-19 dengan ditopang oleh produk unggulan Propoelix dan Clover Honey.

Meski demikian, Chairman and CEO Harmoni Dinamik Indonesia Brandon Chia tidak menjabarkan berapa persen target pertumbuhan penjualan.

"Jelas optimis, tapi tahukah Anda? selama pandemi Covid-19 itu memberi kami kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang bisnis kami," kata Brandon Chia di sela acara HDI Leadership yang digerlar di atas Spectrum of the Seas, Selasa (9/5/2023).

Di sisi lain, dia bilang, penjualan produk melalui e-commerce pada awal dikembangkan pada 2019 hanya di angka 1 persen. Namun, seiring berjalan pandemi Covid-19 penjualan produk di e-commerce langsung melonjak hingga 70 persen.

Dengan demikian, pihaknya optimistis penjualan tahun ini bisa meningkat. Selain itu, Harmoni Dinamik Indonesia pun telah menyiapkan sejumlah strategi dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya memperkuat e-commerce dan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Tak hanya itu, Brandon juga mengklaim bisnis HDI mengedepankan bisnis yang humanis serta mendukung pertumbuhan semua pemangku kepentingan mulai dari karyawan hingga enterpriser. Sebagai informasi, saat ini HDI telah memiliki 140 Center yang tersebar di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini