Sukses

KNKT: Kapal Evelyn Calisca 1 Terbalik di Perairan Riau Tak Kelebihan Muatan

Tidak ada dugaan kelebihan muatan yang jadi penyebab terbaliknya kapal SB Evelyn Calisca-01 GT 16. Sementara ini, penyebab kejadian tengah diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan, Capt. Suratno menyebut tidak ada dugaan kelebihan muatan yang jadi penyebab kapal terbalik SB Evelyn Calisca-01 GT 16. Sementara ini, penyebab kejadian tengah diinvestigasi oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Suratno menyebut, tak adanya dugaan tersebut mengingat kapasitas dari kapal Evelyn Calisca saat berangkat dari Pelabuhan Tembilahan tak berlebih.

"Kalau dari tembilahan tidak ada (dugaan kelebihan muatan)," ujarnya saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

Menurutnya, kapal itu memiliki kapasitas penumpang sebanyak 66 orang ditambah dengan 5 kru kapal. Sementara, saat berangkat mengangkut 45 orang dewasa dan 6 anak-anak, artinya masih sesuai dengan kapasitas kapal tersebut.

"Kalau terkait jumlah penumpang dari Tembilahan ke Sei Guntung adalah 45 orang dewasa dan 6 anak-anak," ungkapnya.

Namun, dia belum mengantongi jumlah pasti tambahan penumpang yang naik dari Pelabuhan Sei Guntung. Data awal yang dimilikinya, ada 6 orang yang naik dari pelabuhan tersebut, kendati itu juga belum menghitung jumlah penumpang yang turun.

Mengingat, rute kapal ini melayani 4 pelabuhan di perairan Riau. Yakni, Pelabuhan Tembilahan, Pelabuhan Sei Guntung, Pelabuhan Moro, dan berakhir di Pelabuhan Tanjung Pinang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KNKT Turun Tangan

Diberitakan sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) disebut tengah melakukan investigasi untuk mencari penyebab kapal berpenumpang yang terbalik di perairan Indragiri Hilir, Riau. Diketahui, ada 12 orang yang dinyatakan meninggal dunia.

Informasi, kapal penumpang SB Evelyn Calisca-01 GT 16 terbalik di perairan desa Air Tawar Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau pada Kamis (27/4/2023). Guna mencari penyebabnya, KNKT langsung menuju ke lokasi kejadian.

"Terkait penyebab kejadian sedang dalam pemeriksa KNKT, sebagai informasi tempat kejadian kapal tenggelam adalah di wilayah UPP Sei Guntung," ujar Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan, Capt. Suratno kepada Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

Suratno mengungkap sudah ada tim dari KNKT yang menuju ke lokasi kejadian sejak Jumat (28/4/2023) ini. Tim KNKT itu datang menghampiri Pelabuhan Sei Guntung, sebagai pelabuhan terdekat dengan lokasi kejadian.

"Hari ini tiba di Sei Guntung Ketua KNKT, Ketua KNKT laut dan 2 investigator," ungkapnya.

Informasi, kapal tersebut adalah kapal yang melayani rute dari Pelabuhan Tembilahan ke Pelabuhan Sei Guntung, Pelabuhon Moro, hingga berujung ke Pelabuhan Tanjung Pinang. Terbaliknya kapal terjadi di sekitar perairan dekat Pelabuhan Sei Guntung.

Suratno mengungkap, saat kapal berangkat dari Pelabuhan Tembilahan tidak ada dugaan kelebihan muatan. Menurutnya, seluruhnya sudah sesuai dengan sertifikat keselamatan yang berlaku.

 

3 dari 4 halaman

Kronologi

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan tengah melakukan proses evakuasi atas kecelakaan yang menimpa kapal penumpang SB Evelyn Calisca-01 GT 16 di perairan desa Air Tawar Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Diketahui, ada 12 orang yang tercatat meninggal dunia.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tembilahan, Capt. Suratno mengungkapkan kapal ini terbalik di perairan sekitar 10 mil laut dari Pelabuhan Sei Guntung. SB Evelyn diduga tenggelam karena menabrak kayu besar yang ada di perairan. Proses evakuasi dilaksanakan oleh Kapal Patroli KPLP KNP 5110 bersama Basarnas, Polairud, TNI AL dan masih berlangsung.

"Kapal ini berangkat dengan jumlah penumpang dewasa sebanyak 45 orang dan penumpang anak sebanyak 6 orang dari Pelabuhan Tembilahan. Setelah singgah di Pelabuhan UPP Sei Guntung sekitar pukul 12.30 WIB, kapal melanjutkan perjalanan dengan penambahan 5 penumpang," ungkapnya dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (28/4/2023).

 

4 dari 4 halaman

Pendataan

Hingga saat ini, pihaknya masih menunggu proses pendataan terkait korban meninggal dunia dan masih dalam pencarian bersama Basarnas. Hingga Jumat (28/4/2023) pagi, tercatat ada 12 korban meninggal dunia.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan keselamatan dalam melakukan perjalanan laut dan mematuhi peraturan keselamatan pelayaran serta melakukan pemeriksaan terhadap kapal sebelum melakukan perjalanan," tambahnya.

Capt. Suratno menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan proses evakuasi dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait kecelakaan ini.

"Kami menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga korban dan berharap agar para korban dapat segera ditemukan dan mendapatkan perawatan yang tepat. Kami akan terus melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan korban dari kecelakaan kapal ini," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini